Lifestyle

Plataran Xtravaganza 2019 Ajak Millennials Cinta Lingkungan

  by: Kissy Aprilia       9/11/2019
  • Plataran Indonesia memiliki cara tersendiri untuk menyatukan budaya, musik, dan lingkungan hidup. Setiap tahunnya, perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan ini menghadirkan festival “Xtravaganza”, seperti yang baru saja berlangsung di Plataran Menjangan Resort & Spa, Bali.


     




    Pada tanggal 2 November kemarin, Cosmo berkesempatan menyaksikan langsung rangkaian acara Xtravaganza 2019. Bertajuk “Millennials for The Forest”, Plataran Indonesia berupaya membangun aspek ecotourism & sustainability, culture & entertainment, dan local enterpreneurship, dengan konsep yang modern. Seluruh aktivitasnya diciptakan untuk menyadarkan masyarakat, khususnya millennials, mengenai ekosistem pesisir dan laut.  




    Bersama Bapak Yozua Makes (CEO Plataran Indonesia), Bapak Nyoman Sutrisna (Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Bali), dan Bapak Agus Trisna (Kepala Taman Nasional Bali Barat), Cosmo mengikuti prosesi penanaman pohon endemik, penanaman terumbu karang, dan pelepasan burung Jalak Bali. Program konservasi ini menjadi komtimen bagi Plataran Menjangan sebagai pusat konservasi alam. Mereka bahkan memiliki program “Clean Menjangan Island” bersama warga dan mahasiswa untuk membersihkan pulau setiap minggunya.




    Di tengah proses penanaman terumbu karang, Cosmo berbincang dengan seorang penyelam bernama Abdul Hari. Ia bercerita bahwa Plataran Indonesia juga menyelamatkan dua ekor lumba-lumba bernama Joni (15) dan Dewa (10). Mereka berada dalam kawasan konservasi karena mengalami kekerasan yang menyebabkan kebutaan dan hilangnya seluruh gigi. Jika kemampuan bertahan hidup Joni dan Dewa sudah kembali pulih, mereka akan segera dilepaskan kembali ke habitatnya. 








    Selama program ini berlangsung, Xtravaganza 2019 dimeriahkan sejumlah aktivitas seru, mulai dari festival kuliner, festival mural, zumba class, dan yang penampilan dari musisi ternama, seperti Jamie Aditya, Dialog Dini Hari, Balawan, dan Astrid Sulaiman. Cosmo juga sempat mengelilingi Plataran Menjangan yang benar-benar memanjakan mata! Mulai dari bermain di area hutan konservasi yaitu, Bali Starling Conservation, lalu menikmati picnic breakfast berhiaskan pemandangan hutan mangrove di area Buta-Buta, sampai santai sore tepi infinity pool Octagon Beach Club. Kamu wajib ke sini!


    (Kissy Aprilia, images: Plataran Menjangan)