Beauty

Ini Yang Perlu Kamu Lakukan Untuk Atasi Rambut Rontok!

  by: Astriana Gemiati       25/11/2018
  • Apa yang harus dilakukan ketika mahkota kamu mengalami kerontokan...


    Mari hadapi, melihat setiap jumlah rambut yang patah perlahan-lahan jatuh dari kulit kepala adalah hal yang menakutkan. Memang ada hubungan emosional tersendiri antara rambut dan diri kamu saat mengatakan “bad hair day”. Lalu apa yang terjadi ketika kamu merasakan helai rambut sudah mulai berkurang hingga rontok dalam genggaman tangan kamu? Oh no.. Mayday mayday!




    WHAT'S NORMAL?

    Pertama, jangan malu dan diam saja – hello, kamu tidak sendirian! Menurut laporan, 64 persen wanita Asia akan mengalami beberapa jenis rambut rontok dalam hidup mereka. Melalui penelitian dengan perolehan data cepat di toko 'serba ada' dalam kategori produk rambut, ini bukan lagi sekedar tentang mencari produk rambut untuk mengatasi frizzy hair atau memperbaiki rambut rebonding kamu. Kebanyakan label produk rambut sudah menawarkan untuk lebih fokus kepada produk perawatan seperti hair serum atau produk untuk mengatasi masalah rambut. Kerontokan rambut kini bukan lagi dianggap sebagai rahasia yang memalukan. Yang kamu harus lakukan adalah menghadapinya. Kamu bisa mencoba menggunakan produk-produk rambut yang menawarkan solusi untuk mengatasi dan mencegah kerontokan saat memulai untuk merawat mahkota.


    Ladies, penting untuk dicatat bahwa kita pasti akan mengalami kerontokan rambut yang normal sebagai bagian dari siklus alami rambut. Siklus rambut kamu akan tumbuh sekitar satu sentimeter per bulan selama dua hingga lima tahun. Ada masa fase transisi pendek sebelum tahap istirahat dimulai yaitu dimana rambut tidak mengalami pertumbuhan selama tiga bulan, namun tetap melekat pada kulit kepala kamu. Jika kamu benar-benar sehat dan rambut kamu berfungsi sebagaimana mestinya, maka normalnya wanita akan mengalami kerontokan rambut antara 50 dan 150 helai per hari. Fiuuh, ternyata banyak juga ya, ladies!


    Must To Know!

    Tidak semua rambut yang kamu temukan di sisir atau meja riasmu berasal dari sumber yang sama. Berikut jenis-jenis rambut rontok yang perlu kamu ketahui!


    #1. Trikotilomania

    Punya kebiasaan mencabuti helai-helai rambut? Stop deh dari sekarang. Ini merupakan gejala salah satu tanda gangguan psikologis kerontokan rambut akibat mencabuti rambut sendiri. Oh, No!


    #2. Alopecia Areata

    Kerontokan rambut pada area tertentu di bagian kepala. Biasanya terjadi di usia anak-anak dan remaja. Dalam beberapa tahun kemudian pada akhirnya mengalami kebotakan dan hanya 90% yang rambutnya bisa tumbuh kembali.


    #3. Alocepia Universalis

    Jenis kerontokan rambut yang mengalami hampir seluruh rambut yang ada di seluruh tubuhnya.


    #4. Alopecia Involusional

    Kerontokan rambut normal yang tidak bisa dihindari oleh semua orang. Rambut kita akan menipis secara bertahap seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia.


    #5. Alopecia Androgentik

    Kerontokan rambut yang berpengaruh dari kondisi genetik. Jika pria mengalami kerontokan di usia 20-an, sedangkan wanita biasanya baru dimulai saat usia 40-an.


    INSTANT BOOSTER

    Setidaknya, kamu bisa mencoba lima produk rambut berikut ini yang akan bantu mengatasi masalah kerontokan rambut!


    #1. PANTENE Shampo Perawatan Rambut Rontok

    Pantene Shampo Perawatan Rambut Rontok

    Perawatan rambut yang benar tentu dimulai dengan penggunaan sampo yang tepat. Untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, diperlukan sampo yang menutrisi untuk membantu mengatasi rambut rontok dan merawat rambut. Produk ini bisa jadi andalan kamu nih! Sampo ini mengandung teknologi Keratin Damage Blockers yang membantu mencegah rambut patah akibat kerusakan dan memperkuat rambut dari akar hingga ke ujung, sehingga rambut rontok berkurang hingga 98% jika digunakan secara ruti




    BACA JUGA: DIY Masker Alami untuk Menebalkan Rambut


    #2. Kérastase - Serum Extentioniste 50ml

    Kérastase - Serum Extentioniste 50ml

    Dibekali oleh kandungan ceramide yang akan menutrisi akar dan bibir rambut dari dalam, serta mengedepankan teknologi salah satunya creatine R untuk memastikan rambut akan bantu tumbuh empat sentimeter dalam tiga bulan.


    #3. Serasoft Shampoo Hair Fall Treatment Rp21.000,-

    Serasoft Shampoo Hair Fall Treatment

    Sampo yang dibekali unik dengan DGA serum dan bahan alami sophora root, mampu menutrisi dari dalam untuk merawar kekuatan helai rambut yang memperkuat akar rambut dan bantu mengurangi kerontokan.


    BACA JUGA: 7 Rekomendasi Produk Sampo untuk Rambut Rontok


    #4. Phytophanère Dietary Supplement Hair&Nails - 120 Capsules

    Phytophanère Dietary Supplement Hair&Nails - 120 Capsules

    Suplemen yang memperkuat penipisan rambut dan kuku yang rapuh. Formula ekstrak bir ragi, borage oil, dan zinc serta omega 3, tak hanya akan bantu meningkatkan pertumbuhan namun juga mengembalikan cahaya alami pada kulit.


    #5. TRESemmé Scalp Care Shampoo Rp39.000,-.

    TRESemmé Scalp Care Shampoo

    Diperkaya dengan Vitamin E dan Zinc Essence yang merawat kulit kepala, membersihkan, serta menutrisi rambut untuk cegah ketombe dan rambut rontok.


    #6. Furatasse, Scalp Essence Tonic Rp520.000,-.

    Furatasse, Scalp Essence Tonic

    Selain memberikan efek relaksasi pada kepala, tonik rambut ini juga memiliki ph balance yang juga mencegah kerontokan rambut dan bantu hilangkan ketombe.


    ( Image: Dok. Cosmo, Layout: S. Dewantara )