Beauty

Perawatan Rambut yang Sesuai untuk Menstrual Cycle!

  by: Ainjia Phioltia Paat       30/11/2016
  • Ladies, bukan wajah saja yang butuh dirawat sesuai dengan jadwal menstruasi, kulit kepala dan helai rambut pun membutuhkan perawatan rambut yang sesuai! (Arinda Christy/AP/Image: Trifonov Igor/Shutterstock/Clickphotos, Dok. Kerastase, Moroccanoil, Makarizo, Percy & Reed, Living Proof, Phyto, Aesop, Kiehl's)

    Ovulation



    Sekitar 14 hari sebelum waktu PMS datang, tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak estrogen, menurunkan kadar testosteron, dan memicu produksi luteinizing hormone yang bisa meningkatkan produksi minyak. Ini merupakan kabar baik untuk kulit kepala setelah mengalami kekeringan pada minggu sebelumnya. Pada kondisi ini, rambut akan berada pada kondisi terbaiknya, sehingga Anda bisa melakukan perawatan dengan normal, namun pastikan berikan tekanan yang tidak terlalu keras pada kulit kepala.

    Try: Makarizo Fiberthreapy Royal Jelly Extract, Living Proof Perfect Hair Day, Rp364.000,-.




    Pre-Menstrual
    Saat uterus sedang mempersiapkan diri untuk meluruh, level estrogen menurun, sedangkan progesteron dan testosteron semakin meningkat sekitar satu minggu sebelum Anda menstruasi. Hal ini menyebabkan produksi minyak semakin banyak dan terlihat pada wajah serta kulit kepala. Jika Anda tidak terbiasa keramas setiap hari, maka gunakanlah dry shampoo untuk memastikan kondisi rambut terlihat tidak lepek dan angkat sel kulit mati di kulit kepala dengan scalp scrub.

    Try: Phyto Phytopolleine Botanical Scalp Treatment, Rp465.000,- Percy & Reed No Fuss Fabulousness Dry Shampoo, Rp325.000,-.

     

    Period Time
    Saat menstruasi tiba, selain merasa mudah letih, tubuh juga akan menjadi lebih sensitif—begitu juga dengan kulit kepala Anda. Kondisi rambut pada beberapa wanita juga akan terlihat lebih kusam dan mudah kusut. Untuk itu, hindari beragam perawatan yang membuat kulit kepala menjadi tidak nyaman, seperti hair extension, pewarnaan rambut, hingga proses pelurusan rambut. Gunakan juga sampo berformula ringan, seperti clarifying shampoo. Try: Aesop Jojoba Seed, Moroccanoil Clarify.



    Post-Period

    Estrogen level di dalam tubuh akan mulai meningkat dan hormon testosteron yang menyebabkan produksi minyak pada kulit akan menurun. Hal ini tentu berpengaruh pada kulit kepala Anda dan menjadikannya terasa lebih kering hingga ujung rambut. Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan deep-conditioning treatment pada rambut dan usahakan untuk mengurangi frekuensi mencuci rambut agar minyak alaminya tidak terkikis lebih banyak. Gunakan juga hair serum atau hair oil pada bagian ujung rambut. Try: Kerastase Elixir Ultime Rp395.000,-, Kiehl's Olive Fruit Oil Deeply Repairative Hair Pak, Rp415.000,-.

     

    Baca Juga:

    Solusi untuk Masalah Saat Menstruasi