Love & Sex

Cara Melepaskan Si Pria Tanpa Harapan

  by: Muhammad Hafizh       21/11/2016
  • Anda mungkin sudah sering menemukan beberapa wanita fabulous yang salah memilih pria, entah itu seorang pecundang, pembohong dan tidak pernah menghargai wanita. Menurut Debbie Magids, penulis dari All The Goods One Aren't Taken, ada beberapa pria yang akan menyeret Anda jatuh dan akhirnya menahan Anda dari kebahagiaan. Nah, untuk mencegah hal tersebut, Cosmo beri bocoran cara untuk menghadapi para pria tanpa harapan atau hopeless man ini.

    Jangan Memulai Hubungan Dulu Untuk Beberapa Waktu

    Berpindah hati dari satu pria ke pria lain tanpa memiliki waktu untuk diri sendiri bisa menjadi alasan besar mengapa wanita seringkali jatuh cinta dengan pria yang tidak tepat. “Jika Anda tidak memiliki waktu untuk diri sendiri, Anda tidak dapat membayangkan mengapa hubungan Anda tidak berhasil,” kata Deborah Dunn, penulis Stupid About Men. Well, saran Cosmo, berhentilah dulu untuk berkencan selama minimal tiga bulan maka Anda bisa melihat perspektif baru.



    Pertajam “Loser Radar” Anda

    Anda tentu tidak ingin mencari pria penipu tapi sangat mungkin jika Anda tidak menyadari kekurangan si dia karena dibutakan oleh berbagai hal menarik yang tampak dari luarnya saja. Misalnya Anda lebih melihat pesona dan wajah tampannya saja, bukan sifatnya yang tidak bisa dipercaya. “Terbawa perasaan adalah cara termudah bagi Anda untuk menjadi seorang pecundang dan Anda kehilangan objektifitas,” kata Dunn.

    Untuk mengetahui kejelasan sikapnya, Anda perlu memulai hubungan baru secara perlahan. Di bulan pertama, temui si dia sekali atau dua kali seminggu. Setelah beberapa kali keluar, buatlah daftar sifat positif dan negatif si dia. Walaupun terdengar mudah bahkan psycho, tapi setidaknya Anda tidak akan tertipu lagi.

    Keluarlah dari Zona Nyaman

    Manusia cenderung untuk mengikuti kebiasaan mereka, mulai dari apa yang mereka makan untuk sarapan sampai tipe pria yang membuat mereka tertarik. Nah, sekali Anda sudah menetapkan tipe pria yang menarik perhatian Anda, akan sangat sulit untuk mengubahnya ke tipe yang lain. “Anda memiliki kecenderungan tersebut karena terasa familiar sehingga Anda merasa terbiasa dengan tipe pria yang sama,” kata Dunn.

    Untuk keluar dari keadaan tersebut, cobalah bertanya kepada tiga orang dalam hidup Anda yang kehidupan cintanya sehat - bisa rekan kerja, keluarga, sahabat atau anggota keluarga - untuk mempertemukan Anda dengan seseorang yang mereka pikir cocok. Kalaupun Anda tidak merasakan "percikan" dengan pilihan mereka, that's okay.. karena berkencan dengan pria yang bukan tipe Anda mungkin bisa membuat Anda keluar dari pola yang lama.

    Cek Kembali Kenyataan

    Pernah membayangkan kenapa kebodohan Anda baru terlihat jelas setelah perpisahan? Hal itu terjadi karena Anda dibutakan oleh cinta. Saat Anda jatuh cinta, gabungan hormon dan bahan kimia yang bercampur dalam tubuh menimbulkan rasa ketagihan dengan pasangan sehingga penilaian Anda terhadap si dia menjadi kabur. “Perluas cara pandang Anda, maka Anda akan bisa melihat sebuah hubungan lebih jelas,” kata Johan Van Epp, penulis dari How to Avoid Falling in Love with a Jerk. Perhatikan juga bagaimana cara si dia berprilaku dengan orang lain, mulai dari teman-teman sampai keluarganya.

    Bersikap Tegas



    Banyak wanita yang berkencan dengan pecundang menderita sindrom good girl. Menurut Dunn, hal tersebut terjadi karena si wanita tidak mau memiliki resiko kehilangan pasangannya dan berada dalam ilusi bahwa suatu saat pria itu dapat merubah kelakuannya. Coba bayangkan apa yang akan Anda katakan kepada teman wanita jika mereka berada dalam skenario tadi. Wanita akan cenderung membela teman-temannya namun menolak menerapkan saran untuk diri sendiri.

    So, jika Anda ingin teman Anda mengatakan, “it's over” kepada pasangannya, maka Anda seharusnya juga bisa melakukan hal yang sama untuk diri Anda sendiri. Pastinya berat jika sesuatu tidak berjalan seperti yang kita harapkan, tapi Cosmo yakin kalau hal itu akan membawa Anda untuk mengejar pilihan yang lebih baik. (Edited by Vidi Prima / Image: doc. Various)

     

    BACA JUGA:

    Saran Cinta dari 5 Pasangan Holywood

    Trik Jitu Jadikan Hubungan Cinta Jauh Dari Kata “Bosan

    Stop Membandingkan Hubungan Cinta Anda dengan Orang Lain

    Agar Hubungan Cinta Bisa Awet dan Tahan Lama