Lifestyle

Liburan ke India? Baca Dulu Tips dari Naya Anindita

  by: Yemima Hutapea       28/11/2018
  • Keindahan istana Taj Mahal, kelezatan roti canai, dan aroma wangi dari Masala Tea pasti akan membuat kamu terpikat dengan negara dengan penduduk terbesar ketiga di dunia ini. Sebelum kamu membeli tiket untuk pergi ke India, simak dulu perbincangan Cosmo dengan salah satu travel blogger handal, Naya Anindita.





    Cosmo (C): Why India? Apa daya tarik utama dari negara tersebut menurut kamu?

    Naya (N): Daya tarik kota-kota di India adalah keragaman budaya dan kotanya yang penuh dengan warna.


    C: Menurut kamu mengapa orang-orang harus berkunjung ke India?

    N: Sebutan yang tepat untuk India adalah "Beauty in its chaos". Di balik keriuhan jalanan yang penuh dengan bajaj, sapi, mobil dan kemacetan, ada keindahan dari Amber Palace di Jaipur, makanan khas India yang eksotis serta alam Ladakh yang memiliki unsur magis yang menjadi alasan utama kenapa traveler wajib mengunjungi India.


    C: Adakah momen terunik yang kamu alami selama berada di tempat tersebut?

    N: Banyak sekali kejadian yang saya alami ketika traveling ke India. Pertama, saat saya sampai New Delhi, saya dan rekan dibawa oleh supir taksi berkeliling karena ia tidak ingin menggunakan Google Maps. Alhasil setiap di tengah jalan, kami harus berhenti dulu untuk bertanya dengan orang sekitar. Saat kami sampai di Jaipur, hari itu bertepatan dengan tanggal 10 Muharram dan biasanya umat Islam di India merayakan 10 Muharram. Kami berusaha mencari tempat yang nyaman untuk melihat festival 10 Muharram, kemudian ada seorang pemuda yang menawarkan kami untuk menonton di atap rumahnya bersama keluarganya. Kami sempat berpikir negatif, ternyata dugaan kami salah. Kami justru dijamu dengan hidangan ringan khas India dan keesokannya kami diundang makan oleh sang keluarga. Sampai sekarang kami masih berhubungan baik dengan mereka di Facebook.


    C: Bagaimana transportasi di negara tersebut?

    N: Karena saya traveling ala backpacker, maka saya menggunakan bajaj dan taksi sebagai alat transportasi. Di New Delhi, tersedia MRT dan penjelasan yang mendetail tentang cara menggunakan MRT. Kekurangan dari bajaj dan taksi adalah tarif yang kadang dinaikkan karena saya adalah seorang turis. 


    C: Adakah kesulitan yang kamu alami ketika berada di sana?

    N: Sama seperti negara lain yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, kesulitan saya adalah berkomunikasi dengan orang-orang sekitar karena tidak semua orang mengerti bahasa Inggris.


    C: Di mana rekomendasi terbaik untuk menginap?

    N: Tergantung dengan bujet yang dimiliki. Jika ingin pengalaman yang mewah, kamu bisa mencoba menginap di Oberoi Agra dengan kisaran harga Rp4.000.000,- per malam. Jika bujet terbatas, kamu bisa menginap di Kamal Hotel yaitu hotel bintang dua dengan harga sekitar Rp200.000,-/malam. Di sini kamu bisa menikmati sarapan di atap dengan pemandangan Taj Mahal. Di Varanasi, kamu bisa menginap di Palace On Step yaitu penginapan yang persis berada di sungai Gangga dengan harga sekitar Rp400.000,-/malam. Kamu bisa juga eksplorasi Varanasi hanya dengan berjalan kaki sambil menyusuri Sungai Gangga. Jika berkunjung ke Leh, kamu juga bisa menginap di Skyland Guest House dengan kisaran harga Rp500.000,-/malam. Kamu juga dapat merasakan tinggal bersama warga lokal yang sangat ramah dan hangat seperti terasa di rumah keluarga sendiri. 



    C: Apa yang biasanya menjadi pertimbangan utama dalam memilih tempat tinggal selama travelling?

    N: Biasanya saya melihat dari segi lokasi. Apakah tempat tersebut dekat dengan lokasi yang ingin saya kunjungi? Paling tidak, tempat tersebut dekat dengan transportasi publik jadi memudahkan saya ketika saya tidak menyewa mobil.


    C: Di mana tempat terbaik untuk berbelanja?

