Better You

5 Cara Keluar dari Zona Nyaman

  by: Silvya Winny       25/11/2015
  • Banyak orang menghabiskan waktunya di zona nyaman karena takut akan hal yang tidak atau belum diketahui. Who knows about the future anyway, right? Namun, untuk dapat berkembang, Anda terkadang harus keluar dari zona tersebut. Memang tidak mudah, tetapi dengan cara di bawah ini Anda dapat melakukannya.

    Ketahui Kebiasaan Anda

    Kebiasaan memegang peranan penting dalam zona nyaman. Hal tersebut yang membuat Anda menolak untuk mencoba hal baru. Dengan mengetahui kebiasaan, Anda dapat dengan mudah melanggar banyak hal dan memberanikan diri melakukan sesuatu yang baru.



    Ketahui yang Ingin Dilakukan

    Well, jika tidak mengetahui yang diinginkan, melanggar kebiasaan akan menjadi sia-sia. Ketahuilah apa yang ingin diraih sebelum keluar dari zona nyaman. Sehingga, Anda dapat merasa lebih yakin untuk melakukan hal baru.

    Lakukan Perubahan

    Salah satu cara untuk keluar dari zona nyaman adalah melakukan perubahan sedikit demi sedikit secara perlahan-lahan. Hal ini akan membuat Anda tidak “kaget” selama proses transisi. Cara ini juga membuat Anda percaya diri untuk melakukan perubahan yang lebih besar di masa depan.



    Mulai untuk Merelakan Beberapa Hal

    Keluar dari zona nyaman mau tidak mau membuat Anda untuk “melepaskan” beberapa hal dalam hidup. Tidak menutup kemungkinan lho hal-hal yang dipegang teguh selama ini justru menghambat diri untuk berkembang. Mungkin ide ini terdengar menakutkan tetapi hal ini dapat memberikan rasa bebas.

    Jangan Takut Gagal

    Cosmo tahu rasa takut gagal adalah hal yang menahan Anda untuk keluar dari zona nyaman, namun jangan biarkan rasa takut tersebut menghantui diri. Katakan pada diri Anda bahwa semuanya akan baik-baik saja. Toh ketika gagal, Anda telah mencoba dan hal itulah yang justru penting untuk keluar dari zona nyaman. (Hana Devarianti/VP/Image: Pixland/Pixland/78627809)