Fashion

Koleksi Terbaru Onitsuka Tiger Diperagakan Di Tokyo!

  by: Astriana Gemiati       12/11/2018
  • Bagi penggemar sepatu sneakers tentu sudah tahu dong label sepatu asal Jepang, Onitsuka Tiger? Menjadi salah satu perusahaan sepatu tertua di Jepang yang sudah hadir sejak tahun 1966, Onitsuka Tiger bisa dibilang sepatu sneakers yang paling banyak diburu oleh para penggemarnya, lho! Sebut saja seri Mexico 66, Tiger Corsair, hingga koleksi Nippon Made.

    Nah, Cosmo menjadi salah satu media dari Indonesia yang berkesempatan bisa menyaksikan langsung koleksi terbaru “Onitsuka Tiger 2019 Spring/Summer Global Collection” di Tokyo, Jepang, pada akhir bulan Oktober lalu. Berikut Cosmo melaporkannya!

    Mengambil tempat di Okuma Auditorium, Waseda University, Jepang, di mana lokasi acara Onitsuka Tiger digelar tidak jauh dari Cosmo menginap – Rihga Royal Hotel Tokyo – . Cukup membutuhkan sekitar lima menit untuk mencapai lokasi tersebut dengan berjalan kaki, udara dingin malam hari di Tokyo tidak menyurutkan Cosmo untuk berhenti melangkah dikarenakan rasa antusiasme ingin segera hadir di pertunjukkan tersebut.



    Sesampainya di Waseda University, selain para awak media dari berbagai negara, Cosmo juga sempat melihat beberapa influencer Tokyo dan selebriti internasional, sebut saja Fiona Xie pemeran Kitty Pong di Crazy Rich Asia, Xu Bin (aktor dari Singapura), hingga Idris Khan (aktor dari Malaysia) yang turut hadir di event ini.


    ( Ki-Ka:Fiona Xie, Idris Khan, Xu Bin )

    Tepat menunjukkan pukul 20.00 waktu Tokyo, seluruh tamu undangan termasuk Cosmo dipersilahkan masuk. Tempat pertunjukan, Okuma Auditorium yang merupakan ruangan teater disulap menjadi panggung spektakuler namun tetap terkesan minimalis. Seluruh permukaan dinding dan lantai panggung dipagari dengan sebuah cermin yang besar untuk menciptakan ruangan “multidimensional”. Tema keragaman koleksi ini diekspresikan oleh Andrea Pompilio, desainer sekaligus creative director untuk Onitsuka Tiger, dengan menyandingkan tampilan klasik auditorium yang ditetapkan sebagai “properti budaya yang penting” di Jepang, melalui nuansa futuristik yang ditimbulkan oleh cermin. Wow… brilliant!


    Untuk koleksi “Onitsuka Tiger 2019 Spring/Summer Global Collection” sendiri, Andrea Pompilio mengungsung konsep “Summer of Love” yang dikembangkan dengan menggabungkan berbagai material bahan seperti denim, katun, hadirkan motif garis, hingga sequin yang mencuri perhatian. Kental dengan nuansa high streetwear-nya serta desain yang simpel dan nyaman untuk dipakai, koleksi terbaru Onitsuka Tiger hadir melalui desain jaket, celana pendek, hoodie, sweater, big bag, shirt, serta training, dan tentu saja sepatu sneakers dengan koleksi warna dan bentuk yang baru. Jika dilihat secara seksama, permainan warna biru, hitam, pink, kuning, hijau army, hingga hitam masih menjadi ciri khas dari koleksi Onitsuka Tiger.


    “Tahun ini koleksi terbaru Onitsuka Tiger 2019 Spring/Summer Global Collection, dikembangkan dengan kombinasi material, gambar, dan pola, dengan desain yang mengekspresikan masyarakat global multikular, tanpa batas, serta tidak memandang jenis kelamin, di mana manusia bisa saling menghargai perbedaan dan merayakan berbagai bentuk kasih sayang.” Ujar Andrea.


