Better You

5 Hal Tentang Flu Yang Harus Anda Ketahui

  by: Redaksi       3/11/2016
  • Flu flu go away, come again another day. Yakin mau flu balik? Perhatikan 5 hal tentang flu berikut ini yang perlu Anda tahu supaya si flu tidak kembali lagi.

    1. Flu Bermutasi

    Ada tiga tipe virus flu: A, B, dan C. Tipe A lebih jauh menghasilkan sub tipe dari flu lain, misalnya H1N1 (Spanish Flu dan Swine Flu),



    H2N2 (Asian Flu), H3N2 (Hong Kong Flu), dan H5N1 (Bird Flu atau flu burung). Virus B eksklusif menyerang manusia dan bermutasi lebih lambat. Virus C selain menyerang manusia, juga menyerang anjing dan babi. Umumnya yang beredar di masyarakat adalah flu tipe A dan B.

    1. Jangan Tertular

    Penularannya melalui udara. Ketika seseorang yang flu bersin, virusnya menyebar ke udara. Dan orang-orang yang kebetulan berada di sekitarnya bisa terjangkiti. Virus juga tersebarkan melalui tangan, misalnya si orang yang sakit flu bersalaman dengan orang sehat. Karenanya, jangan berdekatan dengan orang yang terjangkiti flu. Tutup hidung dan mulut ketika ada orang bersih. Disarankan agar orang yang terkena flu pun menutup mulutnya (masker). Rajin mencuci tangan Anda agar terhindar dari virus flu. Mencuci tangan yang benar menurut WHO adalah 40-60 detik menyeluruh, bilas. Keringkan tangan dengan handuk bersih. Tutup wastafel dengan handuk (jangan tangan Anda).

    1. Vaksin! Vaksin! Vaksin!

    Ya, cara pencegahan paling efektif saat ini adalah vaksin flu. WHO merekomendasi vaksin flu dilakukan dua kali satu tahun. Ya, setiap tahun. Arena vaksin tahun ini bisa jadi tidak lagi efektif untuk tahun depan, mengingat virus flu yang kian bermutasi dan berkembang, sehingga vaksin pun mungkin diperbarui. Sebelumnya WHO menyarankan vaksin flu yang bisa melawan tiga jenis flu (trivalent)- yaitu virus A dengan dua sub virusnya dan virus B. Namun sejak 2013-2014 WHO menyarankan vaksin flu yang bisa melawan empat (quadrivalent) yaitu dengan penambahkan pencegahan terhadap dua virus tipe B.

    1. Ke Dokter Segera!

    Idealnya, begitu terkena tanda-tanda flu, seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, pegal-pegal, mata memerah, sakit kepala, sakit perut atau diare, dan badan lemas, segeralah ke dokter, sebelum 48 jam berlalu. Jangan anggap enteng! Masalahnya Anda tidak pernah tahu virus flu tipe apa yang menyerang Anda, dan bagaimana ketahanan tubuh Anda. Karena disebarkan oleh virus, antibiotik tidak efektif (stop mengobati diri sendiri!), yang direkomendasikan adalah obat antiviral yang diresepkan dokter.

    1. Flu Burung



    Virus H5N1 yang membawa flu burung bersifat patogen dan menyebabkan wabah di Asia sejak tahun 2003, menjadikan penyakit flu dari hewan ke manusia ini yang paling serius di dunia kesehatan. Antara 2013-2015, WHO mencatat 428 kasus di mana 55.1% kasus berakibat fatal.

    Mulai sekarang biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah memegang atau memasak daging beku karena virus ini bisa hidup di suhu dingin. Segera waspada dan lapor ketika mendapati burung atau unggas peliharaan mati mendadak. Segera ke dokter ketika Anda terkena demam tinggi, keluhan pernapasan, dan sakit perut. (Fira Basuki / VP / Image: doc.  / Shutterstock / Clickphotos)

     

    BACA JUGA:

    Lindungi Tubuh dari Sakit Flu

    5 Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

    Resep Mudah Membuat Jus Sehat

    5 Hal yang Menyebabkan Miss Cheerful Kering