    N: Di India banyak sekali pasar yang menjual kain, baju, atau makanan khas India. Di Leh ada Tibetan Refugee Market, di situ kamu bisa membeli oleh-oleh anting yang dibuat oleh warga Tibet dan kamu juga membantu perekonomian pengungsi tersebut.


    C: Local item apa yang wajib dibawa pulang? Bagaimana range harganya? 

    N: Singing bowl yang bagus dengan kisaran harga sekitar Rp800.000,-.


    C: Apa oleh-oleh unik dari negara tersebut yang sayang untuk dilewatkan?

    N: Masala Tea. Siapa yang tidak suka minum teh?


    What to eat

    C: Ada rekomendasi restoran / kafe yang asyik selama berada di sana? Apa menu yang jadi favorit? Berapa range harga untuk satu kali makan?

    N: Sheroes Cafe di Agra. Kafe ini dikelola oleh perempuan-perempuan korban penganiayaan dengan air raksa. Di sana kita bisa mendengar cerita mereka yang menginspirasi.


    C: Apakah tempatnya cukup besar? Apa waktu terbaik untuk datang ke sana?

    N: Lunch time is the best time to visit Sheroes Cafe.


    C: Makanan lokal apa yang harus dicicipi saat berada di tempat tersebut?

    N: Dal fry dan Masala Tea.


    C: Punya menu yang memorable selama berada di sana?



    N: Gulab Jamun, dessert khas India yang wajib dicoba!


    C: Ada tips khusus terkait makanan yang bisa kamu bagikan?

    N: Di sana porsinya cukup besar. Jadi, lebih baik jika kamu “makan tengah” karena kamu bisa mencoba beberapa menu dan sharing dengan partner travelingmu.


    Must visit place:

    C: Apa saja rekomendasi must visit place versimu?

    N: Taj Mahal di Agra, Amber palace di Jaipur, Sungai Gangga di Varansi, Panggong Lake di Ladakh.



    C: Kegiatan apa yang tak boleh terlewatkan ketika tengah berada di sana?

    N: Melihat matahari terbenam di Varanasi. Di sana kamu bisa melihat ritual agama Hindu yang biasa dilakukan menjelang sore hari di pinggir sungai Gangga. Kemudian, melihat matahari terbit di Lamayuru Monastery untuk melihat para biarawan kecil bersiap-siap untuk doa pagi.


    C: Adakah waktu khusus untuk berkunjung ke sana untuk menikmati festival atau sejenisnya?

    N: Beberapa festival dilaksanakan di tanggal-tanggal dan tempat yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu sebelum pergi mengunjungi festival tersebut.


    Insider Tricks:

    C: Apa tips yang bisa kamu bagikan ketika berada di negara tersebut?

    N: Ada beberapa tempat di India yang mempunyai toilet yang cukup buruk, jadi saya sarankan untuk prepare for the worst in terms of the toilet, terutama saat berkunjung ke tempat-tempat wisata.


    C: Bagaimana soal visa?

    N: Bisa apply online dengan e-visa dan prosesnya sangatlah cepat dan mudah.


    C: Essential item yang wajib di bawa saat berkunjung?

    N: Saya selalu membawa tisu basah untuk keperluan wanita. Khususnya jika harus menggunakan toilet yg kondisinya buruk.


    C: Apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum berkunjung ke sana?

    N: Pastikan kamu melakukan pemesanan akomodasi pada saat di Jakarta. India adalah negara yang sangat besar. Dari satu kota ke kota lain, kamu bisa menghabiskan waktu 5 jam di mobil atau kereta. Jadi, pikirkan dengan baik kota mana saja yang akan Anda kunjungi.


    C: Fashion item apa yang kamu rekomendasikan?

    N: Sunglasses!


    C: Menurut kamu, kapan musim atau waktu terbaik mengunjungi negara tersebut?

    N: September-Oktober.


    C: Berapa kisaran budget yang kamu rekomendasikan bagi yang ingin traveling ke sana?

    N: Budget backpacking: 20 juta rupiah sudah termasuk dengan tiket pesawat pulang-pergi, hotel, mobil selama 12 hari.


    C: Kebiasaan unik di negara tersebut yang kamu sadari adalah....

    N: Di kota Leh, salah satu kota yang paling aman, mereka terbiasa tidak mengunci pintu mobil mereka. Mereka percaya akan karma baik dan karma buruk.


    Doc. Image: Naya Anindita

    Illustrated by Dewantara