Career

5 Hal yang Tidak Boleh Anda Katakan di Kantor

  by: Silvya Winny       25/11/2015
  • Kalimat yang diucapkan ternyata memiliki pengaruh terhadap pergerakan karier Anda lho. Bahkan, jika ingin dianggap pantas menjadi pemimpin yang baik, Anda harus mampu memilih kalimat yang tepat untuk diucapkan. Agar tidak mendapatkan impresi yang salah di kantor, hindari untuk mengucapkan lima hal ini ya.

    “Itu bukan urusan saya…”

    Saat meminta bantuan pada rekan kerja, dia malah menjawabnya dengan kalimat di atas. Pasti Anda berpikir kalau rekan kerja tersebut adalah seseorang yang sombong dan tidak peduli. Itu pula yang dirasakan seseorang ketika Anda melakukan hal yang sama. Maka dari itu hindari menjawab dengan kalimat di atas, karena seseorang yang sombong dan tidak peduli akan sulit untuk mencapai karier gemilang.



    “Itu tidak mungkin dilakukan”

    Hmmm, yakin hal tersebut benar-benar tidak bisa dilakukan? Apakah Anda sudah mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada? Buru-buru mengatakan kalimat di atas tanpa melakukan usaha yang maksimal hanya akan memberikan kesan yang buruk pada atasan dan rekan kerja. Anda akan dianggap sebagai seseorang yang mudah menyerah dan tidak dapat menerima tantangan.

    “Saya mungkin salah, tetapi setahu saya...”

    Memberikan informasi ke orang lain tanpa merasa yakin akan kebenarannya hanya akan membuat Anda terlihat sebagai seseorang yang penuh rasa ragu. Tidak hanya itu, kalimat tersebut juga akan menurunkan kredibilitas Anda. Jadi, kurangi menggunakan kata yang mengartikan ketidakpastian seperti mungkin, barangkali, atau sepertinya.



    “Akan saya kerjakan nanti.”

    Ini adalah jawaban terburuk ketika sang atasan meminta Anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Jawaban ini dapat dengan mudah membuat sang atasan berpikir kalau Anda adalah seseorang yang tidak dapat mengatur prioritas dan tidak dapat diandalkan. Tidak hanya itu, banyak atasan yang beranggapan seseorang kalau seseorang yang sering menunda pekerjaan tidak dapat diberi tanggung jawab lebih.

    “Saya benci pekerjaan saya!”

    Well, jika memang merasakan hal tersebut mengapa tidak memberanikan diri untuk melakukan hal baru yang dapat mengubah karier? Mengatakan kalau Anda membenci pekerjaan yang dilakukan tanpa melakukan apa-apa hanya akan dianggap sebagai keluhan yang menyebalkan. Ini dapat membuat seseorang terlihat malas dan tidak mau berkembang. (Hana Devarianti/VP/Image: www.outnow.ch)