Celebrity

Mengenal Nominasi Idola Rookie K-Pop Terbaik Ajang MAMA 2019

  by: Shamira Priyanka Natanagara       5/11/2019
  • Tidak terasa, kita sudah memasuki bulan November, girls! Dan dengan semakin dekatnya kita dengan akhir tahun, ini berarti bahwa kita pun semakin mendekati musim ajang penghargaan. K-Pop fans, are you ready? Sekitar dua minggu yang lalu, salah satu ajang penghargaan paling bergengsi di dunia K-Pop, Mnet Asia Music Awards alias MAMA, merilis daftar nominasi untuk penghargaan tahun ini dan resmi membuka periode pemilihan.

    Dari 18 kategori penghargaan yang ada, terdapat dua kategori yang paling menarik perhatian Cosmo: Best New Male Artist (Pendatang Baru Pria Terbaik) dan Best New Female Artist (Pendatang Baru Wanita Terbaik). Alasannya? Well, Cosmo rasa ada banyak idola rookie bertalenta yang menarik perhatian. Mari kita mengenal grup dan solois rookie K-Pop 2019 yang dinominasikan dalam MAMA 2019, jangan mengaku penggemar K-Pop sejati kalau kamu belum mengenal rookies berikut, ya!




    Best New Male Artist

    AB6IX

    Tanggal debut: 22 Mei, 2019

    AB6IX (baca: ei-bi-six) adalah boy group naungan Brand New Music yang terdiri dari lima laki-laki bertalenta: Youngmin, Woong, Donghyun, Woojin, dan Daewhi. Empat personel grup ini, yakni Youngmin, Donghyun, Woojin, dan Daehwi, adalah alumni serial kompetisi Produce 101 musim kedua, tapi hanya Woojin dan Daehwi saja yang berhasil terpilih menjadi personel Wanna One. Meskipun begitu, Youngmin dan Donghyun pun pernah debut pada tahun 2017 sebagai duo bernama MXM.

    Nama AB6IX sendiri adalah singkatan dari ‘Absolute Six’ atau ‘Above Brand New Six'. Sejauh ini, AB6IX memiliki konsep yang terbilang dewasa tapi tetap tampak fresh, serta telah merilis satu buah EP (B Complete) dan satu album (6ixsense). 


    ATEEZ

    Tanggal debut: 2 Oktober, 2018

    Boy group naungan KQ Entertainment ini memiliki delapan personel: Hongjoong, Seonghwa, Yunho, Yeosang, San, Mingi, Wooyoung, dan Jongho. Jumlah personelnya memang cukup banyak, tapi masing-masing dari mereka memiliki aura tersendiri yang menarik perhatian. Jika biasanya grup K-Pop debut dengan satu buah lagu, ATEEZ langsung menghadirkan dua lagu debut, yaitu “Pirate King” dan “Treasure”.

    Sebelum debut, grup ini dinamakan KQ Fellaz dan rajin menulis lagu serta merancang koreografi. Yup, they’re very talented! 


    Kang Daniel

    Tanggal debut: 25 Juli, 2019

    Setelah memenangkan posisi nomor satu dalam Produce 101 musim kedua dan menjadi center grup Wanna One, Kang Daniel memilih untuk menekuni karier solo. Proses transisi Daniel untuk menjadi solo idol tidak mudah, sempat ada masalah dengannya dan mantan agensinya, LM Entertainment. Ia pun memutuskan untuk mendirikan agensi pribadi Konnect Entertainment untuk mengurus aktivitasnya sebagai idola, dan pada akhirnya berhasil merilis EP perdananya Color on Me.


    Kim Jaehwan

    Tanggal debut: 20 Mei, 2019

    Sama seperti Daniel, Kim Jaehwan adalah alumni Wanna One yang merintis karier solo setelah grup tersebut bubar. Sebelum berpartisipasi dalam Produce 101, Jaehwan sempat tampil dalam Vocal War: God’s Voice, sebuah acara musik yang menantang penyanyi amatir untuk bersaing dengan satu sama lain, dan Jaehwan yang memiliki suara merdu berhasil meraih peringkat pertama. Hmm… sepertinya ia memang sudah ditakdirkan untuk menjadi penyanyi terkenal!


