Career

Perlu Diperhatikan Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

  by: Salli Sabarrang       27/11/2017
  • Yeay, HRD di kantor baru saja memberi kabar jika Anda diterima bekerja di perusahaan mereka! Tapi hati-hati dear, beberapa poin ternyata harus Anda perhatikan baik-baik sebelum Anda menandatangani kontrak kerja. Apa saja itu? Simak!

     

    Perihal Gaji



    Pastikan bahwa kontrak kerja Anda menerangkan dengan jelas gaji pokok serta kompensasi perhitungan gaji. Semuanya harus sesuai dengan kesepakatan pada saat wawancara.

     

    [ BACA JUGA: Selain Gaji, 5 Hal Ini Juga Penting Saat Melamar Kerja ]

     

    Segala Jenis Potongan

    Semua unsur yang berhubungan dengan uang harus Anda perhatikan dengan detail. Selain gaji pokok dan tunjangan yang akan diberikan perusahaan, Anda pun harus jeli dengan segala potongan administrasi yang sebenarnya berjumlah kecil tetapi karena banyak maka akan mengakibatkan potongan besar pada gaji.

     

    Tunjangan dan Asuransi

    Sebelum “menghiasi” surat kontrak kerja dengan tanda tangan Anda, coba pertanyakan lebih dulu jenis asuransi atau tunjangan kesehatan yang akan Anda terima. Terlebih jika pekerjaan yang akan Anda geluti nantinya cukup berisiko.



     

    [ BACA JUGA: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Pekerjaan ]

     

    Status Pegawai

    Kontrak kerja harus menerangkan informasi mengenai status Anda sebagai pegawai. Apakah Anda bekerja paruh waktu atau full time? Berapa lama masa percobaan sebelum diangkat menjadi pegawai tetap? Yes, Anda harus memastikan hal ini dengan human resource departement.

     

    Pemutusan Kerja

    Pastikan detail mengenai pemutusan hubungan kerja dijelaskan dengan baik dalam kontrak kerja Anda, apa kompensasi yang Anda dapatkan ketika pemutusan kerja terjadi? Bagian ini memang agak memusingkan, oleh karena itu jangan ragu untuk bertanya pada HRD ya, girls.

     

    (Salli Sabarrang / Kezia Calesta / VP / Image: wavebreakmedia / Shutterstock / Clickphotos)