Beauty

Ini Akibat Buruk Apabila Tidur Menggunakan Makeup!

  by: Nina Natasya       15/11/2017
  • Anda pasti sudah tahu dong, bahwa penting sekali membersihkan wajah dari makeup sebelum tidur. Tetapi mungkin di saat Anda sudah sangat lelah setelah menjalani aktivitas seharian, rasanya pasti malas membersihkan wajah dari kosmetik saat menyentuh tempat tidur. Well, don't do it! Berikut akibat buruk yang harus Anda ketahui apabila hal tersebut dilakukan. So, next time you want to sleep with makeup on.. Remember these things, ladies!



     

    1. Timbulnya Infeksi Bakteri dan Jerawat

      Hal ini tentunya menjadi alasan utama. Foundation ataupun bedak pada kulit akan bercampur dengan minyak wajah, sehingga mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit dan menimbulkan bakteri. Jika ini sering terjadi, kulit Anda mudah terkena infeksi bakteri dan timbul jerawat baru! Sebelum pusing mencari cara untuk menuntaskan jerawat, lebih baik cegah dengan melakukan deep cleansing sebelum tidur. Salah satunya bisa menggunakan toner atau facial wash yang mengandung salicylic acid yang membantu eksfoliasi dan mengeliminasi jerawat.

    2. Menumpuknya Komedo

      Kosmetik akan mengisi pori-pori kulit, bertumpuk dengan sel-sel kulit mati, kotoran, debu dan minyak. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya komedo. Dan jika sudah parah, sulit lho menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori! Bersihkan wajah menggunakan scrub sesekali untuk mencegah hal tersebut terjadi.

    1. Infeksi Pada Mata

      Tidur dengan eyeshadow dan maskara dapat membahayakan mata Anda. Butiran-butiran kosmetik dapat menyumbat lubang air mata, masuk ke dalam mata dan membuatnya infeksi. So scary!

    1. Bulu Mata Yang Mudah Rontok

      Yep, mengenakan maskara saat tidur dapat membuat hal ini terjadi. Saat tertidur, mungkin secara tak sadar mata Anda akan tergosok. Maskara pun akan menjadi kering di bulu mata, membuatnya jadi lebih mudah tertarik dan menyebabkan bulu mata rontok.

    2. Proses Regenerasi Kulit Terhambat



      Pada malam hari ketika Anda tidur, itulah “jam alami” kulit untuk memperbarui sel-sel nya. Mengenakan makeup dapat merusak proses alami ini, menyebabkan kulit jadi rentan akan kerusakan, apalagi jika dilakukan secara sering.

    1. Bibir Kering, Mengelupas dan Menghitam

      No surprise! Tidur dengan lipstik menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan mengelupas. Kandungan pada lipstik juga dapat membuat pigmentasi bibir jadi lebih cepat alias menghitam. Setelah mengenakan lipstik yang highly pigmented seperti matte liquid lipstick, lebih baik lakukan scrub bibir setelah menghapusnya. Lalu aplikasikan lip mask atau lip balm saat menuju waktu tidur.

    So ladies, sudah cukup kah alasan diatas untuk menghentikan kebiasaan tidur dengan makeup? Saran Cosmo, siapkan makeup remover wipes atau tisu pembersih wajah di samping meja tempat tidur Anda, untuk berjaga-jaga apabila sudah kelelahan untuk menghapus makeup. Meskipun tidak membersihkan wajah “sedalam” itu, paling tidak mengurangi efek buruk yang akan ditimbulkan!

     

    Untuk membersihkan wajah lebih baik, baca juga:

    18 Pembersih Makeup Terbaik Pilihan Cosmo!

    Pembersih Wajah yang Tepat Untuk Kulit Anda

     

    (Nina Natasya/AP/Dok. Shutterstock/Svyatoslava Vladzimirska)