Better You

Coba deh! 5 Tips Sederhana yang Akan Memudahkan Hidup Kamu

  by: Givania Diwiya Citta       7/11/2019
  • Girls, Cosmo tahu terkadang menavigasi hidup menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika kamu harus dihadapkan oleh peristiwa yang terjadi di luar kontrol kamu. But that’s ok, karena sebelum peristiwa di luar kuasa tersebut terjadi, kamu punya otoritas untuk mengarahkan apa yang berpotensi bisa dikerahkan maksimal. Well, semoga lima tip sederhana dalam mengelola hidup berikut bisa memudahkan kamu ya, girls


    Do Daily Budgeting





    Jika kamu sudah terbiasa dengan monthly budgeting, good for you! Tapi coba pecahkan kembali monthly budgeting kamu menjadi daily budget yang lebih mendetail. Karena dengan begitu, kamu bisa merinci pengeluaran harian kamu, dan bisa merancang penekanan pada daftar jajan sehari-hari yang kadang luput dari monthly budgeting (ingat es kopi double shot yang kamu pesan online pada beberapa pagi hari, hanya karena kamu sedang ingin melek?). Coba mulai rinci semua kebutuhan yang mengharuskan – sampai yang berpotensi – keluar uang, mulai dari berangkat hingga pulang sepanjang hari, dan potong hal-hal yang sekiranya tidak terlalu darurat untuk dikonsumsi. Lalu berpegang teguhlah pada budget, dan ikuti segenap hati. Goals ahead are just a blink away!


    Select Inspirational Feeds



    Yes, scrolling on Instagram right away after you wake up give you enormous inspirational input. Tapi bagaimana jika unggahan pertama yang kamu lihat justru membuat kamu mengernyit, memengaruhi pikiran positif kamu, lalu bikin kamu bad mood seharian? Karena itu, tak ada salahnya menyeleksi kembali akun-akun yang kamu ikuti di media sosial. Pastikan daftar following kamu berisikan akun-akun media, brand, serta tokoh yang selalu mampu mendorong motivasi kamu, hingga individu dalam lingkaran sosial kamu yang lebih banyak menebarkan energi positif. Klik unfollow pada beberapa akun (saat diperlukan) bahkan pada kenalan kamu tidak berarti kamu memutus hubungan IRL, bukan?


    Replying Mail ASAP



    Terkadang saat sedang berkutat dengan pekerjaan, kita kerap melewatkan membaca email meski notifikasi selalu bermunculan di ujung layar komputer. Tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan menunda membalas email bisa menjadi pekerjaan yang menumpuk jika kamu konstan mengesampingkannya, karena siapa tahu ada kolega yang sedang membutuhkan respons cepat kamu untuk koordinasi pekerjaan? Coba untuk berkomitmen mendedikasikan 15 menit setiap tiga jam untuk mengecek email – mudahnya adalah saat kamu datang kantor, setelah jam makan siang, break sore, dan sebelum pulang. Kebiasan ini akan memudahkan kamu mengkoordinasikan to-do-list dan melancarkan flow pekerjaan. Climb the ladder, lady boss!


    Redecorate Your Desk





    Seperti kata pepatah, rumah yang bersih akan membuat pikiran jernih, maka merapikan bahkan meredekorasi ulang ruang aktivitas sehari-hari berpotensi memberi dampak pada kualitas kinerja kamu. Coba luangkan lima menit saja untuk membersihkan meja kerja, memilah kembali berkas serta barang yang tidak diperlukan, hingga menata penempatan alat tulis atau serangkaian makeup kit yang sebelumnya berpencar di atas meja. kamu akan terkejut menemukan kepuasan dari pemandangan segar di sekitar kamu, dan membantu fokus menjadi lebih tajam. Bahkan, kebiasaan ini punya peran untuk mengembangkan kemampuan dalam mengarahkan hal-hal yang ingin dicapai dalam hidup. Get it started soon, girls!


    Simply Stop Procrastinating



    Rasanya selalu ada saja yang membuat kita menunda mengerjakan sesuatu, baik itu pekerjaan di kantor maupun pekerjaan rumah. Mengapa tidak coba lima aksi sederhana berikut untuk menuntaskan postponing?

    1. Ambil lima menit sebelum tidur untuk menuliskan daftar yang akan kamu lakukan besok.

    2. Esoknya, lihat daftar kamu, dan pilih satu untuk dilakukan sekarang. Hapuskan rasa takut!

    3. Jika ada daftar kerja yang melibatkan kerja sama dengan orang lain, hubungi mereka sekarang.

    4. Tanyakan pada diri, apa hal terburuk yang bisa terjadi jika selalu menghindari tugas?

    5. Bayangkan betapa leganya saat kamu bebas melakukan apapun nanti setelah menyelesaikan semua tugas yang tertunda. Artinya: merdeka dari kegelisahan dan tekanan!


    (Givania Diwiya/FT / Image: Just Name dari Pexels)