Career

4 Tanda Ini Artinya Anda Pelit Pada Diri Sendiri

  by: Sky Drupadi       17/11/2017
  • Terlalu sering menabung? Memangnya tidak boleh? Tentu saja boleh, ladies. Namun ada yang namanya over-saver atau under-spender. Hal ini terjadi ketika seseorang merasa bahwa mengeluarkan uang adalah hal yang 'berbahaya', sehingga ia menabungkan semua penghasilannya. Bukan itu saja, ia enggan menggunakan uang tabungan itu untuk APA PUN. Padahal, untuk apa menghasilkan uang jika tidak digunakan, betul kan? Berikut empat tanda bahwa Anda merupakan seorang under-spender alias pelit pada diri sendiri.

     

    Panik Ketika Melakukan Transaksi



    Setiap melakukan kegiatan yang mewajibkan Anda untuk mengeluarkan uang, Anda langsung gelisah dan keringat dingin. Bahkan, sekadar membayar minuman kotak di kantin kantor seharga lima ribu rupiah buat Anda merasa bersalah. Honey, di dunia ini, Anda pasti membutuhkan uang untuk berkegiatan sehari-hari. Belajar untuk merelakannya, ya.

     

    [ BACA JUGA: Fakta Tentang Uang dan Kebahagiaan yang Harus Anda Tahu ]

     

    Anda Memperhitungkan Segalanya

    Menghitung pengeluaran sehari-hari sih sah-sah saja. Tapi jika Anda memperhitungkan setiap detail kecil, misalnya berapa lembar tisu yang Anda ambil atau jumlah bensin yang terpakai dalam perjalanan ke mini market, sepertinya Anda berlebihan. Melainkan memikirkan hal lain seperti keluarga, pasangan, pekerjaan, atau kebutuhan, Anda sibuk menghitung secara non-stop. Sejujurnya, hal ini tidak sehat, dear.

     

    Kebutuhan Anda Jadi Prioritas Kedua



    Minus mata bertambah, tapi Anda menolak mengganti kacamata karena percaya bahwa milik Anda masih bisa dipakai. Selain itu, ketika temperatur tubuh melambung tinggi, Anda masih enggan mengunjungi dokter karena tidak mau membayar biaya rumah sakit. Duh, padahal kesehatan Anda harusnya jadi nomor satu, lho. Pada akhirnya, selalu ada cara untuk mendapatkan uang. Kesehatan jangan sampai jadi korban kepelitan Anda.

     

    [ BACA JUGA: Ladies, JANGAN Lakukan Ini Saat Mengelola Uang ]

     

    Tidak Ikut Hangout

    Awalnya, Anda masih ikut girl's night out tapi hanya memesan segelas air. Lambat laun, Anda hanya duduk manis melihat the girls melahap makanannya. In the end, Anda memutuskan bahwa hangout bersama teman adalah kegiatan boros dan memilih untuk tetap di rumah saat akhir pekan. Ya, perilaku under-spender dapat memengaruhi kehidupan sosial Anda. Bukan berarti Anda harus menghamburkan uang setiap weekend, namun tak ada salahnya menyisihkan uang untuk bersenang-senang, terutama bersama para bestie. Kalau tidak, teman-teman Anda akan semakin jauh, dan yang Anda miliki hanyalah setumpuk uang....

     

    So ladies, menabung memang penting. Tapi jangan lupa dengan kehidupan Anda sendiri. Mungkin Anda terpaku pada masa depan atau masa tua, namun masa kini Anda jangan terabaikan. Dengan pengaturan yang baik, Anda pasti bisa menabung sambil menjalankan kehidupan yang nyaman dan bahagia. Happiness is more important, after all! Setuju? (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Amnaj Khetsamtip / Shutterstock / Clickphotos)