    TXT

    Tanggal debut: 4 Maret, 2019

    Tidak mengagetkan jika ‘adik’ BTS ini dinominasikan untuk kategori Best New Male Artist, karena TXT (baca: Tomorrow by Together) pun sudah memenangkan beberapa penghargaan untuk kategori rookie, di antaranya dari Genie Music Awards, V Live Awards, dan Soribada Best K-Music Awards. Grup yang beranggotakan Yeongjun, Soobin, Beomgyu, Taehyun, dan Huening Kai ini juga sudah melakukan tur di Amerika Serikat, lho!


    X1

    Tanggal debut: 27 Agustus, 2019

    Grup yang dilahirkan dari Produce 101 musim ketiga ini resmi debut pada akhir Agustus kemarin, sekitar dua bulan setelah acara tersebut berakhir. Nama X1 sendiri diambil dari theme song Produce 101 yang berjudul “X1-MA” dan merepresentasikan jumlah personel X1 (11 orang) menggunakan angka Romawi (X = 10). Sejauh ini, X1 memiliki kontrak paling lama dibandingkan grup hasil Produce 101 sebelumnya, yaitu 5 tahun (kontrak I.O.I berlaku selama delapan bulan, Wanna One selama 1,5 tahun, dan IZ*ONE selama 2,5 tahun). Untuk memaksimalkan masa promosi mereka, kabarnya X1 berencana untuk beraktivitas secara ketat sebagai satu grup selama 2,5 tahun pertama lalu diberi lebih banyak kebebasan untuk waktu yang tersisa.


    Best New Female Artist

    BVNDIT

    Tanggal debut: 10 April, 2019

    Girls, apakah kamu sudah tahu bahwa grup yang satu ini adalah ‘adik’ dari Chungha? Yup, BVNDIT (baca: Bandit) adalah girl group naungan MNH Entertainment yang beranggotakan lima personel: Yiyeon, Jungwoo, Songhee, Simyeong, dan Seungeun. Nama BVNDIT adalah singkatan dari ‘Be Ambitious N Do IT’. Bisa dibilang grup ini memiliki konsep yang cukup beragam, mereka debut dengan lagu “Hocus Pocus” yang imut, lalu comeback dengan “Dumb” yang lebih dewasa dan fierce. Duh, Cosmo tidak sabar untuk melihat comeback mereka selanjutnya!


    Cherry Bullet

    Tanggal debut: 21 Januari, 2019



    Girl group yang satu label dengan F.T. Island, CNBLUE, AOA, dan SF9 ini memiliki delapan personel Korea Selatan dan dua personel asal Jepang. Berbeda dari ‘kakak’ mereka AOA, Cherry Bullet memiliki konsep imut dan lagu-lagu mereka pun penuh dengan semangat. Jika kamu merasa beberapa personel grup ini tampak familier, itu karena dua anggota Cherry Bullet (Bora dan Yuju) sempat tampil di BTS Love Yourself: Her Highlight Reel. Vokalis utama mereka, Haeyoon, juga berpartisipasi di Produce 48 dan menempati posisi ke-19.


    EVERGLOW

    Tanggal debut: 18 Maret, 2019

    Grup naungan Yuehua Entertainment ini terdiri dari enam perempuan berbakat, yaitu E:U, Sihyeon, Mia, Onda, Aisha, dan Yiren. Beberapa personel EVERGLOW adalah alumni serial kompetisi produksi Mnet: Sihyeon menempati posisi ke-40 dalam musim pertama Produce 101, lalu ia, Yena, dan Yiren turut bersaing di Produce 48, tapi sayangnya tidak satu pun dari mereka berhasil lolos untuk menjadi personel IZ*ONE. Selain ketiga personel tersebut, sang visual Onda juga mengikuti acara kompetisi Idol School tapi tereliminasi pada episode keempat.

