Better You

Ini Cara Ampuh Mencegah Flu

  by: Hana A. Devarianti       26/11/2016
  • Sad to say, datangnya musim hujan menandakan pula datangnya musim penyakit flu. Ugh! Agar penyakit ini tidak “mampir” ke tubuh Anda, simak cara ampuh Cosmo untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya tidak ikut tertular flu.

     



    via GIPHY

     

    Anda HARUS Tidur Cukup

    Cosmo tahu, hal yang satu ini memang mudah diucapkan tetapi sulit untuk dilakukan. Namun faktanya, saat Anda kurang tidur, tubuh akan lebih sulit untuk melawan infeksi virus. Ini karena tidur kurang dari delapan jam dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dan kinerja sel. Tidak hanya itu, kurang tidur juga menyebabkan Anda lebih susah sembuh dari infeksi virus secara alami.

     

    Pilih Plant-Based Food

    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang diproses melalui ditanam, seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan. Jenis makanan tersebut kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu tubuh untuk memperbaiki sel serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh pun jadi lebih siap untuk “berperang” dengan virus flu.

     

    Makanan yang Tidak Kalah Ampuh, Jamur Shitake

    Yup, ternyata jamur shitake efektif lho meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jamur yang kerap digunakan dalam obat-obatan Cina ini ternyata bisa meningkatkan produksi sel yang dapat melawan infeksi, seperti interleukin dan interferon. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan jamur shitake pada menu makanan sehari-hari Anda.

     



    Hindari Stres

    Cosmo tidak bosan-bosannya mengingatkan Anda untuk urusan yang satu ini. Harus diakui, memang tidak mudah terhindari dari stres. Namun, perlu diingat pula kalau stres yang berlarut-larut akan membuat tubuh melepaskan hormon stres pula. Ini pada akhirnya menurunkan produksi sel darah putih yang penting untuk menangkis infeksi virus.

     

    Jaga Hidrasi Tubuh

    Hal yang tidak kalah penting –tetapi sering Anda lupakan, adalah menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Jadi, pastikan kalau Anda minum minimal depalan gelas setiap hari. Boleh juga pilih minuman yang hangat untuk memancing produksi lendir sehingga tenggorokan terasa lebih nyaman. (Hana Devarianti/SS/Image: outnow.ch)

     

    BACA JUGA:

    5 Hal Tentang Flu Yang Harus Anda Ketahui

    Lindungi Tubuh dari Sakit Flu

    5 Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

    Resep Mudah Membuat Jus Sehat