Beauty

4 Manfaat Baik Ginseng untuk Kulit Wajah!

  by: Ainjia Phioltia Paat       25/11/2017
  • Ginseng merupakan salah satu tanaman asal Asia yang terkenal karena khasiat baiknya untuk tubuh. Dari memperbaiki aliran darah hingga membantu pemulihan penyakit, ginseng adalah bahan pengobatan tradisional yang amat bermanfaat. Pengobatan tradisional Asia bagian Timur menggunakan ginseng beratus-ratus tahun untuk menambah kekuatan tubuh, membantu tubuh cepat beradaptasi dengan lingkungannya, mengurangi stres dan menambah ketahanan imun tubuh dari agresi eksternal.
    Nah, berbagai khasiat ginseng tersebut ternyata tak hanya bisa diaplikasikan untuk tubuh, namun juga untuk kulit wajah, lho! Berikut beberapa manfaat baik dari Ginseng untuk kulit wajah!

    1. Manfaat anti-aging
    Ginseng mengandung phytonutrient berjumlah besar, yang mampu menstimulasi dan memancing metabolisme kulit bekerja lebih baik. Tanaman ini mengandung saponin, antioksidan yang bertugas membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang telah menumpuk di kulit wajah yang telah bertahun-tahun terkena sinar matahari dan polusi udara. Seperti Anda ketahui, radikal bebas adalah salah satu penyebab kulit tampak tua, letih, dan tak segar. Ginseng juga mengandung bahan alami yang membantu menambah produksi kolagen di lapisan tengah kulit, dermis. Kolagen bertugas menjaga kulit tetap elastis dan kencang, dan secara otomatis pula menjaga munculnya kerutan dan garis halus di wajah!

    2. Membantu menyeimbangkan warna kulit dan mencerahkan
    Akar dan daun ginseng kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, yang baik untuk kesehatan kulit. Kedua bagian tersebut menjaga metabolisme sel kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati, yang menghasilkan kulit wajah jadi lebih cerah.



    3. Membantu mengurangi warna gelap di bawah mata
    Ginseng juga berkhasiat membantu melancarkan aliran darah di sekitar mata, yang mengakibatkan mata terlihat bengkak. Selain itu, manfaat mencerahkannya juga dapat membantu menetralisir warna gelap di bawah mata.

    4. Membantu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit berminyak dan atau sensitif, dan membantu mengurangi jerawat
    Dalam sistem imun manusia, ada gas bernama nitric oxide yang bertanggung jawab dalam mengontrol tekanan dan aliran darah. Nitric oxide memiliki andil besar dalam menyembuhkan luka. Menaikkan level nitric oxide Anda membantu mempercepat sembuhnya luka dari jerawat. Selain itu, saponinnya juga memiliki kekuatan mengurangi inflamasi dalam kulit. Inflamasi adalah salah satu penyebab acne. Inflamasi merupakan sistem imun tubuh yang overaktif dan merangsang terciptanya acne. Oleh karenanya, ginseng juga berkhasiat menetralisir permasalahan kulit sensitif, berminyak dan berjerawat.

    Salah satu produk favorit Cosmo yang mengandung ginseng di dalamnya adalah Sulwhasoo Concentrated Ginseng Renewing Creamy Mask.



     

    Sheet mask ini diciptakan dengan teknologi Double Wrapping Sheet yang inovatif. Lapisan dalam menutrisi kulit dengan nyaman, sedang lapisan luarnya memastikan formula meresap dengan efektif. Teknik ini membuat proses penggunaan jadi mudah dan praktis. Selain itu, masker ini juga fokus mengencangkan Image Zone Anda. Image Zone adalah kulit wajah sekitar mata, garis senyum, dan bagian wajah lainnya yang cenderung berkerut karena ekspresi wajah yang berulang-ulang. Oh ya, masker ini mengandung 8 kali lipat formula ginseng aktif dari Sulwhasoo Concentrated Ginseng Renewing Cream Ex lho! Wow.. Kulit jadi terasa lebih kenyal, bening dan cerah setelah pemakaian. Hmm, Korean fresh skin, here we come...

    Apakah Anda tertarik juga untuk mencoba khasiat ginseng di kulit wajah? Let us know in our comment column!

    (Ainjia Paat/Image: Shutterstock, Dok. Sulwhasoo)