Beauty

5 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

  by: Yemima Hutapea       11/11/2018
  • Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah yang cerah, girls? Pasti setiap kita ingin memiliki kulit wajah yang bersih, mulus dan cerah. Namun, seringkali perawatan yang ditawarkan di luar sana sangatlah mahal dan tak terjangkau. Biaya yang besar kadang membuat kamu menjadi putus asa untuk memiliki kulit wajah yang cerah. Eits, jangan menyerah dulu! Berikut Cosmo memiliki lima cara untuk mencerahkan kulit wajah secara alami. Apa saja? Ikuti tips di bawah ini: 


    1. Gunakan lemon. Buah lemon sangat kaya dengan anti-oksidan dan vitamin C yang baik untuk kulit wajah. Tak hanya itu saja, dalam buah lemon terdapat juga kandungan asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Caranya sangat mudah: Oleskan air lemon yang sudah diperas pada wajahmu dan diamkan selama 15 menit kedepan. Kemudian, bilas dengan air hangat maka wajahmu akan menjadi lebih segar dan cerah seketika! 




    2. Gunakan kulit buah jeruk. Selain buah lemon, ternyata jeruk juga memiliki manfaat untuk kulit wajah! Namun bukan air jeruknya saja yang kamu gunakan, justru kulit jeruklah yang ternyata memiliki lebih banyak kandungan vitamin C. Jadi buat kamu yang buah favoritnya adalah jeruk, jangan buru-buru  dibuang kulitnya! Kulit jeruk tersebut dapat kamu pakai sebagai masker wajah yang berguna untuk memutihkan wajahmu dan menghilangkan noda di wajahmu. Caranya: Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus. Setelah itu, campur dengan air hingga berbentuk pasta kemudian pada wajahmu yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat! Voila, anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan langsung memperbaiki kerusakan pada kulit wajah yang disebabkan oleh radikal bebas. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu!


    3. Pakai lidah buaya. Seringkali, penyebab wajah terlihat kusam dan muram adalah pembentukan melanin pada kulit wajah. Nah, lidah buaya memiliki kandungan yang menghambat melanin untuk terbentuk pada kulit wajah yaitu zat aloesin. Zat aloesin ini ada dindalam lidah buaya dan inilah alasan mengapa banyak produk pencerah wajah mengandung lidah buaya. Selain itu, lidah buaya juga mampu menjaga kesehatan dan keindahan kulit rambut loh, girls. Cara penggunaannya: Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit wajahmu. Diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air bersih. Sebaiknya kamu melakukan cara ini secara rutin pada pagi dan sore hari agar kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.


    4. Gunakan buah pepaya. Enzim papain yang ada dalam buah pepaya dapat membantu kulitmu untuk melakukan regenerasi. Vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam pepaya berguna sebagai anti-oksidan yang akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulitmu. Selain itu, buah pepaya juga bisa berfungsi sebagai sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah kamu, loh. Cara penggunaannya: Haluskan pepaya Setelah lembut, lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dengan rutin selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu maka kamu akan melihat perubahan kulit wajahmu menjadi semakin putih dan cerah secara alami!



    5. Manfaatkan daging buah alpukat. Buah alpukat memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda penuaan dini lainnya karena buah alpukat banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan UVA dan UVB dari sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal. Cara menggunakannya: Haluskan daging alpukat sampai lembut kemudian oleskan pada kulit wajah secara merataz Diamkan selama 25 menit dan setelah kering, bilas dengan air bersih!


    Nah, itu dia 5 tips dari Cosmo untuk mencerahkan kulit wajah secara alami! Kira-kira 5 hal ini bisa membantumu untuk memiliki kulit cerah dan juga membantumu untuk berhemat karena kamu tidak usah lagi perlu membeli produk-produk kulit pencerah wajah yang mahal! Selamat mencoba and say hello to a brighter skin, girls!



    (Image: doc. freepik.com)