Career

5 Pengeluaran Mengejutkan Setelah Lulus Kuliah

  by: Sky Drupadi       22/11/2017
  • Di masa kuliah, walaupun memiliki kerja sampingan, kemungkinannya adalah orang tua Anda membiayai sebagian besar pengeluaran. Bukan untuk buku pelajaran dan kosan saja, tapi SE-MU-A. Jika Anda mengatakan bahwa, “Saya membayar dengan uang saya sendiri, kok!” Akuilah, “uang sendiri” itu artinya uang jajan dari orang tua. Itulah alasannya setelah lulus kuliah, Anda terkejut ketika harus mengeluarkan uang untuk hal-hal berikut ini:

     

    1. Pajak



    Kata 'pajak' memang sering Anda dengar, namun tak pernah acuhkan karena... Saat itu memang belum tanggung jawab Anda. Kemudian fast-forward ke gaji pertama, di mana Anda melihat berbagai akronim aneh yang otomatis memotong gaji Anda. Umm, what is this? Setelah harus berurusan dengan pajak, Anda langsung bertanya-tanya, "kenapa ya hal ini tidak dijadikan mata kuliah wajib?"

     

    [ BACA JUGA: Strategi Jitu Langsung Dapat Kerja Begitu Lulus Kuliah ]

     

    2. Pakaian Kantor

    Jika Anda bekerja di kantor yang kasual, santai, dan millenial-friendly, atau bekerja di perusahaan yang berseragam, maka Anda bisa tenang. Tapi jika pekerjaan Anda mewajibkan pakaian profesional dan rapi, pasti Anda butuh banyak uang untuk membelinya. Anda pun tersadar bahwa blazer dan celana bahan berkualitas ternyata berharga tinggi. Untuk satu look saja, Anda bisa mengeluarkan hampir Rp1.000.000. Apa mungkin Anda menggunakan satu pakaian yang sama setiap hari?

     

    3. Tas Kerja

    Tidak mungkin kan, Anda ikut lunch meeting atau menghadiri sebuah konferensi menggunakan backpack yang penuh coretan spidol dan pin warna-warni?



     

    [ BACA JUGA: Mau Jadi Mahasiswa Berprestasi? Lakukan 3 Kebiasaan Ini ]

     

    4. Pulsa dan Paket Internet

    Selama ini Anda tidak terlalu memikirkan pengeluaran yang satu ini karena masih ditanggung orang tua. Namun setelah menginjak dunia kerja, Anda harus rela mengeluarkan uang ekstra untuk pulsa dan paket Internet. Apalagi jika pekerjaan Anda bergantung pada klien yang harus siap dihubungi setiap saat. Oh ya, ini juga berlaku untuk biaya transportasi seperti bensin.

     

    5. Pertukangan

    Blazer Anda tidak sengaja sobek? Heels Anda patah? Charger Anda rusak? Atap kosan bocor? Dulu, Anda tinggal mengadu, menangis, dan voila, masalah terpecahkan! Sekarang, Anda harus terbiasa dengan pengeluaran di luar rencana seperti ke tukang jahit atau beli charger baru. Ugh, adulting is hard!

     

    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com. Alih bahasa: Sky Drupadi. Foto: vladirmir gjorgiev / shutterstock / clickphotos)