Better You

Hindari 7 Makanan Penyebab Perut Buncit Berikut!

  by: Giovani Untari       20/11/2018
  • Cosmo tahu banget kalau salah satu hal yang paling menyebalkan sekaligus ditakuti oleh para wanita adalah perut buncit. Perut buncit sendiri ternyata tidak sekadar mengganggu penampilan kamu, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan lho! Bagi kamu yang ingin memiliki perut rata bak model Victoria's Secret, ada baiknya menghindari tujuh makanan ini ya, girls. Time to find out!


    1. Junk Food





    Meskipun punya banyak inovasi dan praktis bagi wanita urban, tetapi junk food bisa menjadi salah satu makanan yang bikin perut kamu buncit girls! Junk food sendiri umumnya diolah dengan cara deep fried sehingga memiliki kandungan minyak berlebih di dalamnya. Selain itu, junk food juga isinya berupa produk olahan yang minim serat sehingga membuat perut kamu buncit dan ususmu sulit mencernanya. Tak sampai di sana, junk food pun memengaruhi metabolisme dan kondisi perutmu secara keseluruhan. Kamu juga bisa dapat banyak manfaat jika berhenti makan junk food, lho!


    2. Produk Dairy dan Susu 



    Produk dairy dan susu memiliki kandungan laktosa yang berpotensi membuat perut kamu buncit. Di dalam laktosa terdapat enzim laktase, dan permasalahannya adalah semakin bertambahnya usia tubuh kita semakin sulit dalam menyerap laktase. Beberapa produk dairy dan susu juga mengandung tinggi lemak yang juga sulit dicerna tubuh sehingga perutmu buncit. Jadi bagi kamu yang suka dengan produk dairy dan susu tapi tidak ingin perutmu buncit, ini saatnya kamu beralih ke produk susu dari bahan nabati seperti susu almond atau susu kacang kedelai.


    3. Potato Chips



    Potato chips memang menjadi salah satu snack yang punya rasa lezat dan bikin kita ketagihan, girls. Tapi faktanya potato chips biasanya diolah dengan hydrogenated oils yang menyebabkan lemak jahat dalam tubuh. Lemak jahat tersebut pada akhirnya mampu menimbulkan kolesterol, serangan jantung, dan kelebihan lemak dalam tubuh. Sebagai opsi, kamu bisa mencoba pilihan yang lebih sehat untuk tubuhmu seperti potato chips yang diolah dengan cara dipanggang.


    4. Jus Buah Olahan


    via GIPHY




    Sebagian dari kita menganggap bahwa minum jus buah olahan dalam kemasan yang mudah ditemukan di supermarket sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Tetapi tanpa disadari bahwa jus buah olahan tersebut mengandung kadar gula yang tinggi. Dengan kondisi tersebut akhirnya memicu insulin dalam tubuh kamu dan membuat perut kamu buncit. 


    5. Makanan yang Mengandung Tinggi Tepung


    Tak bisa dipungkiri juga girls, jika makanan yang mengandung tinggi tepung menjadi salah satu makanan berikutnya yang bisa membuat perut kamu buncit. Saatnya mengganti nasi putih dan makanan yang mengandung tepung berwarna putih seperti roti putih dengan alternatif brown rice atau roti gandum. Hal ini karena makanan dengan tepung yang berwarna putih jika dikonsumsi secara terus menerus bisa menjadi lemak pada perut dan membuat kamu buncit.


    6. Soda



    Beralih ke menu berikutnya yang wajib kamu hindari agar perutmu tidak buncit adalah soda. Biarpun minuman ini menyegarkan, tetapi soda mengandung gula tinggi dan membuat metabolisme dalam tubuhmu buruk. Akhirnya tubuh jadi sulit dalam mencerna makanan dan berakhir dengan perut yang buncit. Yuk, cari tahu lebih dalam lagi apa saja efek minum soda terhadap tubuhmu, girls


    7. Makanan dan Minuman Beralkohol



    Alkohol mampu membuat perutmu buncit dan merasa bloating. Alkohol juga mengurangi kadar air dalam tubuh kamu, sehingga menimbulkan simpanan air dan gas yang berlebihan pada perut kamu. Nggak heran pada akhirnya perut kamu terasa buncit.


    Images: Dok. Mykola Kravchenko¬©123RF.com, Giphy.com.