Lifestyle

12 Makanan dan Minuman Terbaik untuk PMS

  by: Kezia Calesta       7/11/2019
  • Pasti tahu kan, beberapa macam makanan dapat membuat kamu merasa… begah. Tapi Mehmet OZ, MD, dokter bedah asal Amerika memercayai hal sebaliknya: makanan yang tepat dapat menjadi senjata untuk memulihkan berbagai problem kesehatan, khususnya PMS. Simak camilan apa saja yang bisa dijadikan remedi untuk keluhan bulanan kamu.


    Masalah #1: Sakit menjelang haid




    1. Flaxseed

    Taburkan dua sendok makan flaxseed bubuk dalam sereal atau smoothie untuk meringankan keram. Ucapkan terima kasih pada asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya.


    2. Salmon

    Ikan lezat ini merupakan jagoan anti-inflamasi! Mengonsumsinya tiga kali seminggu bisa mengurangi nyeri payudara, lho.


    3. Telur

    Lengkapi menu sarapan kamu dengan beberapa butir telur beserta kuningnya. Telur berlimpah dengan vitamin D, B6, dan E, yang membantu atasi PMS kamu.


    Masalah #2: Perut kembung


    4. Daun Peterseli

    Cincang dan taburkan daun peterseli di atas salad atau sup. Rempah ini dapat mencegah retensi air dan mengempiskan perutmu.


    5. Pepaya

    Buah ini mengandung papain, yaitu sebuah enzim yang mampu menghancurkan makanan yang menyumbat usus. Sepiring papaya yang dipotong kecil bisa mengembalikan kondisi perut.


    6. Gandum

    Masukkan makanan kaya serat ini ke dalam diet agar gula darah semakin stabil. Tapi harus secara perlahan, agar perut memiliki waktu untuk mencerna dan tidak “kaget”. Tambahkan 5g per minggu (satu lembar roti gandum) dan tingkatkan sampai kamu mencapai 25g per hari.


    Masalah #3: Sakit kepala




    7. Jus Acar

    Sebelum mengernyitkan dahi, ketahuilah bahwa di Polandia, acar merupakan obat tradisional untuk mengatasi hangover. Seruput ¼ cup saja untuk meredakan dentuman dalam kepala kamu.


    8. Semangka

    Salah satu penyebab utama sakit kepala adalah dehidrasi. Maka dari itu, usir rasa pusing dengan mengudap buah yang kaya H2O ini.


    9. Sayuran hijau

    Inilah alasan lainnya untuk mengunyah kangkung dan bayam. Penelitian membuktikan bahwa kandungan magnesiumnya dapat mengurangi sakit kepala.


    Masalah #4: Energi rendah


    10. Quinoa

    Kamu membutuhkan zat besi untuk meningkatkan energi. Satu cup quinoa akan memenuhi asupan harian sebanyak 15% dari 18mg yang direkomendasikan.


    11. Minyak kelapa

    Tuangkan sedikit dalam kopi kamu – kandungan asam lemaknya akan memperlambat proses penyerapan kafein dan membuat “tendangan” kopi semakin awet. Namun bila PMS diikuti dengan kram dan sakit perut, hindari kopi, ya.


    12. Jus ceri

    Teguklah satu shot jus ceri menjelang makan malam. Berlimpah dengan melatonin alami (zat yang buat mengantuk), efeknya akan bekerja tepat saat memasuki jam tidur kamu.


    (Image: doc. freepik.com / Souce: Cosmopolitan Indonesia / Penulis: Sky Drupadi)