Career

Lakukan Trik Ini Untuk Menemukan Pekerjaan Impian Anda

  by: Sky Drupadi       21/11/2017
  • Kawan Anda bergerak pasti menuju impiannya menjadi seorang pilot. Bestie Anda juga sedang mengejar gelarnya untuk menjadi dokter. Tentu Anda bangga, tapi di waktu yang sama juga khawatir karena Anda sendiri belum memiliki dream job. Well, jangan merasa tertekan, ladies. Menurut Chris Guilllebeau, penulis buku Born for This, sebagian besar orang sukses tidak melewati jalur yang lurus. Justru, kesuksesan diraih melalui berbagai tantangan yang berliku-liku. Di balik itu, ada satu hal yang dimiliki tiap orang, yaitu curiosity alias rasa ingin tahu. So, banyaklah bertanya!

    Tanyakan beberapa hal berikut pada diri Anda: Apa yang saya gemari? Apa kemampuan saya? Apakah masak, membersihkan rumah, mengadakan pesta, atau mengorganisir lemari? Farai Chideya, penulis buku The Episodic Career, menyarankan untuk menulis semua kemampuan tersebut di atas kertas, kemudian lingkari hal yang bisa dijadikan alat untuk menghasilkan uang. Dari semua kegiatan yang dilingkari, mana yang Anda MAU lakukan demi mendapatkan uang? And ladies, tidak perlu malu untuk mengakui jika Anda termotivasi dari jumlah gaji. Menurut Farai, orang yang money-motivated lebih bahagia dalam pekerjaan mereka, lho.

    Jika masih merasa stuck, trik berikut ini bisa membantu dalam menemukan pekerjaan impian Anda. Jangan cemberut dan jagalah pikiran yang positif. You'll find your calling, honey!



     

    [ BACA JUGA: Lakukan 7 Gestur Tubuh Ini Saat Wawancara Kerja ]

     

    • Baca kembali chat history Anda.

    Coba lihat, bantuan apa yang paling sering diminta dari teman-teman Anda? Anda tidak selalu mengetahui skill sendiri, jadi biarkan orang lain mengidentifikasinya.

    • Befriend Everyone



    Farai mengusulkan untuk berteman dengan orang dari berbagai umur. Berbincang dengan orang tua atau guru lama Anda bisa memberikan perspektif berharga.

    • Get a Side Job

    Kerja sampingan tidak perlu menyita waktu atau pekerjaan full-time Anda. Mulai dengan menawarkan jasa atau produk tersebut pada teman terdekat, dan lihat perkembangannya. Mungkin Anda akan terdorong mengubah side job ini jadi pekerjaan tetap.

    • Quit” Your Job

    Berhenti dari pekerjaan Anda memang menegangkan. Jadi, coba dengan melaksanakannya di kepala saja dulu. Tetapkan sebuah tanggal untuk “resign”. Setelah membayangkan skenario tersebut, berikan evaluasi. Does it feel right?

    • Find your Circle

    Sulit menemukan cita-cita jika Anda dikelilingi orang yang tidak suportif. Maka, kelilingi diri dengan orang-orang yang membuat percaya diri. Saat bersama mereka, tidak ada yang Anda sembunyikan. Terlebih lagi, melihat persamaan dalam hobi, topik favorit, dan kemampuan, mungkin ada alasannya Anda merasa nyaman dengan kumpulan orang tersebut. Termotivasi untuk mencapai kesuksesan yang sama? Go for it! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. mimagephotography / Shutterstock / Clickphotos)