Better You

Selain Sakit Pinggang, Ini Bahaya Duduk Terlalu Lama

  by: Hana A. Devarianti       9/11/2017
  • Ini faktanya: setiap hari Anda menghabiskan lebih dari delapan jam untuk duduk. Atau tepatnya, menurut MedicalBillingandCoding.ord, rata-rata selama 9.3 jam setiap hari –lebih lama dari waktu tidur Anda. Here's the deal, tubuh manusia tidak dirancang untuk duduk lama. Sebaliknya, tubuh Anda malah membutuhkan kegiatan fisik untuk dapat berfungsi secara maksimal. Duduk lebih dari delapan jam per hari bukan cuma berdampak pada pungung dan leher yang terasa pegal dan tidak nyaman saja. Bahaya dari kebiasaan sepele ini ternyata tidak main-main, darling.

     



    Begitu Anda duduk...

    • Otot pada kaki berhenti bekerja. Jika dibiarkan, otot kaki akan melemah dan Anda akan lebih mudah terjatuh saat berjalan. Sering kali pula menimbulkan rasa tegang saat olahraga.

    • Kalori yang dibakar tubuh menurun hingga 1 kalori per menit. Oh ya, mereka yang obesitas duduk 2.5 jam lebih lama setiap harinya dibandingkan mereka yang bertubuh ideal.

    • Enzim yang membantu membakar lemak turun sampai 90%. Sehingga, Anda akan lebih mudah menggendut.

     

    Setelah dua jam...

    • Kolesterol baik menurun 20%. Yang kemudian membuat Anda lebih rentan terkena penyakit kardiovaskular.

    • Sirkulasi darah menurun. Ini kemudian menyebabkan berkurangnya jumlah oksigen yang sampai ke otak. Efeknya, Anda jadi tidak bisa berkonsentrasi.



    • Kemampuan metabolisme tubuh melambat 25% sampai 50%.

     

    Setelah 24 jam...

    • Efektivitas insulin berkurang sampai 24%. Hal ini berarti risiko terkena diabetes pun meningkat.

     

    Dalam jangka panjang...

    • Terapi fisik Murat Dalkilinç lewat video TED-ed Why Sitting Is Bad for You menuturkan, para peneliti kerap kali mengaitkan kebiasaan ini dengan beberapa jenis kanker, penyakit jantung, dan dapat menyebabkan masalah diabetes, ginjal, dan hati.

    (Hana Devarianti/FT/Image: )