Lifestyle

Mengintip Kisah di Balik Film A Man Called Ahok

  by: Kezia Calesta       12/11/2018
  • Diselenggarakan pada tanggal 5 November lalu, acara gala premiere film A Man Called Ahok sukses dipadati para penonton, media, dan penggemar! Film yang menceritakan latar belakang dari mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok ini ditampilkan untuk pertama kalinya di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan. Selain kehadiran sutradara Putrama Tuta dan film cast termasuk Daniel Mananta, Eric Febrian, Chew Kin Wah, Denny Sumargo, dan lain-lain, keluarga dan saudara kandung Ahok juga turut hadir untuk mendukung film yang diproduksi oleh The United Team of Art tersebut.






    Bila kamu pikir film ini merupakan sebuah film politik, that’s not true!A Man Called Ahok adalah sebuah film drama yang didesain untuk berinteraksi dengan para penontonnya. Saya menceritakan alasan bagaimana karakter Ahok terbentuk, dan saya menceritakannya dari sisi yang tidak diketahui orang banyak. Film ini bukan hanya mengenai bungkus dan tampilan kehidupan Ahok, tetapi mengenai isi dari kehidupan dan pentingnya nilai dari sebuah keluarga,” ungkap sang sutradara.




    "Saya akan menggambarkan cerita ini tanpa mengurangi alasan dan maksud sebenarnya mengapa ide film ini dibuat. Semudah untuk berkaca pada sejarah, serta mengembalikan rasa untuk mencintai tanah air," tutupnya.




    Dari banyaknya tokoh yang muncul di dalam cerita, karakter dan drama hubungan antara Ahok dan ayahnya menjadi sorotan utama dalam cerita karena Ahok pun tumbuh dengan nilai-nilai yang ditanamkannya sejak kecil.




    Film A Man Called Ahok berkisah di Gantong, kepulauan Belitung Timur sejak 1976 sampai Ahok menjadi bupati pada tahun 2005. Karena film biopik ini menceritakan pembentukan karakter Ahok dari masa kecil hingga dewasa, maka film A Man Called Ahok memiliki dua latar waktu berbeda dengan dua aktor untuk setiap tokoh yang dimainkan. Menurut Cosmo, Anda wajib menonton film ini jika ingin mengenal latar belakang Ahok dan kisah di balik sifat teguh yang dimiliki tokoh legendaris Indonesia ini.


    (Image: doc. United Team of Art / A Man Called Ahok / Instagram @amancalledahok)