    Walaupun kurang populer di Korea Selatan, lagu debut EVERGLOW, “Bon Bon Chocolat”, mendapat respon positif dari fans K-Pop internasional dan berhasil menempati posisi kelima dalam tangga lagu Billboard World Digital Song Sales. Hebat sekali, ya!


    ITZY

    Tanggal debut: 12 Februari, 2019

    “All in us, hello we’re ITZY!”. Kamu pasti sudah cukup familier dengan girl group yang satu ini, kan? Beranggotakan lima personel, yakni Ryujin, Yeji, Lia, Chaeryeong, dan Yuna, ITZY adalah girl group terbaru JYP Entertainment yang memiliki konsep fun dan unik. I mean, lagu debut mereka saja, “Dalla Dalla”, berarti ‘different’ alias berbeda, dan single kedua mereka “Icy” mengajak pendengarnya untuk tidak terlalu terpengaruh oleh omongan orang lain and just be your true self!

    Selain dinominasikan untuk kategori Best New Female Artist dalam ajang MAMA 2019, ITZY telah mendapatkan penghargaan The Female New Artist dari Genie Music Awards, The Rookie Award dari Soribada Best K-Music Awards, Global Rookie Top 5 dari V Live Awards, dan telah mendapat nominasi dalam ajang penghargaan musik Korea Selatan lainnya. Menurutmu, apakah ITZY akan menyabet piala MAMA 2019?


    Jeon Somi

    Tanggal debut: 13 Juni, 2019

    Jika Kang Daniel adalah pemenang utama Produce 101 musim kedua, Jeon Somi adalah pemenang utama Produce 101 musim pertama—trainee pertama yang berhasil meraih posisi pertama dalam acara kompetisi tersebut. Dan karena ia menempati posisi pertama, Somi yang pada saat itu di bawah naungan JYP Entertainment menjadi center grup I.O.I.

    Namun berbeda dari Daniel yang kembali debut tidak lama setelah Wanna One bubar, Somi harus menunggu waktu yang cukup lama, lebih tepatnya sekitar 2,5 tahun, setelah I.O.I dibubarkan. Ia pun tidak debut bersama JYP Entertainment, melainkan memilih untuk keluar dari agensi tersebut dan bergabung dengan The Black Label, anak perusahaan YG Entertainment, lalu debut sebagai penyanyi solo.

    Nah, sedikit flashback untuk kamu yang belum tahu, Somi sendiri telah terjun ke dunia hiburan sejak berusia 14 tahun. Idola yang berdarah campuran Belanda-Korea ini mengikuti Sixteen, acara kompetisi oleh JYP Entertainment yang melahirkan girl group ternama TWICE. Karier Somi memang terdengar agak rumit, tapi sekarang ia sudah resmi debut sebagai idol solo dan siap untuk kembali membuktikan mengapa ia nomor satu!


    Rocket Punch

    Tanggal debut: 7 Agustus, 2019

    Rocket Punch adalah girl group yang beranggotakan enam personel: Juri, Yeonhee, Suyun, Yunkyoung, Sohee, dan Dahyun. Grup ini berada di bawah naungan Woolim Entertainment, agensi yang juga mengurus Infinite dan Lovelyz. Rocket Punch debut dengan lagu “Bim Bam Bum” yang memiliki genre dance pop asyik dan bernuansa disko.

    Salah satu personel Rocket Punch, yaitu Takahashi Juri, adalah mantan personel girl group Jepang ternama AKB48. Juri debut di Jepang pada tahun 2012 sebagai anggota generasi ke-12 AKB48, dan sejak itu ia menjadi salah satu anggota grup yang paling populer. Bahkan sebelum keluar dari AKB48 untuk bergabung dengan Woolim Entertainment, Juri menjabat sebagai kapten dari AKB48 Team B.

    Juri mulai terjun ke dunia hiburan Korea melalui acara Produce 48 di mana ia tampil sebagai kontestan. Selain Juri, Suyun dan Sohee juga berpartisipasi dalam acara kompetisi tersebut sebagai wakil dari Woolim Entertainment.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram / Layout: Dyah Ayu Puspasari)