Career

Cara Mudah Naikkan Level Menabung

  by: Silvya Winny       24/11/2015
  • Apa alasan di balik Anda menabung? Menurut penelitian, lebih dari 60% orang menabung hanya saat ada barang tertentu yang ingin dibeli. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menaikkan level menabung – dengan alasan yang tepat juga tentunya.

    Sisihkan Lebih Banyak

    Semisal biasanya Anda menyisihkan 500 ribu per minggunya untuk menabung. Kali ini, sisihkan 15% hingga 20% dari pengeluaran Anda tiap minggunya untuk ditabung. Dengan begitu, jumlah uang yang Anda tabung akan lebih banyak dari yang biasanya.



    Deposito

    Dibanding menyimpan uang yang sudah Anda kumpulkan dalam sebuah rekening tabungan, lebih baik simpan uang Anda dalam bentuk deposito. Selain karena keuntungannya yang menggiurkan (bunganya lebih tinggi), kemungkinan uang tersebut terpakai juga lebih sedikit. Namun sebelum memilih deposito, pastikan dulu Anda memiliki emergency fund, ya.

    Jangan Bohongi Diri Sendiri

    Kebanyakan orang memiliki jumlah yang keliru pada saat menyisihkan uang untuk emergency fund. Padahal sebaiknya Anda jujur saja dengan jumlah uang yang dikeluarkan untuk setiap bulannya, termasuk setiap uang receh yang biasa Anda keluarkan untuk tip parkir misalnya. Baiknya, sisipkan jumlah uang untuk pengeluaran tak terduga dalam emergency fund Anda tiap bulannya. Nah, sekarang lihat kembali jumlahnya, Anda pasti membutuhkan uang yang lebih banyak untuk dikeluarkan, kan?



    Jangan Gunakan Uang Simpanan Anda

    ... dengan alasan apapun! Terutama emergency fund dan retirement savings Anda. Uang tersebut memang telah sengaja Anda sisihkan setiap bulannya agar Anda memiliki tabungan di saat-saat emergency nanti, dan bukan karena Anda ingin membeli dress baru untuk undangan pernikahan di akhir minggu nanti. Ugh!

    Simpan Uang Di Awal Bulan

    Dibandingkan menaruh sisa-sisa pengeluaran Anda tiap bulannya ke dalam sebuah tabungan, lebih baik sisihkan uangnya semenjak Anda menerima gaji. Dengan begitu, jumlah uang yang Anda tabung lebih terinci dan jumlahnya lebih jelas. Ingat kembali, uang tersebut akan Anda butuhkan nantinya, jadi lebih baik sedikit menderita sekarang dibandingkan nantinya, kan? (Alvin Yoga / VP / Image: Dok. Thinkstock)