Better You

Uh-Oh Minum Terlalu Banyak Teh Hijau Bisa Bikin Mandul!

  by: Hana A. Devarianti       24/11/2017
  • Ah... Rasanya Anda langsung relaks begitu menyesap teh hijau. Bukan cuma bikin tenang, teh hijau juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menambah energi, meningkatkan kemampuan memori, hingga mencegah kanker, teh hijau yang kaya antioksidan bisa membuat tubuh terhindar dari sakit. Namun, apa yang terjadi kalau ternyata Anda minum teh yang berasal dari Cina ini secara berlebihan? Well, ternyata minum terlalu banyak teh hijau bisa bikin Anda dan si dia mandul!

     



    [ BACA JUGA: 8 Langkah untuk Membuat Teh dengan Benar ]

     

    Yup, Anda tidak salah baca. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Functional Food pada Januari 2016, minum terlalu banyak zat herbal dapat menimbulkan dampak negatif pada kesuburan Anda dan si dia!

     

    Pada penelitian yang dilakukan pada lalat buah tersebut, peneliti menemukan kalau lalat buah yang diberi dosis tinggi green tea polyphenols—senyawa antioksidan yang terdapat pada teh hijau—akan mengalami pengurangan reproduksi secara signifikan. Para peneliti juga menemukan bayi lalat buah yang lahir mengalami kelainan genetik pada organ reproduksinya.

     

    Memang sih studi tersebut dilakukan pada lalat buah bukan pada manusia, tapi lalat buah sering digunakan dalam penelitian biomedis. Selain itu, karena sistem reproduksi lalat buah dan mamalia terbilang mirip, lalat buah dianggap sebagai model yang baik untuk mengetahui tingkat racun dari sebuah obat. Yes darling, ini termasuk pula tingkat racun dari teh hijau yang sering Anda konsumsi.

     



    [ BACA JUGA: Ini Alasan Anda Tidak Boleh Minum Teh dengan Susu ]

     

    Anggapan terlalu banyak minum teh hijau bisa bikin mandul juga disampaikan oleh ahli endokrinologi kelahiran, Helen Kim, di situs Baby Center. Sama seperti kopi, teh hijau juga mengandung kafein dan, sad to say, kafein dapat menggangu kesuburan Anda. Secangkir teh hijau, yang rata-rata memiliki 6oz atau sekitar 175ml teh hijau, punya kandungan 20mg kafein. Sedangkan, Helen menyarankan batas maksimal konsumsi kafein per hari adalah 300mg. Helen juga mengatakan kalau minum teh hijau dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko keguguran.

     

    [ BACA JUGA: Cosmo Jawab Pertanyaan Seputar Teh Celup vs Teh Tubruk ]

     

    Risiko lainnya dari minum teh hijau terlalu banyak adalah teh hijau dapat menggangu kesehatan bayi dalam kandungan. Itulah yang diungkapkan oleh sebuah studi yang dilakukan para peneliti Jepang di tahun 2010. Penelitian yang diterbitkan pada Bioscience Trends mengungkapkan bahwa wanita yang minum teh paling hijau memiliki tingkat asam folat yang rendah. Padahal, asam folat sangat penting bagi wanita yang ingin atau sedang hamil karena dapat membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang bayi.

     

    Intinya: jika Anda berencana untuk hamil, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kandungan Anda soal makanan dan minuman apa saja yang boleh dikonsumsi. Kemungkinannya adalah, Anda tidak perlu melepaskan kebiasaan minum teh hijau jika dikonsumsi dalam batas wajar. Namun, ingat ya jangan sampai berlebihan. Rasanya satu cangkir teh hijau sudah cukup kok! (Hana Devarianti / SW / Image: andiano.cz / Shutterstock / Click Photos )