    Bahkan koleksi ikonik klasik yang sudah dimiliki Onitsuka Tiger, dihadirkan kembali oleh Andrea dengan energi dan nafas baru yang lebih modern. Cosmo sempat melihat hadirnya training warna kuning yang mengingatkan Cosmo pada pakaian yang dikenakan oleh Uma Thurman dalam film Kill Bill. Namun kali ini Andrea memberi sentuhan desain, logo, dan bahan, serta gaya yang lebih kekinian.


    Acara pagelaran Onitsuka Tiger tidak berhenti hanya di Okuma Auditorium saja, para tamu yang hadir kemudian digiring keluar dan harus menempuh ke lokasi selanjutnya dengan berjalan kaki yang hanya berjarak beberapa menit. Hmm.. kira-kira ada kejutan apa lagi ya!

    Cosmo mendapati sebuah taman yang besar, yang ternyata lokasi Rihga Royal Hotel Tokyo – tempat Cosmo menginap – diatur menjadi instalasi artistik yang unik, dengan model-model tak bergerak seperti mannequins hidup yang berdiri di atas kubikal dan berjejer rapih seolah membentuk seperti huruf L. Lalu para tamu undangan yang hadir dipersilahkan untuk bisa melihatnya lebih dekat koleksi Onitsuka Tiger 2019 Spring/Summer Global Collection yang sebelumnya sudah ditampilkan. Setelah itu, acara pun ditutup dengan segelas champagne dan dentuman musik oleh DJ. Yes.. let’s get the party started, ladies!





    Hari ke-2

    Cosmo dan para media lainnya dijadwalkan akan bertemu langsung dengan sang desainer sekaligus creative director untuk Onitsuka Tiger. Yap, siapa lagi kalau bukan Andrea Pompilio!


    Andrea tampil sangat sederhana, saat itu mengenakan baju putih, celana jeans robek dan tentu saja sepatu sneakers Onitsuka Tiger. Cosmo pun mengajukan beberapa pertanyaan kepada Andrea mengenai koleksi terbaru dari Onitsuka Tiger yang ditampilkan di hari sebelumnya.

    “Inspirasi saya datang setiap saya melakukan traveling. Saya mendapat ide dari orang-orang yang saya temui saat melakukan perjalanan, banyak sekali emosi dan energi. Maka dari itulah hampir semua koleksi yang saya ciptakan merupakan suatu energi baru. Saya ingin memberikan energi yang positif, bisa mengekspresikan diri dengan bebas, dan tentu saja orang memakainya terasa nyaman, tetap menonjol namun juga tidak berlebihan.” Tegas Andrea.

    Berlanjut ke agenda berikutnya…

    Mengenal lebih dekat dengan label sepatu Onitsuka Tiger, di hari yang sama Cosmo pun diajak berkunjung ke Onitsuka Tiger headquater yang terletak di daerah Shibuya, Tokyo.

    Bagi penggemar sepatu Onitsuka Tiger rasanya belum sah jika kamu tidak mencoba Onitsuka Tiger Custom yang hanya tersedia di Jepang saja. Dimana kamu bisa meng-custom sepatu dengan desain, material, dan warna sesuai selera masing-masing, lho! Saat itu, Cosmo pun langsung bergegas mencobanya!

    Cosmo diberikan sebuah iPad yang sudah dilengkapi aplikasi untuk membuat sepatu Onitsuka Tiger yang saat itu hanya tersedia seri Mexico 66 untuk di-custom. Dengan arahan salah satu staff-nya, Cosmo diajarkan cara memilih warna garis, warna dasar, hingga warna sol sepatu sesuai keinginan! Bahkan disini kamu juga bisa memilih langsung bahan yang disediakan, seperti suede, leather, hingga kulit bertesktur.


    Sepatu kamu juga semakin eksklusif, karena kamu bisa menambahkan tulisan nama kamu dengan bahasa Jepang di bagian samping luar sepatu. Hmm… fix ya, kalau sepatu kamu tidak akan tertukar dengan yang lainnya!

    Dikarenakan koleksi ini sangat terbatas dan membutuhkan beberapa proses dan waktu untuk membuatnya, Cosmo harus menunggu sekitar dua bulan untuk melihat hasilnya. So excited, right?

    Thank you Onitsuka Tiger!


    ( Image: Dok. Onitsuka Tiger & Dok. Cosmo, Layout: S. Dewantara )