Lifestyle

4 Resep Masker Putih Telur yang Pas untuk Tipe Kulitmu

  by: Kezia Calesta       24/11/2018
  • Apa sih, yang membuat putih telur sangat bermanfaat untuk kulit? Girls, putih telur tidak hanya bisa mengencangkan kulit, tetapi juga menangani minyak dengan mengecilkan pori-pori di permukaan wajah. Ditambah lagi, putih telur mengandung enzim lysozyme yang membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Berikut adalah 6 manfaat masker putih telur untuk kecantikan kulit.


    Did you know? Sejak ratusan tahun yang lalu, masker putih telur sudah dianggap sebagai salah satu perawatan kulit yang paling manjur, khususnya di Asia. Nah, kamu memang bisa membuat masker dengan putih telur saja, namun sebenarnya kamu juga bisa menambah bahan alami lainnya untuk membuat khasiatnya lebih ampuh bagi tipe kulitmu! Berikut adalah resep yang Cosmo kumpulkan untuk kamu.




    1. Acne-Clearing Egg White Face Mask

    Girls, apakah kamu memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat? Kamu bisa menambahkan sari jus lemon dan madu ke dalam masker putih telurmu untuk menghilangkan minyak berlebih dan jerawat yang menyebalkan. Madu mengandung antiseptik dan kandungan anti-bakteri yang juga berguna sebagai moisturizer, sedangkan jus lemon mengandung zat kuat yang melawan bakteri dan menyegarkan kulit.


    Ingredients:
    - 1 putih telur
    - 1 sendok teh jus lemon segar
    - ½ sendok teh madu


    1. Kocok putih telur dengan jus lemon di sebuah mangkok bersih hingga campuran tersebut berbusa. Tambahkan madu dan aduk hingga rata.

    2. Bilas wajahmu dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Dengan tangan bersih atau bola kapas, aplikasikan masker ke wajah (hindari area sensitif sekitar mata dan mulut, ya).

    3. Saatnya untuk bersantai! Tinggalkan masker selama 10-15 menit sampai masker sudah mengering di wajah. Bilas wajah dengan lembut menggunakan air hangat, kemudian keringkan wajah dengan handuk. Feel your smooth skin now!


    2. Hydrating Egg White Face Mask

    Siapa bilang masker putih telur hanya cocok untuk kulit berminyak? Cosmo telah menemukan egg white mask yang cocok untuk kulit kering, lho! Dengan kandungan buah alpukat yang kaya vitamin, protein dan riboflavin, kulit wajahmu akan terhidrasi. Tambahkan yogurt untuk mengusir bakteri yang menyebabkan jerawat dan menyehatkan kulit kering. Glowing skin? Yes please!


    Ingredients:
    - 1 putih telur
    - ¼ alpukat matang
    - 1 sendok teh yogurt


    1. Gunakan garpu untuk menumbuk buah alpukat hingga halus. Tambahkan putih telur dan yogurt, aduk hingga rata.

    2. Oleskan masker di wajah dengan tangan bersih, diamkan selama 15 menit.

    3. Bilas masker dengan air hangat, kemudian keringkan wajah dengan handuk. Yay, soft skin!


    3. Nourishing Egg White Facial Mask

    Bila kamu ingin menyehatkan kulit wajah, kamu bisa mendapat khasiat dari ekstrak anggur yang kaya akan antioksidan, vitamin C dan properti anti-aging. What's not to love?




    Ingredients:
    - 1 putih telur
    - 6-7 buah anggur


    1. Masukkan buah anggur dan putih telur ke dalam blender, lalu campurkan hingga rata dan biji-biji anggur hancur. Dengan ini, kamu pun akan mendapat ekstrak grapeseed oil yang bernutrisi!

    2. Blender hingga berbusa, lalu gunakan facial brush untuk mengoles masker ke leher dan wajah. Oles dengan gerakan dari bawah ke atas, ya.

    3. Tinggalkan selama 15 menit sebelum membilas wajah dengan air hangat. Setelah mengeringkan wajah dengan handuk, gunakan moisturizer di wajah sebelum beraktivitas!

     


    4. De-Puff Egg White Eye Mask

    Yes, putih telur juga berguna untuk menyegarkan mata yang sembab atau lelah akibat kurang tidur. Rahasianya adalah kombinasi putih telur dengan bubuk kopi segar yang mengandung kafein!


    Ingredients:
    - 1 putih telur
    - 2 sendok teh bubuk kopi segar


    1. Campurkan putih telur dengan bubuk kopi di dalam mangkuk, lalu kocok campuran tersebut hingga berbusa selama satu menit.

    2. Dengan tangan bersih atau brush, oles masker sekitar daerah mata sambil menghindari kelopak mata. Biarkan selama 10 menit. If you want, kamu juga bisa mengoles masker ke seluruh wajah!

    3. Masker ini akan membuat kulitmu terasa ketat, maka jika wajahmu terasa tidak nyaman, kamu bisa membilasnya sebelum 10 menit tersebut berakhir.

    4. Gunakan air hangat dan handuk untuk membersihkan masker, lalu gunakan moisturizer di wajah sebelum beraktivitas.


    So, masker putih telur mana yang sepertinya cocok dengan tipe kulitmu? Selamat mencoba, ya!

    (Image: doc. Evgeniya Kramar©123RF.com)