Beauty

Melawan Penuaan Dini Menggunakan Collagen Skincare

  by: Shamira Priyanka Natanagara       27/11/2019
  • Girls, apakah kamu tahu bahwa kadar kolagen alami dalam kulit mulai menurun saat kamu berusia 25 tahun? Dan apakah kamu tahu bahwa ada beragam faktor eksternal yang tak dapat dihindari yang dapat memicu penurunan produksi kolagen? Kalau belum tahu, mari kita pelajari!


    Apa itu penuaan dini?

    Penuaan dini alias early aging memang terjadi secara natural—semua orang pasti akan mengalaminya—karena kadar dan kualitas kolagen alami yang bertugas untuk meremajakan kulit menurun seiring bertambahnya usia. Early aging dapat terjadi karena beberapa faktor eksternal, di antaranya paparan sinar UV dari sinar matahari, polusi udara, kurang berolahraga, dan kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayur-mayur. Apalagi dengan kondisi cuaca dan polusi udara Indonesia yang semakin memburuk, ada baiknya kamu mulai waspada akan tanda-tanda penuaan dini.




    Tanda-tanda Penuaan Dini

    Jika akhir-akhir ini kulitmu mulai kering, kusam, dan mengendur, atau mungkin kerutan mulai muncul pada area kulit wajah tertentu, kemungkinan besar kamu mengalami tanda-tanda penuaan dini. Menurunnya produksi kolagen alami kulit yang dimulai sejak usia 25 tahun akan memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Selain itu, perlu diketahui bahwa kamu yang memiliki tipe kulit kering akan lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan dini dibanding perempuan dengan kulit berminyak, karena kulit kering membuat elastisitas kulit wajah berkurang. 

    Nah, perlu diketahui juga bahwa kulit di area pipi dan leher cukup rentan mengendur, sehingga pada beberapa kasus, perempuan yang kekurangan kolagen dalam kulitnya seringkali memiliki double chin meski berat badannya tidak meningkat.




    Cara Melawan Penuaan Dini

    Jika kamu mengalami tanda-tanda tersebut, Cosmo sarankan untuk mulai merawat kulit menggunakan produk skincare anti-aging yang mengandung kolagen. Meskipun tubuhmu tidak lagi memproduksi kolagen secara maksimal, produk skincare yang mengandung kolagen dapat mendorong produksi serta menggantikan kolagen alami yang hilang. Butuh rekomendasi produk skincare dengan kandungan kolagen yang efektif melawan tanda-tanda penuaan dini? Simak rekomendasi Cosmo di sini!

    Nah, kalau kamu sudah menemukan produk skincare dengan kandungan kolagen yang cocok dengan kulitmu, jangan lupa untuk digunakan secara rutin, ya! Penggunaan produk skincare kolagen secara rutin dapat mengencangkan kulitmu, membuat kulit wajahmu lebih halus, serta mengurangi garis halus dan kerutan pada kulit. Terutama untuk area di sekitar mata, gunakan krim khusus mata pada malam hari sebelum tidur. Ingat pula untuk gunakan krim atau essence pada bagian leher untuk mengurangi penampakan double chin.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dean Drobot©123RF.com)