Beauty

Gak Perlu Ribet! Ini Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

  by: Yemima Hutapea       27/11/2018
  • Girls, hal yang paling menyebalkan setelah jerawat sudah hilang adalah bekas yang ditinggalkannya. Ugggh, rasanya bikin kesal ya. Apalagi jika bekas itu terlihat jelas di area pipi atau dahi. Biasanya bekas jerawat yang tertinggal itu tidak bisa dihilangkan oleh obat jerawat biasa. Berikut ini Cosmo akan memberikan beberapa tips cara alami memudarkan bekas jerawat pada wajah yang bisa kamu lakukan di rumah!


    1. Rendam kantong teh hijau dalam air panas lalu setelah dingin, gunakan air tersebut untuk mencuci muka

    Rendaman Kantong Teh Hijau Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

    Girls, green tea diketahui memiliki anti-oksidan yang sangat tinggi. Sehingga, kamu bisa menggunakan ekstrak daun teh hijau ini untuk mengurangi bekas merah yang ditinggalkan oleh jerawatmu. Selain itu, green tea juga bisa membantu untuk mencegah jerawat baru muncul kembali




    2. Campurkan gula atau garam dengan minyak kelapa dan diamkan selama beberapa menit pada wajahmu

    Campurkan Gula atau Garam dengan Minyak Kelapa Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

    Seperti yang kamu ketahui, minyak kelapa mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya, minyak kelapa dapat menghilangkan bekas jerawat. Karena kulitmu membentuk lapisan sel kulit mati setiap harinya, seringkali bekas jerawat itu muncul di permukaan sel kulit mati. Untuk menghilangkan bekas jerawat ini, kamu perlu melakukan eksfoliasi. Salah satu cara melakukan eksfoliasi secara alami adalah dengan menggabungkan minyak kelapa dengan garam atau gula. Setelah kamu campurkan, oles pada wajah, tunggu beberapa menit dan bilas dengan air! Voila, wajahmu akan cerah seketika!


    3. Gunakan oatmeal dan madu sebagai eksfoliasi yang lebih ringan

    Oatmeal dan Madu Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

    Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, mungkin kamu tidak ingin menggunakan gula atau garam sebagai bahan eksfoliasi. Kamu bisa menggunakan oatmeal dan madu yang sudah dicampurkan kemudian diamkan selama beberapa menit pada wajahmu dan bilas dengan air hangat! Trik ini juga berhasil membuat wajah lebih kencang dan kenyal.


    4. Letakkan potongan buah mentimun pada wajah

    Irisan Mentimun Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

    Buah mentimun sangatlah kaya dengan vitamin magnesium. Vitamin ini berfungsi untuk membentuk sel kulit baru. Lapisan sel kulit baru yang terbentuk akan menggantikan sel kulit lama yang sudah rusak. Cara untuk menggunakan buah mentimun ini cukup mudah. Potong-potong buah mentimun menjadi beberapa bagian dan letakkan di atas area yang memiliki bekas jerawat. Tunggu selama 30 menit dan kemudian kamu bisa melanjutkan dengan skincare routine-mu!


    5. Peras satu buah lemon yang masih segar dan oleskan di bagian memiliki bekas jerawat

    Perasan Buah Lemon Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

    Girls, buah lemon selain kaya akan vitamin C juga memiliki agen kolagen yang sangat baik untuk kulit wajah, loh. Oleh karena itu, jika kamu memiliki bekas jerawat, perasan air buah lemon bisa digunakan sebagai serum. Cukup ambil satu buah lemon yang masih segar, potong buah lemon menjadi dua, kemudian peras dan taruh dalam sebuah mangkok. Oleskan perasan buah lemon tersebut pada daerah yang memiliki bekas jerawat dan diamkan sampai pagi!


    6. Oleskan jojoba oil atau rosehip oil pada seluruh muka

    Jojoba Oil Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

    Mungkin kamu takut saat mendengar kata oil. Apalagi jika jenis kulitmu adalah kulit berminyak. Namun, jojoba oil atau rosehip oil berbeda, keduanya mengandung seabuckthorn yang berfungsi mengurangi inflamasi dan juga menyamarkan noda merah pada kulit wajah. Oleh karena itu, jojoba oil dan rosehip oil ini masih tergolong produk skincare alami. Kamu bisa mendapatkan kedua minyak ini di toko organik dan menggunakannya sebagai pengganti makeup remover sekaligus obat penghilang bekas jerawat!




    7. Gunakan raw manuka honey sebagai masker

    Masker Raw Manuka Honey Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

    Raw manuka honey dikenal sebagai salah satu madu alami yang bisa menghilangkan bekas jerawat oleh karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Kamu bisa mencampur raw manuka honey ini dengan kayu manis atau kunyit. Lalu, diamkan selama beberapa menit. Setelah kering, bilas wajahmu dan kamu akan melihat noda-noda di wajah mulai memudar.


    8. Tempelkan kentang yang sudah diiris-iris pada wajah

    Kentang yang di iris Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

    Selain mentimun, kentang juga mengandung vitamin dan mineral yang mampu menyembuhkan kulit wajah dan menghilangkan bekas jerawat serta flek hitam. Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Cukup iris-iris kentang menjadi beberapa bagian dan tempelkan pada area yang berbekas. Jangan lupa untuk mencuci kentang terlebih dahulu sebelum dipakai!


    9. Gunakan aloe vera sebagai moisturizer

    Aloe Vera atau Lidah Buaya Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

    Tumbuhan satu ini memang sudah tidak asing lagi khasiatnya. Selain banyak digunakan untuk memperpanjang rambut hingga bulu mata, aloe vera juga berfungsi sebagai penghilang bekas jerawat. Tumbuhan satu ini mengandung zat aloesin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Sehingga, jika kamu memiliki flek hitam atau noda jerawat yang membandel, kamu dapat menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam tersebut dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang bermasalah.


    Nah, itu dia cara memudarkan bekas jerawat secara alami dari Cosmo yang bisa kamu lakukan di rumah. Kira-kira mana cara yang ingin kamu coba terlebih dahulu? Coba beritahu Cosmo hasilnya ya!


    (Image: Dok. Foodie Factor, Rawpixel, Pixabay on pexels.com , Illustrated by Maya Putri)