Career

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat CV

  by: Redaksi       6/11/2016
  • Sebagai langkah awal mendapatkan karier impian adalah dengan memberikan atensi pada CV Anda. Penerapan berbagai informasi yang tepat amatlah penting untuk mencuri perhatian perusahaan yang di tuju. Agar Anda mampu “menghias” CV dengan baik dan benar, berikut Cosmo berikan tipsnya.


    Gunakan Kata Kerja Aktif

    Saat menuliskan pengalaman kerja, sebisa mungkin tunjukkan kalimat aktif (awali kalimat dengan “me” dibandingkan “di”) yang akan mewakili rasa inisiatif tinggi dalam diri Anda.




    Biarkan CV Dalam Keadaan Simpel

    Dengan tujuan eye-cathing, banyak orang yang dengan sengaja memasukkan unsur desain yang terkesan “penuh” dan rumit di dalam resume mereka. Perlu diingat, tim HRD hanya memiliki waktu yang singkat untuk membaca isi dari CV Anda, diantara ribuan lainnya. So, pilihan font, desain bersih dan format simple justru akan memudahkan mereka melihat detail sang pelamar yang sesuai dengan kriteria.


    Baca juga: 8 Tips Terbaru Membuat CV dan Resume Yang Menarik




    Gunakan Tata Bahasa dan Tanda Baca yang Benar

    Klise tapi tetap penting. Hanya dalam waktu singkat (umumnya 10-15 detik), HRD akan membaca resume dan menandakan beberapa kandidat yang tepat. Saat inilah merupakan momen tepat untuk mencuri impresi mereka dengan menghindari kesalahan penulisan atau detail yang ingin disampaikan.


    Isi Keterangan yang Menonjolkan Kemampuan Anda

    Sebaiknya hindari CV yang bertele-tele. Buat ringkasan simpel mengenai riwayat pekerjaan, kemampuan, dan pengalaman yang dengan singkat bisa menggambarkan tentang diri dan arahan untuk jabatan tepat sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.


    CV dan Surat Lamaran Harus Saling “Mendukung”

    Kendati dua hal ini memiliki tujuan berbeda, CV bertujuan untuk menjelaskan tujuan karier Anda dan surat lamaran menonjolkan alasan Anda adalah kandidat tempat untuk menjadi bintang pada pekerjaan yang dituju, kedua surat ini amatlah penting untuk akhirnya Anda berteriak, “I got the job!” dengan bangga. (Irfina Indriyani / VP / Image: doc.  / Shutterstock / Clickphotos)