Lifestyle

Ternyata Ini Dampak Mendengarkan Musik Saat Bekerja!

  by: Sky Drupadi       8/11/2017
  • Banyak orang percaya bahwa musik dapat membantu mereka fokus saat menyelesaikan tugas-tugas di kantor. Hey, mungkin Anda sendiri sedang mendengarkan Demi Lovato atau The Beatles sambil membaca artikel ini. Tapi apa benar musik dapat meningkatkan produktivitas? Ternyata ini dampak mendengarkan musik saat bekerja, simak ya!

     

    Tekan Play Ketika... Pekerjaan Anda Repetitif



    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik dapat membantu Anda menyelesaikan tugas repetitif lebih cepat dengan kesalahan yang minim. Dampak positif ini bukan berasal dari musik itu sendiri, tapi efek lagu terhadap mood Anda. Saat mendengarkan musik favorit, tubuh Anda akan mengeluarkan hormon pemicu kebahagiaan seperti dopamin dan serotonin. Pekerja pabrik, akuntan, bahkan dokter bedah gemar mendengarkan musik untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres.

     

    [ BACA JUGA: Tipe Musik Ini Efektif Tingkatkan Produktivitas Kerja! ]

     

    Tekan Stop Ketika... Anda Mempelajari Hal Baru

    Proses pembelajaran membutuhkan otak Anda untuk mengingat berbagai fakta dan instruksi. Musik dapat menghalangi proses tersebut dan menjadi pengalih perhatian. Oh no! Sebaiknya ketika Anda hendak mempelajari tugas baru, matikan musik Anda, terutama kalau lagu yang didengarkan mengandung banyak lirik.

     

    Tekan Play Ketika... Ruangan Anda Berisik

    Rekan kerja Anda sedang menelepon klien, bos Anda sedang memarahi salah satu bawahannya, orang dibelakang Anda sedang bergosip. Ketika ruangan kerja Anda berisik, otak Anda berusaha untuk menerima semua informasi tersebut satu per satu. Proses tersebut menguras energi yang sebenarnya bisa digunakan untuk bekerja. Selain itu, stres Anda akan turut meningkat. Ingat poin pertama kan, dear? Kurangi stres tersebut dengan musik favorit Anda untuk memblokir suara bising.



     

    [ BACA JUGA: Pilihan Musik yang Tepat Saat Bercinta ]

     

    Tekan Stop Untuk... Musik Baru

    Musik baru memberikan elemen surprise pada tubuh Anda. Otomatis, otak Anda akan lebih fokus pada lagu dan lirik tersebut sehingga dapat mengganggu kegiatan Anda. Pada akhirnya, musik baru ini akan tampak lebih menarik dibandingkan pekerjaan Anda. Umm, mungkin pekerjaan Anda memang tidak selalu menyenangkan, tapi Anda tetap harus berusaha fokus, ladies! Dan caranya bukan dengan musik baru. Dengarkan album terbaru Taylor Swift di waktu luang saja ya...

     

    Tekan Play Untuk... Musik Instrumental

    Butuh memaksimalkan sesi kreatif Anda? Maka musik instrumental adalah pilihan terbaik untuk Anda yang berotak kreatif dan bekerja dengan bahasa, seperti penulis. Mendengarkan lagu berlirik akan mengaktifkan bagian bahasa pada otak, dan menggabungkannya dengan kegiatan berbahasa akan merecoki fokus Anda.

    Tidak terpaku pada instrumental saja, musik bergenre elektronik atau ambient, selama tidak berlirik, dapat membantu otak bekerja. Begitu juga musik video game, yang didesain sedemikian rupa agar pemain dapat menikmati musik dan tetap fokus pada misi utama game. Hmm, mungkin Anda tertarik menyetel soundtrack The Sims untuk sesi kerja berikutnya? Why not! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. 4 PM Production / shutterstock / clickphotos)