Beauty

Cara Menghilangkan Beruntusan di Wajah

  by: Yemima Hutapea       7/11/2018
  • Setiap wanita pasti menginginkan kulit yang bersih dan bebas dari jerawat. Namun, bebas dari jerawat saja tidak cukup. Sekarang ini banyak sekali wanita yang mengalami beruntusan atau gumpalan-gumpalan kecil di wajah. Penyebab beruntusan bisa terjadi karena banyak hal. Pembersihan tata rias yang tidak tuntas, minyak berlebihan, alergi pada suatu produk ataupun penyesuaian dengan skincare products yang baru. Oleh karena hal-hal yang Cosmo sebutkan di atas, Cosmo ingin memberikan sepuluh cara untuk menghilangkan beruntusan bagi kamu yang pernah mengalaminya!

     

    1. Double cleansing

    Hal ini sangatlah penting, girls. Polusi udara di luar kantor dan juga bakteri-bakteri yang ada di sekitar kamu bisa menempel di wajah dan terserap ke dalam pori-pori. Untuk memastikan bahwa wajahmu benar-benar bersih, lakukan pembersihan muka sebanyak dua kali. Pertama, menggunakan water-based atau oil-based cleanser. Kedua, menggunakan sabun cuci muka yang cocok dengan tipe kulitmu!



     

    2. Deep cleansing

    Ini berbeda dengan double cleansing. Artinya, kamu harus benar-benar membersihkan muka sampai ke dalam pori-pori. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan brush atau alat pembersih muka lainnya seperti sponge bergerigi agar facewash yang kamu gunakan bisa benar-benar membersihkan sampai ke pori-pori.

     

    3. Gunakan toner

    Seperti artikel yang Cosmo pernah tulis sebelumnya, toner sangatlah penting dalam rutinitas pembersihan wajah. Selain dapat membersihkan sisa-sisa makeup, ia juga membantu mengembalikan keseimbangan pH di kulit wajah. Dengan menggunakan toner, kamu membantu mempersiapkan kulit wajahmu untuk dapat menerima skincare products yang akan kamu pakai setelahnya.

     

    4. Exfoliating sekali seminggu

    Sebenarnya untuk kulit berminyak, kamu boleh melakukan exfoliating atau pengelupasan lebih dari sekali dalam seminggu. Karena beruntusan disebabkan oleh minyak yang tersumbat oleh sel kulit mati. Untuk itu, diperlukan melakukan pengangkatan sel kulit mati agar permukaan wajah bisa menjadi rata dan minyak yang ingin keluar tidak tersumbat. 

     

    5. Kurangi penggunaan makeup

    Dengan mengurangi pemakaian tata rias, maka kamu juga akan mengurangi kemungkinan terbentuknya beruntusan. Selain karena kotoran dan polusi udara, beruntusan juga disebabkan oleh makeup yang menutupi pori-pori di kulit wajah. Usahakan untuk memakai tata rias seminim mungkin, sehingga beruntusan tidak terbentuk lagi di wajah. 

     

    6. Pakai moisturizer untuk kulit wajah

    Kebanyakan orang berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan pelembab bila mereka memiliki kulit berminyak yang menyebabkan beruntusan di wajah. Sebenarnya pemikiran yang demikian justru salah loh, girls. Jenis kulit apapun membutuhkan moisturizer untuk wajah namun sesuai dengan tipe kulitmu. Jika kamu tidak menggunakan moisturizer, maka kulitmu akan bekerja dua kali lebih keras untuk memproduksi minyak dan minyak tersebut akan merangsang terbentuknya beruntusan di wajah. So, pastikan kalian menggunakan moisturizer!

     



    7. Jangan berganti-ganti produk

    Seperti yang Cosmo sampaikan di awal, beruntusan juga bisa disebabkan oleh ketidak cocokan produk. Untuk menghindari hal ini, jangan terlalu sering berganti makeup products atau skincare products, girls! Cosmo tahu bahwa banyak sekali produk-produk baru yang ditawar di pasaran dan kamu ingin mencoba seluruh produk tersebut. Namun, butuh diingat bahwa kamu perlu untuk memberikan jeda waktu dua sampai tiga hari kepada kulit mukamu sebelum mencoba produk baru tersebut. Dengan demikian, kulit kamu tidak menjadi alergi atau memberi reaksi beruntusan.

     

    8. Gunakan serum wajah

    Serum wajah juga perlu digunakan untuk memberikan keremajaan pada kulit. Dengan begitu, kulitmu menjadi lebih mudah untuk menerima obat-obatan seperti benzoyl peroxide atau niacinamide, kandungan yang dapat mengurangi kemungkinan terbentuknya beruntusan. Pastikan juga bahwa kamu sudah menggunakan toner, sebelum kamu memakai serum wajah!

     

    9. Perhatikan urutan pemakaian skincare rutinmu

    Produk skincare yang tepat bila tidak digunakan sesuai dengan urutannya, bukan justru membantu, namun dapat menyumbat pori-pori. Contohnya, jangan gunakan serum setelah moisturizer karena molekul yang ada pada serum lebih kecil daripada molekul yang ada pada moisturizer. Sehingga molekul moisturizer yang lebih besar itu bisa menghalangi serum untuk terserap oleh wajah dan menyebabkan beruntusan. Urutan skincare yang tepat adalah: cleanser, facewash, toner, serum, moisturizer dan masker.

     

    10. Gunakan masker muka secara rutin

    Sekarang ini banyak sekali masker wajah yang ditawarkan di pasaran. Beberapanya antara lain adalah masker tea tree, aloe vera, honey, rosehip dan green tea. Produk-produk dengan kandungan tersebut dijamin dapat mengurangi bruntusan pada kulit wajah! Kamu bisa juga membuat masker buah-buahan sendiri menggunakan tips Cosmo berikut.


    Okay, girls! Selamat mencoba 10 cara di atas ya. Pastikan kamu menggunakan produk yang cocok dengan kulitmu dan tidak mengganti-ganti produk dalam jangka waktu pendek!


    (Doc.  subbotina©123RF.com)

    Illustrated by Maya Putri