Lifestyle

Buku Self-Help Wajib Baca!

  by: Yemima Hutapea       3/11/2018

  • Hey girls! Akhir pekan kali ini Cosmo ingin memberikan lima rekomendasi buku self-help yang bisa kamu baca untuk menemani hari liburmu. Apa saja buku tersebut? Yuk, cek di bawah ini!

    1. You Are a Badass oleh Jen Sincero


    Buku You Are A Badass sangat cocok dibaca oleh kamu yang membutuhkan semangat hidup dan dukungan percaya diri. Jen Sincoro menggunakan bahasa yang sangat simpel dan komunikatif! Seringkali Cosmo dibuat tersenyum dengan kutipan-kutipan dari buku ini yang terdengar nyeleneh namun sebenarnya memiliki makna yang dalam seperti "It's not your fault that you're f*cked up. But it's your fault if you stay f*ked up. Stand up and do something about it." Pas untuk dibaca saat waktu senggang atau ketika kamu sedang memiliki banyak masalah.


    2. How to Be Interesting oleh Jessica Hagy


    Penulis buku How To Be Interesting ini memang benar-benar tahu bagaimana membuat pembaca tidak bosan. Bisa dikatakan, buku ini tidak banyak dipenuhi oleh kata-kata, namun diisi oleh diagram atau grafik yang sangat menarik.




    Salah satu contohnya adalah diagram di atas. Jessica Hagy mengatakan bahwa agar hidup kita lebih menyenangkan, kita harus belajar dari anak-anak. Bukan menjadi kekanak-kanakan, namun belajar dari rasa ingin tahu mereka, kepolosan mereka, dan kekaguman mereka pada hal-hal yang sederhana. Bagi kamu yang tidak terlalu suka membaca buku, Cosmo yakin kamu akan tetap menikmati buku yang tak terlalu tebal ini karena isinya yang sangat memotivasi!


    3. Show Your Work oleh Austin Kleon


    Austin Kleon tahu benar bagaimana menulis buku yang dapat menggerakkan para pembacanya untuk berani berkreasi dan menunjukkan karyanya ke khalayak ramai. Seringkali, sebagai manusia, kamu takut akan mengalami penolakan atau kegagalan, namun di buku Show Your Work, Kleon menyatakan bahwa kita harus menunjukkan kemampuan kita kepada dunia luar, because this world is in need of creativity and talents! Oleh karena itu, Austin Kleon memberikan 10 langkah untuk bisa berkarya dan menampilkan karya kita kepada dunia dalam buku Show Your Work ini!


    4. 10% Happier oleh Dan Morris


    Ditulis oleh seorang news anchor yang pernah mengalami serangan panik saat sedang melakukan siaran langsung yang disaksikan oleh lebih dari 5 juta pemirsa TV, buku ini bercerita tentang sebagaimana pentingnya kesehatan mental dan rohani seseorang. Salah satu poin penting yang disampaikan Dan Harris dalam buku ini adalah bagaimana ketenangan dan kedamaian diri seseorang dapat didapatkan melalui meditasi dan hal tersebut mampu membantumu menyikapi stres, negativitas dan ketidakberuntungan dalam hidup secara lebih bijaksana. Untuk kamu yang membutuhkan rasa damai, ketenangan dan juga panduan untuk menjadi individu yang lebih seimbang, buku ini sangat tepat untuk dibaca!




    5. The Wisdom House oleh Rob Parsons


    Cosmo sangat suka dengan buku satu ini! Diawali dengan surat dari Rob Parsons kepada cucunya, buku ini sebenarnya ditulis oleh Rob untuk menasihati anak-anak dari cucunya kelak bila ia sudah tiada! Nasihat-nasihat yang diberikan Rob Parsons kepada cucunya ini sungguh menyentuh hati dan sangat relevan dengan kehidupan nyata. Antara lain, Rob berkata di salah satu paragraf, “Above all, one should be true to her/himself. And it must follow, as the night changes into day, thou canst not then be false to any human”. Bila kamu melihat sampul dari buku ini, maka kamu akan melihat gambar dua kursi. Rob mengatakan bahwa itu adalah perumpaan bahwa ia sedang duduk di kursi yang tinggi dan sang pembaca seperti sedang duduk di kursi yang nyaman saat sedang memegang buku tersebut. Very highly recommended!


    Jadi, buku manakah yang ingin kamu baca terlebih dahulu?


    Dok. Image: Instagram

    Illustrasi oleh Maya Putri

    tags: books, self-help