Fashion

Indahnya Tenun Sumba Dalam Koleksi Terbaru Biyan

  by: Nina Natasya       18/11/2017
  • Sebagai salah satu perancang busana ternama di Tanah Air, Biyan Wanaatmadja tak pernah absen untuk menghadirkan kreasi busana penuh inovasi yang tentunya memanjakan mata. Kali ini, keindahan kain tenun Sumba diolahnya lewat peragaan busana “Humba Hammu” yang diadakan beberapa hari lalu di The Dharmawangsa Jakarta.

     



     

    Bermula dari rasa cintanya terhadap Pulau Sumba yang kaya akan budaya dan penuh eksotisme, Biyan bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk membantu melestarikan warisan budaya tersebut, sekaligus membantu memajukan para pengrajin tenun di Sumba. Hal ini diwujudkan dalam satu hari yang menjadi sebuah jembatan antara pengrajin di Sumba dengan kaum metropolitan di Ibukota. Puluhan pengrajin tenun didatangkan dari Sumba untuk dapat menampilkan dan menjual hasil tangannya kepada khalayak yang lebih luas dalam area Pasar Sumba. Selain itu, kain tenun Sumba juga diolah dengan sangat indah dan relevan oleh sang desainer, diiringi dengan setting dan ambience yang seolah membawa para tamu jauh dari hiruk pikuk kota Jakarta.

     



     

    Tenun Sumba yang memiliki sangat banyak motif sesuai dengan daerah asal dibuatnya, dikombinasikan dengan material-material lain dengan teknik patchwork yang menjadi ciri khas Biyan. Tak lupa berbagai detail seperti bordir, beading, fringe, dan sulaman kerang yang memberikan efek yang berbeda dan sangat indah. Kain tenun yang memiliki karakteristik rustic terpadu lebih ringan dengan bahan-bahan luks seperti silk lame hingga jacquard. Sungguh sebuah peragaan busana yang tak mudah dilupakan serta berhasil membawa keindahan kain Tradisional ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Bravo!

     

    (Nina Natasya/SW/Dok. Biyan)