Lifestyle

Aktor Second Lead di Drama Korea yang Bikin Jatuh Cinta

  by: Alvin Yoga       16/11/2019
  • Kebanyakan penggemar serial drama Korea jatuh cinta pada sang pasangan utama - yang biasa diperankan oleh aktor dan aktris Hallyu ternama. Namun tak jarang, tim produksi dari serial drama tersebut berhasil memilih pemeran yang tepat, yang membuat kita (akhirnya) malah jatuh cinta pada sang aktor pendukung dalam serial drama tersebut, a.k.a. the second lead actor. Dalam serial drama Korea, fenomena ini tak jarang dialami oleh para penontonnya (termasuk Cosmo) dan biasa disebut dengan Second Lead Syndrome.

    Sang second lead actor biasanya adalah seorang pria yang berkompetisi dengan sang pemeran utama untuk mencoba mendapatkan hati sang aktris utama. Yang membuat kita jatuh cinta dengan karakter ini adalah ia biasanya memiliki sifat dan tingkah laku yang lovable, sampai-sampai kamu bingung harus mendukung yang mana - sang second lead actor atau sang aktor utama. Dengan pesonanya yang mendebarkan hati (ditambah dengan adegan-adegan yang menggemaskan plus kalimat-kalimat yang ia ucapkan yang membuat kita jatuh cinta), penampilan dari sang second lead actor bisa jadi sulit dilupakan.

    Berikut ini adalah daftar beberapa second lead oppa yang berhasil menarik perhatian Cosmo ketika menonton serial drama Korea. Coba lihat dan temukan, adakah salah satu favoritmu di bawah ini?




    1. Choi Siwon dalam She Was Pretty

    Seperti kisah-kisah komedi romantis lainnya, sang pemeran utama dalam drama ini bertemu dengan pasangan hidupnya ketika ia masih kecil, kemudian karena satu dan lain hal, ia harus berpisah dengan jodohnya selama beberapa tahun, hingga akhirnya mereka bertemu kembali bertahun-tahun kemudian. Inilah yang terjadi pada Ji Sung-joon (diperankan oleh Park Seo-joon) ketika ia harus pergi ke luar negeri selama bertahun-tahun, meninggalkan perempuan yang ia cintai. Sekembalinya ia ke Korea, Sung-joon langsung berusaha menemukan perempuan yang selama ini ia cari-cari, dan kembali mengontak cinta pertamanya ketika masih kecil dulu, Kim Hye-jin (diperankan oleh Hwang Jung-eum). Tentu saja tak butuh waktu lama sampai akhirnya Sung-joon bisa kembali bertemu dengan Hye-jin.



    Tapi bukan berarti kamu langsung mendukung Sung-joon untuk menjadi kekasih Hye-jin. Di episode awal, Sung-joon justru merupakan salah satu pria yang paling menyebalkan dan bersikap buruk pada Hye-jin (ketika Sung-joon tidak tahu siapa Hye-jin sebenarnya). Dan tebak siapa yang selalu berada di sisi Hye-jin, bersikap baik pada perempuan tersebut meski ia kadang ceroboh, dan selalu siap melindungi dirinya kapan pun Hye-jin membutuhkannya? Kim Shin-hyuk jawabannya. Ia adalah pria yang betul-betul charming, energik, humoris, tampan, dan gentleman (paket lengkap, deh!), dan diperankan dengan SANGAT sempurna oleh Choi Siwon.


    2. Park Hyung-sik dalam Hwarang: The Poet Warrior Youth

    Siapa sangka, member ZE:A yang satu ini pernah bertepuk sebelah tangan dalam sebuah drama Korea bertemakan drama historis romantis. Dalam drama tersebut, Park Hyung-sik berperan sebagai Sammaekjong aka Kim Ji-dwi aka Pangeran Jinheung, seorang raja muda yang menyamar menjadi rakyat jelata karena ancaman pembunuhan yang terus mengikutinya.



    Meski berstatus pangeran, namun hal tersebut tak mengubah hati Kim Ah-ro (diperankan oleh Go Ara). Perempuan yang ia sukai justru jatuh cinta pada pria jelata bernama Moo Myung (diperankan oleh Park Seo-joon). Inilah yang membuat Cosmo jatuh hati pada Jinheung: Meski tahu bahwa cintanya mungkin akan ditolak, ia tak pernah absen dari sisi Ah-ro di saat perempuan itu membutuhkan bantuan, serta melindungi perempuan tersebut dari setiap ancaman yang datang. A noble man who ready to gives his all to you? Bagaimana bisa Cosmo tidak jatuh cinta pada pria ini!


    3. Seo Kang-joon dalam Cheese in the Trap

    Kalau kamu sempat menonton serial drama yang underrated ini, kamu pasti bertanya-tanya, "Kenapa sih, pada akhirnya Hong Seol harus memilih Yoo Jung? Baek In-ho lebih cocok untuknya!" Betul tidak?

