Better You

Makanan dan Minuman Pereda Sakit Tenggorokan

  by: Hana A. Devarianti       24/11/2017
  • Sakit tenggorokan menjadi penyakit yang kerap “mampir” saat musim hujan tiba. Agar Anda tidak terganggu dengan penyakit ini, coba deh konsumsi makanan di bawah ini.

     

    Sage



    Rempah daun sage ternyata dapat meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan Anda. Daun ini dipercaya dapat meredakan inflamasi yang terjadi di tenggorokan. Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan irisannya pada air hangat atau sup ayam yang akan dikonsumsi.

     

    Es Krim

    Siapa sangka ternyata makanan ini justru baik dikonsumsi saat sakit tenggorokan. Temperatur dingin dapat “mematikan” rasa sakit, sedangkan krim mampu menciptakan rasa nyaman di tenggorokan. Namun, jangan konsumsi es krim jika Anda alergi dengan produk susu karena dapat membuat batuk semakin parah.

     

    [ BACA JUGA: 7 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Metabolisme Tubuh Anda ]

     

    Pisang



    Pisang adalah makanan yang lembut dan mudah ditelan, cocok untuk Anda yang sedang sakit tenggorokan. Buah ini juga kaya akan vitamin C, lho. Sehingga, tubuh dapat lebih mudah pulih dan sehat kembali.

     

    Teh

    Yup, minuman favorit Anda ini juga dapat membantu proses penyembuhan. Teh dapat meredakan pembengkakan yang terjadi pada tenggorokan serta membuat tubuh lebih relaks. Jadi, jangan ragu untuk minum satu cangkir teh ginseng, chamomile, green tea, atau black tea saat tenggorokan mulai terasa sakit.

     

    [ BACA JUGA: Cara Benar Seduh Teh Celup dan Teh Tubruk ]

     

    Madu

    Khasiat madu memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Madu dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan dan mengurangi sakit saat menelan. Ini karena madu mengandung lebih dari 181 nutrisi dan zat antioksidan. Wow! (Hana Devarianti / Image: sheff / Shutterstock / Click Photos)