Better You

Solusi untuk Masalah Saat Menstruasi

  by: Silvya Winny       24/11/2015
  • Datangnya “tamu bulanan” menandakan datangnya pula berbagai masalah. Mulai dari kram, sakit kepala, hingga mood swing. Tidak perlu khawatir, Cosmo sudah siapkan solusi dari masalah bulanan Anda.

    Masalah 1: Jerawat

    Tingginya tingkat hormon progesteron sebelum siklus bulanan membuat produksi minyak tubuh meningkat. Sedangkan, produksi hormon testosteron yang dapat menjaga kondisi kulit sehat tetap pada jumlah yang sama. Inilah yang menyebabkan jerawat timbul saat menstruasi. Sebaiknya pilih pembersih wajah yang lembut dan hindari memakai toner dan pembersih yang bertekstur kasar secara berlebih.



    Masalah 2: Sakit Punggung Bagian Bawah

    Punggug bagian bawah adalah tepat dari rahim Anda. Sebenarnya sakit punggung bagian bawah merupakan kram. Untuk mengatasinya, gunakan kompres punggung dengan heating pad. Yoga dan stretching juga dipercaya dapat membantu meringankan rasa sakit.

    Masalah 3: Berat Badan Meningkat

    Anda pasti merasa jengkel ketika berat badan meningkat sebelum siklus dimulai. Ini terjadi karena perubahan hormon yang mengakibatkan tubuh menyimpan lebih banyak air. Melakukan olahraga sepeda atau hot-yoga dapat membantu mengeluarkan air tersebut. Mengonsumsi minuman berkafein sebelum siklus juga dianggap manjur. Namun, hindari mengonsumsi kafein saat siklus telah dimulai.



    Masalah 4: Mood Swing

    Saat siklus mulai, hormon estrogen yang memegang peranan penting untuk mengatur hormon akan menurun. Hal itulah yang membuat Anda dapat merasa marah dan kemudian tertawa terbahak-bahak dalam sekejap. Coba untuk mengonsumsi snack yang mengandung protein untuk menjaga mood.

    Masalah 5: Rasa Lelah

    Tidak hanya perubahan suasana hati yang drastis, rasa lelah juga sering menjadi masalah saat menstruasi. Umumnya, rasa lelah ini terjadi karena perubahan level hormon sebelum tamu bulanan datang. Atasi masalah ini dengan memastikan Anda tidur tujuh hingga delapan jam setiap hari. Saat bangun, lakukan olahraga cardio dengan level sedang selama 30 menit. Ini akan membantu meningkatkan energi tubuh. (Hana Devarianti/VP/Image: AndreyPopov/iStock/464200729)