Better You

5 Perubahan Kamar Ini Membuat Tidur Lebih Nyenyak

  by: Kezia Calesta       13/11/2018
  • Sering mengalami insomnia? Ada beberapa perubahan yang dapat kamu lakukan di dalam kamar untuk membantu tidur nyenyak. Simak tips berikut dari Cosmo!


    1. Bereskan kamar.

    Menjaga kamar untuk tetap rapi memang tidak selalu mudah, namun kebiasaan tersebut dapat memberikan efek yang baik terhadap mood dan produktivitas Anda. Did you know? Otak kamu selalu mencatat keadaan sekitar dan menyimpan informasi tentang apa yang dilihat oleh mata. Karena itu, kamar yang berantakan dapat mengakibatkan tidur yang kurang nyenyak.



     

    2. Bersihkan ruang di bawah ranjang.

    Karena kamu sering berkeringat saat tertidur, kasur dapat akan menyerap kelembapan tersebut - dan menyimpan banyak barang di bawahnya akan menghambat sirkulasi udara di bawah kasur. Apakah kamu sering bersin berkali-kali pada pagi hari? Mungkin kamu alergi akan debu yang terkumpul di bawah ranjang atau di dalam karpet berbulu yang berada di tengah ruangan. Waduh!



    3. Hindari jam digital yang terang.

    Mesin elektronik yang memancarkan sinar seperti jam digital dapat menghambat tidur yang nyenyak, lho. Riset juga menunjukkan bahwa menyingkirkan LED display dapat meningkatkan kualitas tidur kamu!



     

    4, Matikan semua perangkat elektronik.

    Kecuali AC, tentunya. Maksud Cosmo adalah laptop, televisi, speaker, dan smartphone! Ternyata, blue light yang dipancarkan dari belakang layar televisi dan smartphone menahan hormon melatonin yang membuat Anda mengantuk. Bahkan, riset telah membuktikan bahwa blue light dapat menurunkan produksi melatonin sebanyak 91 persen! So, jika Anda mau tidur dengan nyenyak, matikan gadget 30 menit sebelum Anda ingin tidur. Bosan? Bacalah sebuah novel atau majalah Cosmo sebelum tidur!


    5. Gunakan pewangi kamar yang tepat.

    Ada berbagai wewangian bersifat calming yang baik untuk relaksasi tubuh. Wangi lavender, vanila dan jasmine dapat mengurangi stres dan memberikan kualitas tidur yang lebih baik, maka ada baiknya kamu menyediakan lilin aromaterapi atau essential oil dengan wangi tersebut di kamar. Cosmo juga menyarankan kamu untuk menikmati salah satu dari 4 minuman berikut yang bisa membuat tidurmu lebih nyenyak.


    (Image: doc. Lesia Sementsova©123RF.com)