    Well, karakter Yoo Jung yang diperankan oleh Park Hae-jin memang begitu dingin, menyeramkan, dan manipulatif. Belum lagi, ia juga sempat melakukan hal buruk pada Hong Seol (diperankan oleh Kim Go-eun) yang membuat kita semua kesal. IMHO, salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh Hong Seol adalah meninggalkan Baek In-ho demi Yoo Jung, dan membuat pria tersebut terperangkap dalam kondisi friendzone.



    Tak berbeda jauh dari Seo Kang-joon sendiri (aktor yang memerankan Baek In-ho), peran yang ia mainkan pun memiliki talenta yang luar biasa, sedikit pemalu, serta yang paling penting adalah SUPER CUTE! Plus, ia juga baik hati dan selalu siap menolong orang yang ia cintai meski hal tersebut harus mengorbankan kebahagiannya sendiri. Oppa we vote for you!


    4. Jang Ki-yong dalam Go Back Couple (Confession Couple)

    IMO, cinta itu tidak buta, melainkan bodoh. Inilah yang terjadi pada Ma Jin-joo (diperankan oleh Jang Na-ra) ketika ia pada akhirnya kembali (catat: kembali!) memilih Choi Ban-do (Son Jo-hun) alih-alih Jung Nam-gil.

    Dalam serial drama ini dikisahkan Ma Jin-joo, seorang perempuan muda yang cantik dan pintar, yang bertemu dengan Choi Ban-do dalam sebuah kencan buta, dan pada akhirnya menikah dengan pria tersebut. Namun sayang, pernikahan mereka ternyata tidak berakhir bahagia. Berada dalam keadaan ekonomi yang pas-pasan membuat keduanya sering bertengkar, hingga akhirnya Ma Jin-joo menyerah dan memilih untuk menceraikan suaminya tersebut.



    Di sinilah Jin-joo dan Ban-do secara magis diberikan kesempatan untuk kembali ke masa lalu demi memperbaiki hidup mereka. Namun alih-alih memilih Jung Nam-gil (yang diperankan oleh Jang Ki-yong yang super tampan!), seniornya yang kaya, pintar, dan disiplin, Jin-joo malah kembali jatuh hati pada Ban-do. Padahal, Nam-gil adalah pria yang baik dan siap melakukan segalanya demi mendapatkan hati Jin-joo. Satu hal yang pada akhirnya membuat Cosmo kesal adalah Jin-joo menolak Nam-gil ketika pria tersebut menyatakan cintanya, dan memilih untuk tetap bersama Ban-do meski tahu masa depan mereka mungkin tidak berbeda jauh dari apa yang sudah pernah terjadi. Like, why girl? 


    5. Ji Soo dalam Strong Woman Do Bong-soon

    Park-Park couple (Park Bo Young dan Park Hyung Sik) terlihat begitu adorable dalam serial drama komedi romantis berbalut fantasi ini. Do Bong-soon yang kecil nan menggemaskan ditambah Ahn Min-hyuk sang CEO yang pintar dan tampan berhasil menjadi pasangan yang sempurna di serial drama tersebut. Plus, chemistry mereka pun sangat baik, sehingga adegan-adegan yang dihasilkan mulai dari adegan komedi mereka yang lucu, adegan aksi mereka yang mendebarkan, sampai adegan romantis mereka yang oh-so-sweet (ingat dengan nama panggilan mereka Bong-Bong dan Min-Min?) tidak membuat cringey.





    Tapi jangan lupa, di samping pasangan sempurna tersebut ada juga sosok tampan Ji Soo yang bermain sebagai sahabat dekat Bong-soon, In Guk-doo. Sebagai teman lama Bong-soon, Guk-doo sudah terbiasa untuk bersifat protektif dan peduli pada temannya tersebut, sampai-sampai ia tak menyadari bahwa selama ini ia mencintai perempuan itu sampai segalanya terlambat. Ia juga sangat naif, sehingga ia tidak tahu bahwa selama ini Bong-soon juga menyimpan perasaan yang sama terhadapnya. Huft, semoga saja Guk-doo mendapatkan akhir yang bahagia pula.


    6. Kang Ha-neul dalam Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

    Serial drama yang satu ini bertaburan begitu banyak aktor tampan dan bertalenta, sampai-sampai Cosmo bingung harus mendukung sang pemeran utama dengan pria yang mana. Namun jika harus memilih, dari deretan aktor-aktor tersebut, sepertinya Cosmo paling simpatik dengan Pangeran Wang Wook, mengingat ia harus kehilangan dua perempuan yang ia cintai.



