Career

5 Cara Menabung (Tanpa Bank) yang Dijamin Efektif

  by: Sky Drupadi       15/11/2017
  • Di saat-saat sulit atau emergency, rasanya lega jika tahu ada uang tabungan yang bisa save the day. Menabung di bank merupakan hal yang sudah biasa, tapi ada beberapa cara lain yang bisa membuat menabung terasa lebih fun!

     

    A Jar of 20s

    Ambil sebuah jar transparan (yang agak besar, ya) dan letakkan di kamar. Simpan semua uang Rp 20ribu yang Anda dapatkan setelah berkegiatan, lalu pindahkan ke dalam jar saat sudah sampai rumah. Setelah berbelanja dan mendapatkan uang kembali Rp 20ribu, simpan saja di dompet dan gunakan lembaran lain untuk transaksi pembayaran berikutnya. Kumpulkan setiap hari sampai jar Anda penuh dengan warna hijau yang indah. Wah, kira-kira sudah berapa ya totalnya...



     

     [ BACA JUGA: Selain di Bank, Anda Bisa Menyimpan Uang di Tempat Ini! ]

     

    Check, Please!

    Mungkin Anda setuju, memberikan tanda ceklis pada suatu daftar adalah hal yang sangat memuaskan. Hal itu karena Anda merasa telah memenuhi suatu goal dalam hidup. Nah, terapkan hal ini dalam menabung. Buatlah list tabungan harian, boleh dengan angka beragam. Misalnya hari ini Rp 100ribu , besok Rp 25ribu, lusa Rp 50ribu, dan seterusnya. Berikan ceklis setiap Anda memenuhi goal harian tersebut. Check list penuh dan tabungan menumpuk, !

     

    Pinterest Dreams

    Jika belum punya, buatlah akun Pinterest untuk mendorong Anda menabung. Tambahkan tab 'tabungan' dan pin barang yang Anda suka. Misalnya, tas mewah yang berharga Rp 3.5juta. Bila tabungan Anda sudah mencapai angka yang sama, pikirkan, Anda sudah bisa membeli tas tersebut! Tapi melainkan langsung menghabiskan tabungan, rayakan saja dengan sebotol budget wine, lalu pin benda lainnya. Lambat laun, tab 'tabungan' Anda akan penuh dengan barang-barang favorit yang kalau di total, mungkin berjuta-juta Rupiah. Bedanya, Anda memilikinya dalam bentuk cash. Sounds amazing, ya kan?



     

    [ BACA JUGA: Ladies, JANGAN Lakukan Ini Saat Mengelola Uang ]

     

    Penalty Money

    Pilih sebuah kebiasaan buruk yang ingin Anda hilangkan, semisal menggigit kuku. Ambil sebuah kotak atau celengan dan beri label "bad habit." Setiap Anda melakukan kebiasaan buruk tersebut, masukkan Rp 5ribu ke dalam celengan. Ketika tabungan Anda sudah menumpuk, kebiasaan buruk Anda pun telah berkurang. Double win!

     

    365 Days Challenge

    Siapa yang tidak suka sebuah tantangan? Yup, challenges bukan untuk para youtuber saja, lho. Menabunglah selama 365 hari tanpa jeda. Caranya, mulai dengan Rp 100perak di hari pertama, tambahkan Rp 100 perak tiap hari berikutnya. Jadi, Rp 200perak di hari kedua, Rp 300perak di hari ketiga, Rp 400perak di hari keempat, dan seterusnya. Di hari ke-365, Anda akan menabungkan Rp 36.500. Bukan jumlah yang akan membebankan Anda, kan? Padahal, jika ditotal, jumlah tabungan akhir tahun Anda adalah sebesar Rp 6.679.500! Metode mana yang akan Anda coba? (Sky Drupadi / FT / Image: Doc. TierneyMJ / shutterstock / clickphotos)