Beauty

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit Wajah

  by: Redaksi       9/11/2016
  • Sadar atau tidak, ada beberapa kebiasaan buruk yang biasa Anda lakukan dan ternyata bisa merusak kulit wajah dan tubuh Anda. Agar tidak menyesal di kemudian hari, perhatikan beberapa poin berikut dan ubahlah beberapa kebiasaan ini sebelum terlambat.

     



    1. Membeli Kosmetik "Hemat"

    Hemat dalam membeli kosmetik memang baik untuk dompet Anda, tapi kalau membeli kosmetik “hemat” - alias murah(an) – tanpa melihat tanggal kadaluarsa, ingredients dan reputasi merek bisa membahayakan kulit Anda lho. Kosmetik biasanya kadaluarsa setelah 1-2 tahun. Setelah melewati masa kadaluarsa, tak terhitung lagi jumlah bakteri yang mengendap di dalamnya. Belum lagi jika Anda memilih kosmetik yang asal-asalan dan Anda tidak tahu kandungan apa yang terdapat di dalamnya. Anda tentu tak mau kulit Anda dilapisi bakteri, kan?

     

    2. Sering Berganti Merek

    Bujuk rayu iklan tentang berbagai produk perawatan wajah memang sangat menggoda. Dengan berbagai formula dahsyat, produk-produk tersebut tentunya berusaha membuat wajah atau kulit tubuh Anda lebih sehat dan indah. Tapi jika Anda menggunakan pelembab merek X, toner merek Z, dan krim malam merek A, bisa-bisa bahan kimia dalam masing-masing merek berinteraksi negatif sehingga kulit Anda jadi iritasi.

     

    3. Kurang Minum Air

    Ketika Anda banyak minum air, tubuh Anda akan lebih giat membuang toksin di dalam tubuh dan kulit Anda akan lebih terhidrasi. Hal sederhana ini ternyata dapat mengurangi risiko jerawat, lho - apalagi jika Anda sering menghabiskan waktu di ruang ber-AC yang memblokir pori-pori wajah.

    4. Salah Pilih Sabun Muka

    Sabun antiseptik memang efektif membersihkan kotoran. Tapi jika terlalu sering digunakan, sabun “keras” ini dapat membuang kelembaban alami kulit dan bisa membuat iritasi. Pakailah sabun cuci muka yang oil-free jika kulit wajah Anda cenderung berminyak, dan hydrating face wash dengan moisturizer jika kulit Anda kering.

     



    5. Pulang Kerja, Langsung Tidur

    Lelah setelah bekerja seharian pastinya membuat Anda rindu akan tempat tidur ketika sampai di rumah. Kalau sudah begini, biasanya Anda akan melupakan satu ritual penting sebelum tidur, yaitu cuci muka. Sekali saja Anda lupa mencuci wajah sebelum tidur, makeup dan debu yang menempel di wajah seharian akan menyumbat pori-pori semalam suntuk. Well, jangan heran kalau Anda akan bertemu jerawat beberapa hari kemudian!

     

    6. Enggan Menggunakan Sunblock

    Tinggal di negara tropis seperti Indonesia berarti harus “akrab” pula dengan sengatan sinar matahari. Sunblock dan sunscreen dengan SPF adalah senjata wajib yang harus dipakai setiap hari agar kulit Anda tidak terekspos sinar UV yang jahat. Kini ada banyak produk sunscreen yang tidak membuat wajah terasa lengket, kok. (Vidi Prima / Kezia Calesta / Image: doc. outnow.ch / Snow White and the Huntsman / GIPHY.com)

     

    BACA JUGA:

     

    Kenali Tipe Jerawat Anda & Cara Perawatannya

    4 Cara Tepat Menutupi Jerawat

    5 Obat Jerawat Paling Ampuh Versi Cosmo

    Konsumsi Makanan Ini Agar Kulit Bebas Jerawat