Better You

Cara Menghadapi Haters!

  by: Redaksi       16/11/2016
  • Belakangan ini telinga Anda semakin “panas” dengan omongan para haters tentang promosi yang baru Anda terima. Yes ladies, tak hanya di media sosial haters pun bisa muncul di lingkungan sekitar Anda seperti kantor. Tapi tak perlu khawatir, Cosmo punya cara jitu untuk membungkat mulut nakal mereka.

    Jangan Berargumentasi Dengan Mereka
    Kala mereka mulai beraksi, jauh lebih baik bila Anda menghindari konfrontasi. Alasannya? Ketika Anda memberi mereka kesempatan untuk berargumentasi, Anda hanya akan memberikan mereka kendali untuk memanipulasi kata-kata Anda. Lagipula, percuma saja membalas kata-kata kasar mereka dengan perlakuan yang sama kan? Ingat ladies, Anda bukanlah pecundang seperti mereka.

    Ubah Perspektif Anda
    Namanya saja haters, sulit menghitung berapa pujian yang mereka lontarkan. Coba deh pikirkan kembali kata-kata mereka, all goods and bads. Selalu ada hal positif yang bisa Anda pelajari, lho. Selalu tanyakan pada diri, “Apa benar yang mereka ucapkan?” Kalau tidak, lupakan. Dan kalau iya, jadikan ini proses pembelajaran diri. Ingat, awal seseorang menjadi hater adalah karena ia punya kesempatan untuk mengkritik kekurangan yang Anda lakukan. So, akan lebih baik bila Anda menjadikan mereka sebagai “motivator” daripada musuh.



    Balas Dengan Kebaikan
    Well, Anda berhak marah ketika seseorang mengatakan hal-hal buruk tentang Anda. Cosmo tahu sulit untuk membalas perbuatan mereka dengan kebaikan. Namun salah satu langkah tepat untuk menghentikan aksi haters adalah dengan mempraktikkan golden rule: perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Tahu tidak? Perilaku seperti ini akan menunjukkan bahwa Anda sebenarnya memiliki kualitas kepribadian yang jauh di atas mereka.

    Tidak Perlu Meminta Maaf
    Dalam kondisi tertentu, haters akan mencoba membuat Anda merasa bersalah dan meminta maaf kepada mereka. Misalnya dengan cara menuliskan hal negatif tentang Anda di media sosial ata mengejek, dan sebagainya. Anda tidak perlu meminta maaf atas apa yang mereka katakan. Jadilah wanita yang tegar dan acuhkan saja perkataan yang terdengar pedas di telinga Anda. Para haters harus tahu, bahwa Anda bukanlah seseorang yang mudah untuk di kalahkan.

    Jangan Sampai Memenuhi Ekspetasi Mereka
    Camkan dalam kepala: Haters akan selalu mencari-cari kesempatan untuk menjatuhkan Anda. Tidak ada hal yang lebih menyenangkan selain melihat kegagalan Anda. Untuk itu usahakan untuk terus fokus menjadi yang terbaik yang Anda bisa. Ingat bahwa kesuksesan adalah pembalasan terbesar yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu haters hanya akan semakin tenggelam dalam kebenciannya, sementara Anda terus meraih kesuksesan yang akan menjadikan banyak orang menghargai Anda.

    Lawan Kalau Mereka Sudah Keterlaluan
    Jangan diam aja kalau haters sudah keterlaluan. Misalnya, kalau mereka sudah bukan lagi berkomentar negatif, tapi juga memfitnah. Atau lebih parahnya lagi, kalau mereka sudah main fisik dan bikin Anda jadi semakin nggak nyaman.

    Improve Yourself
    Sebenarnya para haters menyerang Anda karena mereka jealous dengan segala pencapian Anda selama ini. Promosi jabatan yang baru saja Anda dapatkan sudah menjadi incarannya sejak dulu. Mereka menjelek-jelekkan Anda karena ingin Anda down dan tidak perform di depan atasan. Nah, yang harus Anda lakukan adalah menjadi diri sendiri dan terus berprestasi. Anda bisa jadikan mereka inspirasi untuk maju dan biarkan merekan stuck disitu-situ saja. (Salli Sabarrang/Calvin Hidayat/ SW)
     



    BACA JUGA:

    Cara Tepat Manfaatkan Social Skill di Lingkungan Kerja

    Atasi Pertengkaran Menjelang Haid

    Ubah Kebiasaan Ini di Media Sosial, Sekarang Juga!

    Apa yang Sebenarnya Dicari Oleh Recruiter di Media Sosial Anda