INDONESIA 6019:00 - 20:00    
NOW PLAYING

Fakta tentang Obat Antibiotik yang Harus Anda Tahu

BY HANA A. DEVARIANTI 15 Nov 2017
Fakta tentang Obat Antibiotik yang Harus Anda Tahu

Obat antibiotik sering diresepkan dokter ketika Anda sakit. Saking seringnya, obat ini sering dianggap sebagai obat dari segala penyakit. Hmmm, apa benar begitu? Supaya tahu, baca dulu enam fakta tentang obat antibiotik yang harus Anda tahu.

 

Fakta #1: Diresepkan untuk Mengobati Infeksi Bakteri

Fakta pertama tentang obat antibiotik yang harus Anda tahu adalah obat antibiotik bukanlah obat dari segala penyakit. Obat ini memang dapat dengan efektif mengobati infeksi, tetapi hanya untuk infeksi bakteri. Jika yang menyerang tubuh adalah virus, misalnya virus flu, Anda justru tidak boleh minum obat yang satu ini.

 

Fatka #2: Harus Dihabiskan

Cosmo tahu terkadang malas rasanya minum obat ketika Anda sudah merasa lebih sehat. Namun, jangan lakukan itu ketika sedang mengonsumsi obat antibiotik. Yup, obat ini harus dihabiskan untuk membunuh semua bakteri yang menyerang tubuh. Jika tidak dihabiskan, bakteri dapat jadi resisten dan kembali dengan ketahanan yang lebih kuat. Akibatnya, Anda jadi lebih mudah terkena penyakit yang sama.

 

[ BACA JUGA: Siapkan Obat-obatan Berikut dalam Keadaan Darurat ]

 

Fakta #3: Tidak Boleh Saling Berbagi

Terpikir untuk mengonsumsi obat antibiotik bekas adik? Sebaiknya jangan deh. Obat antibiotik yang sudah lama cenderung menyebabkan tubuh kebal terhadap obat tersebut. Lagi pula, jenis obat antibiotik si adik belum tentu dapat mengobati infeksi yang Anda alami. Just. Don't.

 

Fakta #4: Memiliki Efek Samping pada Alat Kontrasepsi Hormonal

Kebanyakan obat antibiotik memang tidak memiliki efek samping pada alat kontrasepsi hormonal. Namun, khusus untuk obat antibiotik Rifampisin dan Rifabutin dapat menurunkan kadar hormon KB yang mencegah ovulasi. Kalau dokter Anda meresepkan obat antibioitik ini sebaiknya gunakan alat kontrasepsi ekstra aka kondom selama minum obat hingga seminggu setelah obat habis.

 

[ BACA JUGA: Kenali Jenis Obat-Obatan Yang Mengganggu Gairah Seks ]

 

Fakta #5: Hindari Konsumsi Alkohol

Memang sih alkohol tidak mengurangi efektivitas obat antibiotik. Namun, alkohol dapat menurunkan energi tubuh dan membuat Anda sulit pulih dari sakit. Ditambah lagi, minuman keras dan obat antibiotik dapat menyebabkan perut mual, pusing, dan mengantuk. Ugh... Mending tolak dulu deh undangan ladies night.

 

Fakta #6: Jangan Lupa Minum Probiotik

Fakta lainnya yang harus Anda tahu tentang obat antibiotik adalah obat ini tidak hanya membunuh bakteri jahat yang menyerang kesehatan tubuh, tetapi juga membunuh bakteri baik di usus. Hal ini sering kali membuat Anda mengalami diare saat minum obat. (Hana Devarianti / SW / Image: By Kenishirotie / Shutterstock / Click Photos)

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE