Better You

Uh-oh Spons Mandi Ternyata Jadi Sarang Kuman!

  by: Hana A. Devarianti       4/11/2016
  • Ya, ladies Anda tidak salah membaca judul artikel ini. Spons mandi yang kerap Anda gunakan ternyata jadi tempat bagi kuman, bakteri, dan jamur “bersarang”. Kenapa bisa begitu ya?

    Ini semua berkat sel kulit mati yang “terjebak” di sela-sela spons mandi. Ditambah pula dengan kebiasaan menaruh spons dalam kamar mandi dengan udara lembap yang membuat kuman, bakteri, dan jamur semakin tumbuh subur. Yup, pada kenyataannya, spons mandi yang dianggap bisa membersihkan tubuh lebih baik malah dapat menimbulkan masalah pada kulit.

    Sebuah studi diterbitkan dalam Journal of Clinical Microbiology menemukan bahwa spons mandi menjadi “tuan rumah” bagi berbagai spesies bakteri. Bakteri yang ada di spons mandi tersebut dapat tumbuh hanya dalam waktu satu malam saja, lho. Yang lebih buruk, jika Anda menggunakan spons pada kulit yang baru saja dicukur, bakteri dapat masuk pada goresan kulit setelah cukur dan ini bisa menyebabkan iritasi dan infeksi. Itulah sebabnya para dermatologis tidak menyarankan Anda menggunakan spons mandi.



    Jadi, yakin masih ingin menggunakan spons mandi? Well, jika masih ingin menggunakannya pastikan kebersihannya ya. Sebaiknya ganti spons mandi setiap tiga sampai empat minggu sekali. Selain itu, simpan spons di tempat yang kering dan tidak lembap. (Hana Devarianti/VP/Image: outnow.ch)