Lifestyle

Florencia Selvi, Salah Satu Desainer Red Cup Starbucks

  by: Redaksi       10/11/2016
  • Gelas karton merah atau red cup ciri khas Starbucks kini didesain khusus oleh 13 desainer dari 6 negara di seluruh dunia. Dan yang lebih menggembirakan, ternyata salah satu desainernya adalah seorang wanita cantik asal Bandung, Florencia Selvi Lesmana. Wow!

    Kejutan di Gelas Karton Merah

    Starbucks kembali membawa kejutan. Signature red cup yang hanya hadir di bulan November dan Desember setiap tahunnya ini sekarang hadir dengan “wajah” unik untuk menyampaikan semangat musim liburan. Terinspirasi dari pelanggan yang gemar menggambar di gelas merahnya, Desember tahun 2015 lalu, Starbucks mengajak pelanggan untuk memamerkan desainnya melalui Instagram di seluruh dunia. Dan hanya dalam waktu delapan hari, Starbucks sudah menerima sekitar 1.200 desain dari 13 negara!



     

    Bukan Berawal dari Kontes

    (12 desain unik lainnya yang tersebar juga hadir di 25.000 gerai Starbucks di 75 negara)

     

    “Awalnya ini sama sekali bukan kuis atau kontes yang diadakan oleh Starbucks lho. Kami hanya ingin pelanggan menggambar sesuka mereka di gelas karton merah kami, lalu mengunggahnya di Instagram untuk menyemarakkan Holiday season,” ungkap Yuti Resani, Marketing Communications dan CSR Manager Starbucks Indonesia. “Tak disangka, antusiasme pelanggan setia Starbucks begitu besar dan kami langsung menerima 1.200 desain dari 13 negara di seluruh dunia hanya dalam waktu delapan hari!” tambahnya ketika Cosmo temui hari Kamis (10/11) sore lalu di gerai Starbucks FX Sudirman, Jakarta.

     

    Flo, Salah Satu Desainer Red Cup dari Indonesia

    (Florencia Selvi)

     

    Yang lebih mengejutkan, dari 13 desain yang berasal dari enam negara terpilih untuk mewakili semangat Holiday di seluruh dunia, ada satu desainer yang berasal dari Indonesia. Dialah Florencia Selvi Lesmana, atau yang akrab dipanggil “Flo”, desainer grafis lulusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

    Flo yang juga merupakan pelanggan setia Starbucks merasa luar biasa senang ketika pertama kali dihubungi pihak Starbucks Indonesia jika desainnya terpilih untuk menghiasi red cup legendaris Starbucks yang sudah ada sejak tahun 1997 tersebut. “Ini perasaan yang campur aduk ketika Starbucks menghubungi untuk desain red cup saya. Adalah sebuah kehormatan untuk mewakili Indonesia,” ujar wanita yang suka menikmati Starbucks Caramel Macchiato dan VIA Red Velvet ini.

     

    Menurut Flo, Peran Social Media Sangat Besar

    Keikutsertaan Flo untuk memamerkan desainnya di social media Instagram pun awalnya hanya dari iseng, sekaligus untuk menambah follower. “Sebelum ini, sebenarnya saya sudah pernah menggambar di gelas putih Starbucks waktu 17 Agustus lalu, dan saya upload di Instagram. Dari situ, yang nge-like lumayan banyak dan langsung menambah follower,” cerita Flo. “Akhir 2015, seperti biasa, saya pergi ke gerai Starbucks di PVJ, Bandung dan membeli kopi. Karena gelas merahnya lucu, tanpa ada pikiran apapun, saya langsung bawa pulang, mulai menggambarinya, dan meng-upload di Instagram,” tambah wanita berakun Instagram @florencia.selvi ini.

     



     

    Tak disangka, karyanya dilirik oleh Starbucks dan menjadi satu-satunya orang Indonesia yang desainnya terpilih bersama 12 desainer lainnya dari seluruh dunia. “Awalnya saya dihubungi pihak Starbucks via e-mail. Tak lama, mereka menelepon saya untuk mengabari secara langsung. Sampai sekarang pun saya juga masih tidak percaya kok, haha!”

     

    Desain Flo yang Spesial pada Red Cup

    Flo sendiri mengaku jika ide awal untuk membuat desain ini berasal dari burung, bunga Magnolia, dan buah berries untuk menggambarkan semangat holiday. Bunga Magnolia memberikan simbol pertemanan dan cinta, sedangkan burung hedge sparrow melambangkan keyakinan dan kreativitas. “Harapan saya desain ini dapat menginspirasi orang untuk hidup damai penuh suka cita dan kreativitas, walaupun tengah menghadapi situasi tersulit,” ungkap Flo tentang makna di balik desainnya yang cantik.

    (Desain Flo untuk Starbucks red cup)

     

    13 desain pada red cup Starbucks ini sendiri diluncurkan serentak di seluruh dunia tanggal 10 November 2015. Bagi Anda yang ingin mengoleksi seri ini, ada delapan desain yang bisa Anda "buru" di gerai Starbucks di Indonesia. Sisanya? Uhm, sepertinya ini bisa jadi alasan tepat untuk berlibur sambil berburu desain red cup Starbucks di negara tetangga. Happy Holiday(Vidi Prima / Image: doc. Cosmopolitan Indonesia, Starbucks Indonesia, Instagram @florence.selvi)

       

    BACA JUGA:

    Holiday Season Bersama Starbucks Telah Tiba!

    Starbucks Meluncurkan Teavana Untuk Para Penggemar Teh

    Berapa Cangkir Kopi yang Boleh Diminum Setiap Hari?

    Rahasia Kopi Untuk Kulit Anda