Better You

Alasan Mengapa Anda Selalu Bad Mood

  by: Salli Sabarrang       28/11/2016
  • Karier sedang bagus, hubungan percintaan lancar, dan kesehatan Anda pun baik baik saja. Jadi apa ya yang kira-kira membuat suasana hati Anda selalu buruk? Ternyata ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi mood Anda.

    Kurang Tidur

    Walaupun merasa segar di pagi hari, tapi apakah tidur Anda benar-benar cukup? Orang dewasa membutuhkan 7 hingga 8 jam setiap harinya untuk tidur. Karena sudah terbiasa dengan jam tidur Anda, bisa jadi tubuh Anda lupa bagaimana rasanya fully charged. Jadi, matikan televisi dan letakkan handphone Anda jauh-jauh. Rencanakan jam tidur Anda dengan baik. Usahakan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari ya.



    Kurang Matahari

    Bila Anda selalu mengurung diri di kantor atau di rumah, maka pantas saja Anda merasa bad mood. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin D mempengaruhi gejala depresi. Maka dari itu, sempatkan diri Anda berjemur di bawah matahari walaupun hanya sebentar. Dijamin suasana hati akan meningkat dan Anda bisa kembali beraktivitas.


    Kurang Berolahraga

    Olahraga tidak hanya bertujuan mengencangkan perut saja, tapi juga untuk meningkatkan mood Anda. Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan zat endorfin yang mengirimkan pesan ke otak untuk mengurangi persepsi rasa sakit. Endorfin juga memicu perasaan bahagia pada tubuh. Maka dari itu, buatlah jadwal untuk berolahraga. Mungkin akan sulit di awal, tapi pasti Anda akan ketagihan!

    Kurang Sayur dan Buah

    Tidak ada salahnya makan cheeseburger atau sepotong pizza, tapi jangan lupa mengisi perut Anda dengan sayuran dan buah-buahan. Dengan diet yang baik, Anda akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan sehingga tubuh dapat berkerja secara optimal. Tentu saja hal ini juga mempengaruhi suasana hati Anda.

    Kurang Liburan



    Setelah berkerja 40 jam per minggu, sudah pasti Anda butuh untuk relaks. Terkadang kata 'liburan' hanya diasosiasikan dengan pesawat, luar kota, atau hotel. Padahal, meliburkan diri tidak harus jauh-jauh, lho. Kegiatan sederhana seperti menonton acara favorit di televisi atau membaca sebuah buku yang menarik juga dapat memperbaiki mood. Selain itu, di akhir pekan Anda dapat berkumpul bersama the girls di sebuah cafe yang baru. Bad mood Anda akan segera hilang bersama canda dan tawa Anda. (Sky Drupadi / SS / Image: doc. Lucky BusinessShutterstock / Clickphotos)

     

    BACA JUGA:

    3 Cara Hilangkan Bad Mood

    Usir Bad Mood dengan 5 Makanan Ini

    Cara Menghadapi Pria Moody

    Bad Mood dan Profesionalitas