Better You

3 Keluhan Kaki Yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius!

  by: Hana A. Devarianti       20/11/2017
  • Selain saat pedicure, kemungkinannya Anda tidak memperhatikan kesehatan kaki Anda. Padahal, kesehatan pada kaki menggambarkan pula kesehatan tubuh. Tiga keluhan kaki yang ada di bawah ini malah bisa jadi tanda penyakit serius. Simak!

     

    Jari Kaki Mati Rasa



    Pernah mengalami mati rasa pada jari kaki? Atau mungkin, jari kaki berubah warna jadi putih (bahkan, ungu?!) ketika kedinginan? Well, hal ini mungkin terjadi karena Anda memiliki masalah pada aliran darah.

    Misalnya saja, penyakit Reynaud's syndrome atau yang lebih dikenal dengan fenomena Raynaud. Penyakit ini dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jari tangan, kaki, dan telinga. Sehingga, kulit pada bagian tersebut jadi putih kemudian biru dan ungu atau merah. Jika tidak diobati, kulit pada bagian tersebut jadi luka dan borok. Tidak menutup kemungkinan kulit juga mengalami kerusakan permanen karena tidak mendapat aliran darah yang cukup.

     

    Kaki Kesemutan



    Terdengar sepele, tetapi sebenarnya keluhan kaki ini bisa jadi tanda salah satu penyakit serius, yaitu diabetes. Malah sering kali penyakit diabetes didiagnosis melalui gelaja ini. Selain kesemutan, kaki penderita diabetes juga sering mati rasa bahkan terasa seperti terbakar. Kondisi ini juga menandakan kalau ada gangguan pada saraf anggota gerak, seperti lengan, lengan, tungkai, tangan, kaki, dan jari.

     

    Kuku Kaki Rapuh dan Pecah-pecah

    Kuku kaki rapuh dan pecah-pecah bukan cuma tidak cantik dilihat, tetapi juga "menyimpan" banyak tanda bagi kesehatan tubuh. Mulai dari penyakit anemia hingga keracunan timah dapat didiagnosis dari kuku kaki Anda. Tidak hanya itu, kondisi kuku kaki juga bisa menandakan kelainan tiroid dan gangguan kelenjar endokrin yang berfungsi mengatur fungsi tubuh melalui hormon. (Hana Devarianti/SW/Image: )