    Bagi kamu yang belum sempat menonton serial drama ini, ceritanya kurang lebih berputar pada Hae Soo, aka Go Ha-jin (diperankan oleh Lee Ji-eun aka IU), seorang perempuan optimis yang tak bisa duduk diam ketika orang-orang di sekelilingnya diperlakukan dengan tidak adil. Di awal cerita, Hae Soo dan Pangeran Wang Wook (diperankan oleh Kang Ha-neul) memiliki visi yang sejalan. Bahkan mereka sempat saling jatuh cinta dan menjalin kisah romantis bersama. Sifat Hae Soo yang periang dan optimis terlihat begitu sempurna melengkapi kepribadian Pangeran Wang Wook yang bijak namun terkadang ceroboh.

    Sayang, kisah cinta mereka harus berakhir di tengah jalan. Intrik-intrik yang terjadi di sekitar mereka membuat Wang Wook akhirnya memilih untuk melepaskan perempuan yang ia cintai, dibanding melihat perempuan tersebut tersiksa ketika bersamanya. Awww :(


    7. Jung Hae-in dalam While You Were Sleeping

    Serial drama menegangkan ini bercerita mengenai kehidupan seorang jaksa penuntut, Jung Jae-chan (diperankan oleh Lee Jong-suk), dan seorang reporter berita, Nam Hong-joo (diperankan oleh Bae Suzy). Kisah kriminal yang mendebarkan serta kisah cinta antara Jae-chan dan Hong-joo yang penuh dengan aegyo membuat Cosmo jatuh cinta pada serial yang satu ini. Namun, jangan lupa, dibalik kedua karakter tersebut, ada satu karakter minor yang juga tak kalah charming.



    Peran yang tak boleh kamu lupakan tersebut tentu saja Han Woo-tak yang diperankan oleh Jung Hae-in. Tak cuma tampan, polisi yang satu ini juga cerdas dan baik hati (duh, ada tidak ya, polisi seperti ini di sekitar kita?). Yang membuat Cosmo jatuh cinta pada Woo-tak adalah, meski pria tersebut setengah mati mencintai Hong-joo, ia tidak berusaha melakukan apapun untuk merebut perempuan tersebut dari sisi Jae-chan, dan menerima bahwa dirinya hanya sekadar sahabat semata untuk Hong-joo. What. A. Sweetie. Pie!


    8. Jinyoung dalam My First First Love

    Untuk kamu yang sudah selesai menonton kedua season serial ini di Netflix, kamu pasti langsung bernafas lega begitu mengetahui bahwa kisahnya berakhir manis dan bahagia untuk masing-masing karakternya. Ceritanya sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dari kisah-kisah drama komedi romantis lainnya, di mana seorang pria dan seorang perempuan bersahabat baik sejak masih kecil, hingga kemudian keduanya menyadari bahwa mereka saling jatuh cinta ketika dewasa nanti. Inilah yang terjadi pada Yun Tae-oh (diperankan oleh Ji Soo) ketika temannya Han Song-i (diperankan oleh Jung Chae-yeon) terpaksa harus hidup seorang diri karena masalah keluarganya. Tak bisa melihat sahabat masa kecilnya tersebut menderita, Tae-oh kemudian memperbolehkan Song-i untuk tinggal di rumah pribadinya, hingga kemudian keduanya menyadari bahwa ternyata mereka saling jatuh cinta.



    Tentu saja Tae-oh bukan satu-satunya pria yang jatuh cinta pada Song-i. Sahabat Tae-oh, Seo Do-hyeon (diperankan oleh Jinyoung) juga menunjukkan rasa cintanya pada perempuan tersebut. Namun, alih-alih bersaing dengan sahabatnya, Do-hyeon berusaha untuk bersikap lebih dewasa dan menerima bahwa cinta pertamanya ternyata memang bukan untuk dirinya. Oh, lucky you Song-i!


    9. Jung Ga-ram dalam Love Alarm

    Serial drama yang satu ini memang masih belum selesai, dan kita masih harus menunggu hingga 2020 mendatang untuk menonton kelanjutannya di Netflix. Tapi kalau kamu sudah selesai menonton seluruh episode di season pertamanya, kamu pasti mengenal sosok Lee Hye-yeong yang diperankan oleh Jung Ga-ram.



    Berbeda dengan sahabatnya, Hwang Sun-oh (diperankan oleh Song Kang), yang vokal menyuarakan isi pikiran dan hatinya - termasuk untuk urusan cinta - Hye-yeong adalah pria kalem yang hanya memandangi perempuan yang ia sukai dari jauh. Seiring berjalannya waktu, Hye-yeong tumbuh menjadi pria yang lebih berani mengambil risiko, dan akhirnya memberitahu Kim Jojo (diperankan oleh Kim So-hyun) perasaan yang selama ini mengusik hatinya. Oh, we can't wait to see the second season, please!


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Instagram / Layout: Dyah Puspa)