Lifestyle

Sebelum Ke Luar Negeri, Baca Dulu Tips Menukar Uang Ini

  by: Alvin Yoga       22/11/2017
  •  

    Berencana pergi ke luar negeri akhir tahun nanti? Hmm, saran Cosmo, sebaiknya Anda menukar uang sebelum musim liburan tiba. Selisih nilai tukarnya akan menguntungkan jika Anda menukarnya dari sekarang. Ingin tips lain seputar menukar uang? Baca!

     



    Hitung Dulu Jumlah Uang yang Ingin Anda Bawa

    Penting untuk selalu membawa uang dalam jumlah yang cukup, tidak terlalu banyak, namun juga tidak pas-pasan. Maka dari itu, ada baiknya Anda mencari tahu dan menghitung terlebih dahulu apa saja kebutuhan selama perjalanan nanti; mulai dari transportasi, makan, serta akomodasi lainnya. Nah, dari jumlah tersebut, tambahkan sedikit biaya sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu yang membutuhkan uang tunai. Yup, berjaga-jaga selalu lebih baik, kan.

     

    Pilih Tempat Penukaran yang Tepat

    Hindari menukar uang di bandara atau bahkan di bank, sebab di tempat-tempat tersebut nilai tukar uangnya lebih rendah, terutama di bandara. Pilih money changer yang terpercaya untuk menukar uang, karena di tempat ini nilai tukarnya paling tinggi. Luangkan waktu untuk menemukan money changer dengan nilai tukar terbaik, karena selisihnya akan cukup menguntungkan jika Anda menukarnya dalam jumlah besar.

     

    Cermati Waktu Penukaran

    Menukar uang memang bukan pekerjaan yang sulit, dan bisa dilakukan kapan saja. Eits, tapi tunggu dulu. Meski begitu hal ini perlu dilakukan dengan hati-hati, agar Anda tidak merugi akibat selisih nilai tukar yang tinggi. Menukar uang di saat yang tepat penting, lho, untuk mendapatkan kurs yang baik. Menukar uang di awal pekan sangat direkomendasikan, mengingat saat-saat tersebut kurs cenderung stabil. Tak sempat menukar di awal pekan? Tukar di pagi hari, setidaknya kurs Anda belum jatuh hingga waktu makan siang tiba.

    Oh ya, ada baiknya Anda juga menukarkan uang beberapa hari sebelum keberangkatan, terutama jika jadwal keberangkatan Anda adalah ketika musim liburan. Nilai kurs menjelang liburan biasanya akan merangkak naik, dan hal ini akan merugikan jika Anda menukar dalam jumlah yang cukup besar.

     

    [ BACA JUGA: Cara Mudah dan Cepat Menabung Jutaan Untuk Liburan ]

     

    Pahami Selisih Nilai Tukar



    Tips from the pro, beberapa mata uang sebetulnya memiliki selisih nilai tukar yang cukup tinggi terhadap Rupiah, sebut saja Euro atau bahkan Baht. Jika Anda berniat untuk bepergian ke negara yang menggunakan mata uang ini, pertimbangkan kembali nilai tukarnya dan pahami selisihnya.

    Banyak orang biasanya tidak peduli dan justru merugi karena malas untuk menghitung selisihnya. Padahal jika Anda berencana untuk menukar uang dalam jumlah banyak, selisihnya cukup lumayan, lho. Saran Cosmo, dibanding menukarkan uang secara langsung, akan jauh lebih baik jika Anda menukar Rupiah dahulu ke Dollar, baru kemudian tukarkan menjadi Euro atau mata uang lain yang selisih nilai tukarnya dijamin lebih tinggi.

    Psst, tips ini juga berlaku di luar negeri. Penting untuk selalu membawa beberapa Dollar sebagai cadangan, karena jika Anda kekurangan uang tunai, nilai Dollar tidak akan turun meski berada di belahan negara lain.

     

    Habiskan Uang “Receh”

    Mendapat kembalian dalam bentuk uang koin ketika berbelanja? Kecuali Anda pengoleksi uang koin, sebaiknya dibelanjakan saja. Uang koin tidak bisa ditukarkan kembali ke Rupiah, meski Anda berniat melakukannya di money changer. Kebanyakan orang malas mencari uang koin dalam dompet ketika berbelanja di luar negeri, hal ini justru sangat merugikan, lho!

     

    [ BACA JUGA: Daftar Low Season untuk Liburan di Berbagai Negara ]

     

    Menukar Kembali ke Rupiah

    Anda masih memiliki sisa uang yang cukup banyak dan tidak berniat menyimpan mata uang tersebut? Well, tak ada salahnya untuk menukarkan kembali uang tersebut ke dalam Rupiah, terutama jika Anda memang jarang bepergian ke luar negeri, atau memutuskan untuk jarang mengunjungi negara tersebut. Beda halnya jika Anda berniat untuk mengunjungi kembali negara tersebut, simpan saja uangnya sebelum kursnya naik di kemudian hari.

    Jika Anda berniat untuk menukarkan kembali uangnya, ada baiknya Anda melakukan hal tersebut ketika masih di luar negeri, karena beberapa negara akan memberikan nilai tukar yang lebih tinggi ketika menerima mata uang negara mereka sendiri. Hal ini jelas menguntungkan (selama Anda tidak melakukannya di bandara). Oh ya, ada baiknya Anda juga menukarnya terlebih dahulu ke bentuk Dollar, kemudian baru tukarkan Dollar tersebut ketika Anda sudah sampai di Indonesia. Selamat liburan!

    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Dean Drobot / Shutterstock / Clickphotos)