Better You

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Memakai Softlens

  by: Hana A. Devarianti       26/11/2017
  • Buat beberapa orang, memakai softlens atau lensa kontak terasa lebih praktis serta stylish dibandingkan mengenakan kacamata. Namun, jangan sembarangan ketika memakainya karena salah-salah bisa menyebabkan berbagai masalah pada mata. Nah, supaya hal itu tidak terjadi, sebaiknya jangan lakukan lima hal ini saat memakai softlens.

     

    Tidur



    Mengenakan softlens ketika tidur dapat membuat kornea mata kekurangan oksigen. Hal ini tidak hanya membuat mata kering dan terasa tidak nyaman saja, lho. Jika sering dilakukan, mata bisa bengkak dan penglihatan Anda pun kabur.

    Bakteri juga semakin mudah "terjebak" di mata ketika Anda tidur sambil memakai softlens. Bahkan, sebuah penelitian dari Australia menemukan kalau mereka yang sering tidur pakai softlens 6.5 kali lebih berisiko terkenal infeksi pada kornea. Salah satu infeksi yang paling sering terjadi adalah ulkus kornea, sebuah kondisi di mana ada luka terbuka pada korena. Hiii...

     

    Mandi dan Berenang

    Ladies, satu hal yang harus diperhatikan ketika mengenakan softlens adalah Anda tidak boleh membuatnya basah. Air dapat membuat softles berubah bentuk dan menempel pada mata, yang ujung-ujungnya malah bisa melukai kornea Anda. Masalah lainnya, air mengandung mikroorganisme yang bisa terjebak di softlens. Akibatnya, mata bisa infeksi menyakitkan yang tidak menutup kemungkinan menyebabkan kelihangan penglihatan secara permanen. 

     

    [ BACA JUGA: Memprediksi Penyakit Lewat Mata ]

     

    Tidak Memberishkan dengan Benar



    Pernah membersihkan softlens dengan air atau baby oil? Bad idea, darling. Cara yang benar membersihkan softlens adalah dengan menggosoknya secara perlahan dan hati-hati menggunakan cairan pembersih khusus softlens, lalu bilas dan rendam dengan cairan yang sama sebelum disimpan di tempat khusus. Oh, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum memberishkan softlens, ya!

     

    Tidak Memperhatikan Tanggal Kedaluwarsa

    Hal lainnya yang tidak boleh Anda lakukan saat memakai softlens adalah tidak memperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Memang sih hal ini terkesan lebih hemat, tetapi mengenakan softlens yang sudah "basi" bisa bikin mata infeksi. Lebih baik jangan ambil risiko memakai softlens yang telah melewati kedaluwarsanya, meskipun cuma satu atau dua hari. 

     

    [ BACA JUGA: Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mata ]

     

    Jarang Membersihkan Tempat Softlens

    Eits, menjaga kebersihkan tempat softlens juga penting. Tempat softlens yang kotor adalah sarang kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan infeksi mata. So, bersihkan deh tempat softlens Anda setiap hari untuk mencegah infeksi tersebut. Tidak sulit kok, cukup dengan merendamnya ke dalam air panas supaya terbebas dari kuman dan bakteri. Cosmo sarankan Anda mengganti tempat softlens setiap tiga bulan sekali untuk menjaga kebersihan softlens juga kesehatan mata Anda. (Hana Devarianti/SW/Image: Instagram.com/gigihadid)