Beauty

Skincare Routine Untuk Kulit Berjerawat

  by: Yemima Hutapea       26/11/2018
  • Hi, girls! Banyak dari kamu yang mungkin memiliki kulit sensitive atau kulit mudah berjerawat. Cosmo ingin memberikan kepada kamu skincare routine yang bisa kamu lakukan setiap hari agar jerawatmu bisa berkurang dan juga untuk menghindari jerawatmu dari muncul kembali!

    Ohiya, skincare routine ini harus kamu lakukan secara berurutan dan jangan sampai ada yang terlewat ya, supaya kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal!




    1. Bersihkan tata rias dengan gel/water based makeup cleanser

    Seperti yang diketahui, penyebab utama munculnya jerawat adalah proses pembersihan makeup yang kurang tuntas. Sisa-sisa dari makeup yang ada pada kulit wajahmu akhirnya menyumbat pori-pori dan membuat lemak di wajah susah keluar.

    Untuk menghindari jerawatmu dari muncul kembali, kamu harus memastikan bahwa kamu membersihkan makeup di wajah sampai tuntas! Karena kulit berjerawat pada umumnya memiliki kulit berminyak, pastikan kamu membersihkan wajahmu dengan makeup remover yang berbasis air atau gel.

    Jika kamu membersihkan mukamu dengan oil atau cream, dikhawatirkan wajahmu akan semakin banyak memproduksi minyak dan mudah berjerawat. Jadi, pastikan untuk mencari makeup remover yang berbasis gel ya!


    2. Pilih facewash yang non-comedogenic untuk kulit kamu

    Setelah membersihkan tata rias dari wajahmu, penting untuk melakukan double cleansing. Karena kamu memiliki kulit yang mudah berjerawat pilih facewash yang tertera tanda non-comedogenic pada labelnya. Jangan gunakan facewash yang terlalu keras.

    Banyak facewash yang mengklaim sebagai penyerap minyak, namun eits tunggu dulu girls, tidak semua minyak buruk bagi kulit kita. Justru kulitmu tetap memerlukan minyak alami! Jika kamu menggunakan facewash yang turut menyerap minyak alamimu, maka kulitmu sebaliknya akan berjerawat karena kelenjar minyakmu akan berusaha untuk memproduksi minyak lebih banyak.

    Cosmo anjurkan untuk memakai facewash yang berbentuk foam cleanser sehingga aman dan ringan bagi kulitmu namun tetap mujarab membersihkan kuman!


    3. Lakukan scrub 2-3 kali dalam seminggu

    Girls, tahap yang satu ini juga sangat penting untuk dilakukan. Kulitmu setiap harinya membentuk lapisan sel kulit mati. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan eksfoliasi. Salah satu cara untuk eksofiliasi adalah dengan menggunakan scrub.

    Banyak scrub yang tersedia di pasaran, namun Cosmo sarankan agar tidak memilih butiran scrub yang terlalu keras. Dengan demikian, kamu juga tidak akan membuat kulitmu menjadi iritasi. Pilih exfoliant scrub yang bisa digunakan 2-3 kali seminggu. Ingat, jangan lakukan scrub setiap hari!

    Sangat tidak dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi setiap hari. Adanya, kulitmu akan menjadi semakin sensitive. Jadi, selingkan scrub dengan facewash-mu setiap harinya. 


    4. Gunakan toner tea tree/witch hazel setelah membersihkan wajah

    Tea Tree dan Witch Hazel sangatlah baik untuk kulit berminyak. Sebelum ada produk-produk yang memiliki kandungan seperti Benzoyl Peroxide atau Niacinamide, masyarakat di zaman dahulu kala menggunakan bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan untuk mengobati kulit berjerawat.

    Witch Hazel adalah salah satu jenis tanaman berbunga yang hanya bisa didapatkan di benua Amerika Utara dan negara Jepang. Sedangkan, Tea Tree, sesuai namanya adalah  pohon teh Melaleuca Alternifolia yang aslinya berasal dari Queensland Tenggara dan pantai timur laut New South Wales, Australia. Keduanya berfungsi sebagai dekompresi dan desinfektan yang unik.



    Saat digunakan, tea tree dan witch hazel akan ‘menyapu bersih’ minyak berlebih pada wajahmu yang berjerawat. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir lagi akan efek samping yang mungkin terjadi bila kamu menggunakan toner!


    5. Pakai serum yang mengandung Hyaluronic Acid

    Girls, Hyaluronic Acid diketahui sangat baik untuk kulit wajahmu. Selain meremajakan kulit, Hyaluronic Acid juga membantu untuk mengempeskan jerawat yang sedang aktif. Kamu bisa menggunakan Hyaluronic Acid sebagai serum. Setelah menggunakan makeup remover, facewash dan toner, tahap selanjutnya adalah serum!

    Perlu dicatat, bahwa urutan skincare sangatlah penting karena kamu tidak ingin produk skincare-mu tidak terserap dengan baik oleh kulit wajahmu. Bila serum yang kamu gunakan berbentuk cair, maka gunakan serum sebelum moisturizer. Namun, bila serum yang kamu gunakan lebih berbentuk padat atau kental, maka gunakan setelah memakai moisturizer!


    6. Pilih Moisturizer yang tidak pekat!

    Siapa bilang bahwa kulit berjerawat tidak membutuhkan moisturizer? Sebenarnya anggapan ini salah, girls. Kulit berminyak atau berjerawat juga tetap membutuhkan moisturizer namun yang sesuai dengan jenis kulit tersebut. Untuk kulit yang mudah berjerawat, dianjurkan untuk memilih moisturizer yang tidak terlalu pekat atau creamy. Contohnya, pilih moisturizer berbasis gel seperti aloe vera.

    Kamu juga bisa menggantikan moisturizer-mu dengan masker di malam hari! Sekarang ini banyak sekali kok moisturizer dalam bentuk aloe vera yang bisa kamu gunakan.


    7. Aplikasikan Sunblock di pagi hari

    Jika kamu melakukan skincare routine di pagi hari, maka tahap terakhir yang harus kamu lakukan adalah menggunakan sunblock! Tabir surya sangatlah penting untuk diaplikasikan pada wajah karena sinar UVA dan UVB dari matahari berbahaya bagi kulit dan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

    Jika kamu menggunakan foundation yang sudah mengandung SPF, kamu tetap harus menggunakan tabir surya karena SPF yang ada pada foundation biasanya hanyalah 30 SPF. Sedangkan, minimum kita membutuhkan SPF 50.

    Nah, gimana girls? Sudah tidak bingung lagi kan produk dan urutan skincare yang harus kamu terapkan bagi kulit berjerawatmu! Selamat mencoba ya!


    Doc. Image: edwardderule©123RF.com 

    Illustrated by Dewantara