Lifestyle

Ini Dia Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

  by: Sky Drupadi       20/11/2017
  • Indahnya melihat semangkok buah; warna merah, kuning, dan hijau bertumpuk menciptakan sebuah pelangi. Bukan cantik untuk dipandang saja, ternyata ada alasannya lho kenapa buah memiliki warnanya masing-masing.

     

    Merah



    Semangka, kol merah, ceri, tomat, stroberi, rasberi

    Buah dan sayur dengan warna merah kaya dengan flavanoid, resveratrol, dan vitamin C. Warna cantik ini diakibatkan oleh sebuah zat bernama likopen, yang berperan dalam menjaga kesehatan prostat dan juga kelenjar payudara. Oh ya, antioksidan tersebut juga berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan hati Anda. Pantas saja ya emoji hati berwarna merah! 

     

    [ BACA JUGA: Rahasia Infused Water untuk Tubuh dan Kulit Anda ]

     

    Biru/Ungu

    Bluberi, anggur, plum, delima, terong

    Pigmen antosianin memberikan warna ungu dan biru pada beberapa sayuran serta buah. Semakin gelap warnanya, semakin banyak kandungannya. Pigmen tersebut memiliki antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular alias penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Kandungan flavonoid dan asam ellgaic juga diperkirakan dapat menghancurkan sel kanker. Nah, untuk yang suka lupa ingatan (hmm, di mana saya menaruh kunci mobil?), perbanyak makan buah-buahan ungu ya karena zatnya juga bisa menjaga kesehatan memori!

     



    Kuning/Oranye

    Wortel, jeruk, pisang, jagung, mangga, labu

    Anda sering dengar kan, wortel penting untuk kesehatan mata? Hal ini karena sebagian besar makanan berwarna kuning/oranye menyimpan beta-karoten yang bisa diolah menjadi vitamin A oleh tubuh manusia. Vitamin ini tidak untuk meningkatkan penglihatan Anda saja, tapi juga memengaruhi kulit, gigi, dan tulang Anda. Eye-mazing! Selain vitamin A, buah dan sayur warna ini mengandung vitamin B kompleks yang disebut folat. Ia membantu mencegah cacat janin pada ibu mengandung.

     

    [ BACA JUGA: 3 Alasan Untuk Minum Jus Secara Rutin ]

     

    Hijau

    Kiwi, Selada, Apel Hijau, Melon, Timun

    Warna hijau pada sayuran Anda adalah hasil kerja klorofil, yang juga berguna banyak bagi manusia. Ia membantu proses pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia. Selain itu, klorofil mempercepat proses penyembuhan pada luka dan melancarkan proses detoksifikasi tubuh. Kandungan lain yang biasanya ada dalam sayuran dan buah hijau adalah saponin, indoles, dan karotenoid yang membantu mencegah kanker. So, eat your veggies, ladies! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Elena Zajchikova / shutterstock / Clickphotos)