Lifestyle

5 Pertanyaan Ini Bisa Bantu Hindari Kalap Belanja!

  by: Sky Drupadi       25/11/2017
  • Kekasih Anda mungkin sering bercanda bahwa tiap Anda menerima gaji, semuanya langsung tersapu habis karena kebiasaan kalap belanja. Tapi tahukah Anda satu hal yang tidak lucu? Kekurangan uang saat mencapai umur 40 tahun. So, tanyakan diri Anda 5 pertanyaan berikut sebelum memasukkan sebuah blouse menggemaskan ke dalam shopping cart Anda.

     



    Untuk Apa Benda Ini?

    Pasti Anda sering melihat sepasang sepatu dan pikir, “ah, lucu! Apalagi jika saya yang pakai!” Ehem, ladies... Terlalu banyak barang lucu di dunia ini yang sebenarnya tidak mampu Anda beli. Lagipula, “lucu” tidak bisa jadi satu-satunya alasan untuk membeli suatu barang, kan? Coba pikirkan lagi, seberapa penting sepasang sepatu itu dalam hidup Anda?

     

    [ BACA JUGA: Lakukan Ini Sebelum Belanja Pakaian Online! ]

     

    Sudah Punya Belum, ya?

    Dalam kasus lain, Anda melihat sebuah atasan chiffon berwarna putih. It's so you! Anda yakin bahwa baju tersebut akan sering digunakan sampai lusuh. Tapi ketika buka lemari baju, ternyata Anda sudah memiliki 7 atasan chiffon, dan dua diantaranya berwarna putih. Well, benar sih atasan itu pasti terpakai. Tapi Anda pun sudah punya koleksinya. Just skip it!

     

    Seberapa Sering Saya Akan Menggunakannya?

    Memang, tidak semua benda masuk ke dalam kategori “setiap hari”, tapi tak ada salahnya untuk menentukan frekuensi penggunaannya dari awal. Jangan membeli sesuatu hanya karena “terlihat indah,” “sesuai dengan kepribadian Anda,” atau sekadar “penasaran karena sedang trending.” Jika Anda akan naik gunung dan membutuhkan sepatu boots, mungkin ada baiknya mempertimbangkan meminjam teman, terutama jika kegiatan tersebut hanya akan dilakukan sekali seumur hidup.



     

    [ BACA JUGA: 9 Cara Hemat Belanja Produk Kecantikan ]

     

    Di Mana Saya Akan Menyimpannya?

    Pertanyaan ini sering luput dari pikiran orang, padahal ketika shopping, hal ini krusial. Bayangkan, membeli sebuah kursi makan tapi tidak ada ruang di meja. Atau membeli lemari baju, tapi tidak bisa memasukkannya melalui pintu kamar Anda yang kecil. Oops...

     

    Berapa Lama Keawetan Benda Ini?

    Pikirkan kualitas dan umur dari benda tersebut. Barang yang murah atau diskon sih memang menyenangkan waktu dibeli. Namun daya tahannya juga penting, dear. Dan jangan bohongi diri sendiri, Anda tahu pasti toko apa yang hanya menjual pakaian kualitas rendah. Hindari saja ya...

     

    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com. Alih bahasa: Sky Drupadi. Foto: nd3000 / shutterstock / clickphotos)